Skip to main content

Review Biznet, Colocation Data Center Indonesia dengan Infrastruktur Terlengkap

Review Biznet, Colocation Data Center Indonesia dengan Infrastruktur Terlengkap
Review Biznet, Colocation Data Center Indonesia dengan Infrastruktur Terlengkap

Review Biznet, Colocation Data Center Indonesia dengan Infrastruktur Terlengkap

Apakah Anda pernah mendengar Colocation Data Center Indonesia sebelumnya? Tahukah Anda, bahwa Biznet Data Center adalah salah satu Colocation Data Center yang ada di Indonesia, dengan bandwidth dan perlengkapan sistem komputer yang lengkap.

Colocation Data Center ini juga memang disediakan bagi perusahaan maupun retail yang sering melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan sistem komputerisasi (server). Masih bingung dengan peran dari Colocation Data Center ini? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Colocation Data Center Indonesia?

Secara sederhana, Colocation Data Center merupakan sebuah tempat untuk menyimpan sistem komputer, atau yang lebih dikenal dengan istilah server, yang khusus ditempatkan pada pihak ketiga, yang memang telah terhubung dengan jaringan bandwidth.

Bukan hanya satu perusahaan saja, Colocation Data Center biasanya akan menyimpan beberapa sistem komputer dari banyak perusahan, yang pada umumnya dikenal dengan perusahan retail (eceran).

Dengan kata lain, Colocation Data Center Indonesia merupakan salah satu tempat penyimpanan banyak server dari berbagai perusahaan yang mana di tempat tersebut telah terhubung dengan jaringan distribusi (bandwidth) yang sengaja disediakan disana.

Colocation sendiri sering disebut juga dengan Carrier Hotel. Istilah tersebut digunakan, mengingat Colocation Data Center lebih mirip sebuah hotel/tempat penginapan. Hanya saja, khusus pada Colocation Data Center, yang disimpan (menginap) adalah berupa server komputer.

Begitu juga dengan Biznet Data Center, yang dikenal dengan Colocation Data Center Indonesia yang sekaligus menjadi Pionir Data Center Tier 3 di Indonesia dengan ketersediaan Service Level Agreement (SLA) Uptime 99,982%.

Apakah hanya itu saja kelebihan dari Biznet Data Center? Tidak juga. Ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda ketahui mengenainya, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan data center yang satu ini. Ingin tahu hal apa saja yang dimaksud? Cari tahu hal itu yuk, dalam uraian berikut ini!

Back to Content ↑

Peran dan Manfaat dari Data Center

Sebelum membahas mengenai Biznet Data Center, mungkin Anda perlu mengetahui mengenai peran dari data center ini. Beberapa manfaat dan peran data center bagi perusahaan diantaranya:

  1. Menyediakan peralatan komputerisasi yang bisa meningkatkan bisnis dan kinerja perusahaan
  2. Biaya penyimpanan server yang terbilang murah, dibandingkan jika Anda menyimpan server secara independen/mandiri
  3. Bukan hanya tempat penyimpanan server saja, data center juga pada umumnya menyediakan rack server, jaringan internet, hingga cloud computing
  4. Menyediakan fasilitas dan layanan selama 24 jam setiap hari
  5. Menyediakan layanan keamanan penuh terhadap server yang disimpan
  6. Menggunakan teknologi daya otomatis, yang biasanya dikenal dengan teknologi DRUPS. Sehingga memungkinkan layanan masih bisa dilakukan, meskipun saat jaringan listrik PLN terputus/mati
  7. Bisa meminimalisir downtime
  8. Mendukung kecepatan internet secara optimal

Back to Content ↑

Kelebihan Biznet Data Center Sebagai Data Center Indonesia Terlengkap

Biznet Data Center atau BDC memiliki sejumlah kelebihan yang perlu diperhitungkan. Terutama dalam kaitannya sebagai penyimpan server hingga penyedia berbagai infrastruktur sistem komputerisasi. Bahkan dengan kelebihannya, BDC bisa dikategorikan sebagai Colocation Data Center Indonesia terlengkap. Beberapa kelebihan yang dimaksud diantaranya:

Back to Content ↑

1. Memiliki Infrastruktur Ruang Penyimpanan Server yang Luas

BDC memiliki ruang penyimpanan server yang terbilang luas. Bahkan dengan ruangan yang luas tersebut, memungkinkan Data Center ini bisa menampung server dari banyak perusahaan dalam jumlah banyak.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan ruangan-ruangan khusus yang berada di sana. Seperti ruangan yang diberi nama Tech Space, ruangan Javascript, ruangan untuk Video Operation Center hingga ruangan berupa rak-rak penyimpanan server. Khusus yang terakhir, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke ruangan tersebut.

