Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android
Open Camera

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

Sebagian besar ponsel kekinian memiliki kamera HP yang menarik. Spesifikasinya cukup menjanjikan meski beberapa fitur tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi hal itu, Anda harus menggunakan aplikasi kamera terbaik sebagai bantuan.

Aplikasi kamera untuk ponsel jenisnya ada banyak. Sebagian ada yang gratis dan sisanya berbayar. Kalau Anda ingin menggunakan aplikasi kamera dan juga sunting gambar yang hasilnya maksimal, coba gunakan beberapa rekomendasi dibawah ini.

TOC / Daftar Isi

Open Camera

Open Camera adalah salah satu aplikasi kamera terbaik yang bisa dipakai di ponsel Android. APK ini berbasis open source, jadi siapa saja bisa mengembangkan kembali. Terakhir, aplikasi ini mendapatkan update versi pada tahun 2019.

Meski hanya memiliki ukuran kecil dan gratis, fitur yang ditawarkan oleh Open Camera ada banyak. Beberapa yang cukup bisa diandalkan adalah Auto Stabilize. Semua foto yang Anda ambil akan stabil dan tidak goyang meski tidak menggunakan tripod.

Selanjutnya, aplikasi ini juga memiliki fungsi layaknya DSLR. Anda bisa menggunakan ISO sampai ke white balance. Kamera bisa berjalan dengan perintah suara dan ada kemampuan noise reduction. Fitur yang sudah disebutkan akan membuat gambar tampak sempurna.

Back to Content ↑

Camera 360

Sedikit berbeda dengan Open Camera yang lebih banyak menawarkan fitur kamera profesional. Camera 360 justru lebih berfokus pada foto seni yang menarik. Apa pun jenis foto yang Anda ambil bisa dibuat jadi lebih lucu dan juga menarik.

Saat melakukan pemotretan, Anda bisa memilih banyak koleksi filter yang lucu dan imut. Jadi, kalau Anda hobi melakukan dekorasi atau menghias foto agar sisi “cute” lebih muncul, Camera 360 adalah jawaban yang tepat.

Fitur filter yang ditawarkan tidak hanya untuk foto yang sudah diambil saja. Ada ratusan live filter yang akan membuat Anda semakin ketagihan untuk berfoto. Apalagi, ada gambar tambahan yang berbentuk animasi bergerak.

Back to Content ↑

Google Camera

Google Camera dianggap mampu menghasilkan foto yang kualitasnya di atas rata-rata. Sayangnya, tidak semua ponsel bisa dipasang versi dari APK ini. Hanya beberapa saja khusus yang keluaran terbaru atau ada kerja sama dengan Google.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti HDR+ yang membuat hasil foto jadi lebih tajam. Selanjutnya ada Night Sight yang membuat Anda mudah memotret di lingkungan yang minim sekali dengan cahaya atau saat malam hari.

Super Res Zoom pada aplikasi ini membuat gambar jadi tidak blur meski diperbesar berkali-kali sampai batas tertentu. Terakhir ada dua fitur tambahan yang jarang ada di aplikasi kamera profesional, pertama untuk memilih gambar terbaik dan kedua untuk menambahkan stiker.

Back to Content ↑

VSCO

Aplikasi kamera terbaik selanjutnya adalah VSCO. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda mengambil foto layaknya memakai kamera profesional. Apalagi fitur manualnya sangat lengkap dan bisa digunakan oleh siapa saja termasuk pemula.

Awalnya VSCO banyak digunakan untuk melakukan penyuntingan gambar. Anda bisa menggunakan preset yang ada atau membuatnya sendiri. Aplikasi ini berbayar untuk menggunakan 200 lebih preset instan untuk edit gambar.

Selain membuat gambar jadi tampak lebih menarik, VSCO juga bisa digunakan untuk saling membagi hasil gambar yang sudah dihasilkan. Anda juga bisa melihat dan mengapresiasi hasil orang lain dengan langsung mengakses dari APK.

Back to Content ↑

Camera MX

Secara umum desain antarmuka dari Camera MX ini sangat sederhana sehingga pemula pun bisa menggunakannya. Apalagi menu yang ada di sini hampir semuanya intuitif sehingga Anda bisa mencoba-coba dahulu sebelum melakukan pengambilan gambar.

Ada dua fitur dari Camera MX yang cukup unggul dan sering digunakan oleh banyak orang. Pertama adalah Live Photos. Pernah melihat Harry Potter kan? Foto yang dipajang bergerak sendiri padahal bukan video. Jadi, Anda bisa membuat gambar seperti itu.

