Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Cara Membuat Video: Panduan Utama untuk Produksi Video

Cara Membuat Video: Panduan Utama untuk Produksi Video
Cara Membuat Video: Panduan Utama untuk Produksi Video

Cara Membuat Video: Panduan Utama untuk Produksi Video

Proses pembuatan video memang membutuhkan waktu, tetapi hampir selalu menghasilkan satu kepuasan pada akhirnya. Video adalah sebuah jenis konten yang paling menarik dan paling diminati orang pada akhir-akhir ini. Itu artinya, jika Anda mengetahui cara membuat video untuk bisnis dengan cara yang tepat, efisien dan berkelanjutan, tentu Anda akan menikmati hasil imbalannya untuk jangka waktu yang lama.

Ada banyak manfaat dari membuat video, dan tidak ada bentuk konten lain yang dapat menandinginya. Menceritakan sebuah kisah atau membuat mereka merasa tetap terhubung dengan merek atau produk Anda hanyalah beberapa manfaat dari sebuah video. Sebagai pembuat konten, hal yang menarik adalah tentang peringkat video Anda yang tinggi dalam hasil pencarian, yang membuat jangkauan Anda makin luas dan lebih efektif tentunya.

Namun, untuk bisa memanfaatkan semua manfaat ini, Anda perlu tahu cara membuat video yang baik. Baca hingga tuntas artikel ini untuk memahami bagaimana caranya agar Anda bisa menjadi ahli dalam pembuatan video dan memanfaatkan cara tepat ini dalam menyampaikan pesan cerita Anda. Anda juga perlu menggunakan beberapa editor video online terbaik agar proses produksi Anda tetap ramah anggaran dan mudah dikelola. Anda dapat juga membuat video online dengan menggunakan editor video online tersebut.

Ada 3 (tiga) tahapan dalam proses produksi video. Pra Produksi mengacu pada tahap dimana Anda menyusun strategi dan skenario untuk video tersebut. Produksi adalah saat Anda merekam video, dan Pasca Produksi adalah saat Anda mengedit video, menambahkan musik dan efek lainnya.

Mari kita lihat prosedur langkah demi langkahnya seperti berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Pra Produksi

Pra Produksi adalah bagian dimana Anda membuat strategi yang tepat untuk video Anda. Anda akan mengetahui apa yang akan Anda buat, untuk siapa Anda membuatnya, sumber daya apa yang Anda perlukan, dan berapa lama prosedur produksi akan berlangsung. Anda akan melihat bahwa ini adalah tahap terpanjang dari proses produksi video karena melibatkan perencanaan yang matang yang memastikan keberhasilan video Anda, dan perencanaan yang matang tentu membutuhkan waktu.

Sebuah video, seperti bentuk konten lainnya, membutuhkan tujuan dari awal untuk mengarahkan produksi dan menentukan keberhasilannya. Anda harus yakin dengan tujuan Anda sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Tujuan pembuatan video, hasil dan tanggapan yang diharapkan, target audiens, manfaat yang akan mereka dapatkan, dll adalah beberapa hal yang harus Anda pahami dengan baik.

Menulis naskah, memilih orang yang tepat, mencari lokasi, dll. adalah bagian pra-produksi yang umum diketahui. Kami telah membuat daftar beberapa tips khusus yang harus Anda ingat saat memulai proses ini.

  • Kenali Target Pemirsa Anda - Keberhasilan sebuah video bergantung pada pengetahuan pembuat konten tentang siapa pemirsa mereka. Dengan bekerja lebih keras untuk mencari tahu siapa pemirsa video ini, Anda akan memiliki dasar yang kuat untuk membuat keputusan selama proses pembuatan video.
  • Miliki Pesan Inti yang Kuat - Pikirkan tindakan apa yang ingin dilakukan pemirsa setelah menonton video Anda. Setelah Anda menyelesaikan ini, pikirkan apa yang ingin mereka lihat dalam video untuk mengambil tindakan itu, dan Anda akan mendapatkan pesan inti Anda.
  • Siapkan Ringkasan Produksi - Ringkasan produksi adalah ringkasan informasi yang telah Anda kumpulkan sejauh ini, dan ini harus digunakan sebagai panduan untuk menjaga agar semua orang tetap pada jalurnya selama proses produksi. Ini harus mencakup informasi tentang tujuan video Anda, audiens target, pesan utama, anggaran, dan tenggang waktu.

Back to Content ↑

Produksi

Syuting sebenarnya dari video Anda berada dalam tahap produksi. Karena Anda membuat jadwal, Anda harus memiliki gagasan yang bagus tentang berapa lama fase ini akan berlangsung. Sekarang, peran Anda sebagai produser atau pemegang saham untuk memastikan semuanya berjalan semulus mungkin.

Produksi adalah waktu Anda membuat ide-ide Anda bertemu dengan aplikasi praktis. Anda harus mengatur lampu dengan sempurna saat Anda mulai memotret. Sebagai aturan, waktu yang dibutuhkan dalam proses ini harus diperhitungkan dalam jadwal yang Anda buat.

Melalui storyboard dan daftar bidikan, Anda akan mengetahui jenis pengaturan kamera yang diperlukan sebelumnya. Menyiapkan kamera sesederhana mungkin, menggunakan tripod atau serumit membangun menara, tergantung pada ruang lingkup proyek Anda. Ini juga akan menjadi bagian dari jadwal Anda.

Setelah pemotretan dimulai, Anda perlu memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai storyboard Anda dan merekam B-roll (rekaman tambahan yang dapat dikecualikan selama pengeditan). Bahkan dengan editor video online terbaik yang Anda inginkan, Anda harus membuat video yang layak untuk di edit untuk mempermudah Anda sendiri.

Back to Content ↑

Pasca Produksi

Mengambil tangkapan dan bidikan terbaik Anda, menyambungnya bersama-sama, memangkas semuanya untuk memenuhi durasi yang Anda inginkan, merekam sulih suara, mewarnai video, dan menambahkan musik dan efek khusus adalah bagian dari proses pasca produksi. Beberapa editor video online terbaik sangat cocok untuk bagian pembuatan video ini, karena mereka memiliki template, grafik, animasi, dll. bawaan yang dapat Anda pilih untuk diterapkan ke video Anda.

Setelah selesai mengedit, Anda harus merender video dalam format yang tepat. Format mp4 sangat ideal untuk sebagian besar platform, termasuk YouTube, Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Anda pasti ingin memastikan itu dapat dipangkas menjadi rasio aspek video persegi atau vertikal jika itu untuk posting Instagram. Itu harus masuk dalam rasio aspek video vertikal jika video Anda untuk Snapchat atau Instagram Stories. Rendering adalah tahap terakhir dari proses, hanya diikuti oleh distribusi dan promosi video sebelum dan sesudah diunggah.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Saat membuat video, ingatlah untuk mengaturnya. Lakukan penelitian dan antisipasi komplikasi sebanyak mungkin selama tahap pra-produksi. Memproduksi video dapat memakan waktu dan bahkan mungkin tampak menakutkan pada awalnya. Namun, jika Anda mengaturnya dengan baik dan memiliki strategi yang jelas, Anda akan mendapatkan produk video unik yang bisa dibagikan orang.

Kami harap Anda sekarang memiliki gagasan yang seksama tentang cara membuat video yang dapat membantu Anda meningkatkan permainan konten dan memanfaatkan tren, dimana video memimpin dalam konsumsi konten saat ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