Back to Content ↑

2. Bersertifikasi Tier II by Facility

Sebagai Colocation Data Center yang ada di Indonesia, Biznet juga dikenal sebagai data center yang berlokasi di 3 lokasi dan sudah memiliki sertifikat tier 3. Sertifikasi ini hanya diberikan kepada penyedia layanan data center yang telah memenuhi standar dari Uptime Institute berupa rancangan dan fasilitas yang mampu menyediakan layanan dengan ketersediaan tinggi.

Back to Content ↑

3. Telah Mengantongi Kualifikasi Green Building

Sertifikasi Green Building diberikan kepada gedung/bangunan yang telah memenuhi kriteria sebagai gedung/bangunan yang memiliki tata letak lahan yang baik, kondisi ruangan yang nyaman, penggunaan air secara hemat, adanya pasokan listrik yang memadai, serta mengedepankan konsep gedung/bangunan yang ramah lingkungan.

Kiranya dengan sertifikasi Green Building yang dimilikinya, Biznet Data Center bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menyimpan server secara aman, dengan berbagai fasilitas gedung yang dirancang secara modern, namun juga ramah lingkungan.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Teknologi DRUPS

Dengan teknologi Dynamic Rotary Uninterruptible Power Supply (DRUPS) yang dimilikinya, memungkinkan sistem komputasi dan penyimpanan server masih bisa berjalan, meskipun saat listrik pasokan dari PLN mati ataupun terputus. Bahkan dengan teknologi DRUPS ini, memungkinkan BDC masih bisa memberikan layanan sistem komputasi dengan teknologi DRUPS, hingga 2 minggu dari saat terakhir listrik PLN terputus.

Back to Content ↑

5. Carrier-Neutral Data Center

Dengan fasilitas Neutral-Carrier, Biznet Data Center menyediakan fasilitas “Meet-Me-Room" bagi pelanggan agar dapat terhubung dengan berbagai ISP melalui kabel cross-connect. Dengan begitu, Anda dapat memiliki infrastruktur dengan tingkat ketersediaan yang tinggi dan mencegah terjadinya downtime.

Back to Content ↑

6. Sertifikasi Keamanan Terlengkap

Untuk menjamin keamanan data penggunanya, Biznet Data Center memiliki sertifikasi standar keamanan terlengkap mulai dari PCI DSS, ISO 27001, ISO 9001, TVRA, OHSAS SAE 14001, dan ISO 45001

Back to Content ↑

7. Kelebihan Lainnya

Bukan hanya yang telah disebutkan diatas saja, Biznet Data Center juga memiliki kelebihan lainnya sebagai Colocation Data Center Indonesia ini. Diantaranya:

  1. Melayani hingga 24 jam
  2. Menggunakan teknologi kelas dunia
  3. Biznet data center tier 3 bisa meminimalisir downtime bahkan hingga tingkat akurasi sekitar 100%
  4. Dengan bandwidth yang tersedia, memungkinkan kecepatan internet yang disediakan di BDC lebih mumpuni
  5. Dengan pengalaman hampir 18 tahun lamanya, Biznet Data Center telah dipercaya sebagai Colocation Data Center yang memberikan layanan yang optimal, dalam penyimpanan server hingga sebagai penyedia sistem komputerisasi
  6. Memberikan jaminan keamanan untuk setiap server yang disimpan

Back to Content ↑

Demikian review mengenai Biznet Data Center, sebagai Colocation Data Center Indonesia dengan berbagai keunggulannya. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam mencari Data Center Tier 3 terbaik untuk menyimpan server perusahaan Anda, secara aman, serta dengan biaya penyimpanan yang terjangkau. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!