Selanjutnya akan ada Shoot-the-Past. Kemampuan ini mirip sekali dengan pratinjau. Jadi, Anda bisa melihat gambar yang ada di layar bahkan sebelum Anda menekan tombol shutter. Fitur ini cocok untuk memperkirakan hasil sehingga kalau tidak cocok bisa diubah.

Back to Content ↑

Camera FV-5

Dalam satu aplikasi ini saja Anda bisa mendapatkan berbagai fitur yang menarik. Pertama adalah semua fitur yang ada pada kamera DSLR atau Mirrorless. Setting manual seperti ISO, aperture, white balance, dan lainnya sudah ada.

Anda yang suka mengambil foto dengan hasil menarik seperti foto lampu-lampu kendaraan yang warna-warni di jalanan, bisa pakai long exposure. Prosesnya mudah dan hasilnya sangat maksimal dibandingkan aplikasi lain.

Terakhir, format penyimpanan pada kamera ini bisa dalam bentuk JPG, 6-bit RAW, dan lossless PNG. Jadi, Anda bisa mengeditnya lagi di aplikasi profesional PC.

Back to Content ↑

Cymera

Sekilas aplikasi Cymera ini mirip sekali dengan Camera 360. Saat melakukan pengambilan gambar, Anda bisa menambahkan aneka filter dan stiker. Semua bisa dilakukan secara live sehingga hasilnya akan terlihat sebelum dijepret.

Satu lagi keunggulan Cymera yang membuatnya dijuluki salah satu aplikasi kamera terbaik. Hal itu adalah filter untuk membuat wajah tampak lebih baik. Misal menghilangkan jerawat atau noda hitam yang banyak.

Back to Content ↑

Camera Zoom FX

Ada dua hal menarik dari Camera Zoom FX yang layak untuk dicoba. Pertama adalah fitur speed burst. Dalam satu detik saja, kamera bisa mengambil 50 foto sehingga momen bisa ditangkap dengan sempurna.

Kedua adalah stabilizer yang membuat semua gambar yang diambil tampak sempurna. Cocok sekali untuk pengambilan gambar outdoor.

Back to Content ↑

Bacon Camera

Memiliki kamera HP yang berfitur manual ada prestise sendiri bagi beberapa orang. Apalagi mereka suka melakukan mobile photography. Ponsel bisa menjadi senjata yang kuat untuk menghasilkan gambar menarik yang sesuai dengan keinginan.

Awalnya aplikasi Bacon Camera ini diperuntukkan untuk mereka yang menggunakan ponsel Oneplus. Pengembang ingin pemilik ponsel itu bisa merasakan serunya melakukan fotografi dengan konsep manual sehingga foto yang dihasilkan benar-benar bagus.

Namun, seiring dengan berjalanya waktu, ada banyak sekali pengguna ponsel Android yang menggunakannya. Fitur unggulan yang paling banyak digunakan pada aplikasi ini adalah ISO, white balance, sampai ke fokus dan zoom.

Back to Content ↑

Polarr

Sebenarnya Polarr lebih banyak digunakan oleh pencinta fotografi sebagai aplikasi untuk editing saja. Kemampuannya untuk memberikan preset menarik bisa menyulap foto yang awalnya biasa saja jadi lebih menarik.

Selain untuk edit, Polarr juga memiliki fitur pengambilan gambar yang cukup baik. Jadi, Anda bisa memanfaatkan semua fungsinya dengan baik untuk menghasilkan foto yang unik dan cocok sekali untuk dipajang di media sosial.

Beberapa kemampuan foto dari Polarr yang bisa diandalkan adalah pengaturan white balance, exposure, sampai ke kontras. Kurang lebih mirip dengan kamera DSLR meski lebih mudah dijalankan oleh pemula.

Back to Content ↑

Aplikasi kamera terbaik hanya bekerja untuk membuat visual dari objek tampak lebih indah. Jadi, hanya terjadi manipulasi digital saja. Untuk kualitas output dari foto, semua tergantung dengan kualitas kamera yang Anda gunakan.

Semakin baik kualitas kamera yang Anda miliki, semakin bagus pula hasil yang akan didapatkan. Jadi, jangan hanya mengandalkan aplikasi untuk foto saja. Akan lebih baik jika dibarengi dengan hardware yang lebih berkualitas. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!