Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Syarat-Syarat dan Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Syarat-Syarat dan Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri
Syarat-Syarat dan Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Syarat-Syarat dan Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Program beasiswa luar negeri bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri secara gratis. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu, sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri ini.

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti beberapa program beasiswa di beberapa universitas ternama di luar negeri, Anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan syarat-syarat sebagai penerima beasiswa tersebut. Apa saja syarat-syaratnya? Ini dia penjelasannya!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Bisa Fatal! Yuk Simak 5 Penyebab Gagal Raih Beasiswa

Syarat-Syarat untuk Lolos Program Beasiswa Luar Negeri

Program beasiswa luar negeri ini biasanya diadakan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah secara gratis, di beberapa universitas di luar negeri, yang telah ditunjuk. Selain program S1, ada beberapa beasiswa yang memang ditujukan bagi Anda yang berniat untuk melanjutkan studi S2 maupun S3.

Sehingga beasiswa ini tidak hanya terbatas pada satu program studi saja. Selain fasilitas biaya kuliah secara gratis, ada beberapa fasilitas penunjang lainnya, yang bisa Anda terima, jika Anda menjadi penerima beasiswa ini. Baik itu berupa biaya hidup sehari-hari, biaya perjalanan dari dan ke negara asal, tunjangan, dan beberapa fasilitas lainnya.

Hal ini pula yang menjadi alasan tersendiri, mengapa banyak pelajar Indonesia yang merasa tertarik untuk mengikuti berbagai program beasiswa di luar negeri ini. Namun satu hal yang perlu Anda tahu adalah, untuk bisa diterima sebagai penerima beasiswa ini, Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan seperti berikut ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Persyaratan Akademis

Persyaratan akademis menjadi syarat yang paling utama dalam beberapa program beasiswa. Baik itu untuk beasiswa di dalam maupun di luar negeri. Biasanya, persyaratan akademis ini akan dilihat dari nilai akademik Anda dari mulai Anda duduk di kelas 2, dan 3 SMA, bagi Anda yang mengikuti program beasiswa S1. Sedangkan bagi calon penerima S2 dan S3, nilai akademis akan dilihat sejak Anda mulai kuliah di perguruan tinggi.

Back to Content ↑

2. Kemampuan Berbahasa

Penggunaan bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan lainnya yang harus Anda penuhi jika ingin mengikuti program beasiswa luar negeri. Selain bahasa Inggris, di beberapa negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa penggunaan sehari-hari, maupun Anda yang mengikuti program beasiswa melalui jalur agamis, maka Anda pun harus menguasai bahasa Arab sebagai syarat untuk lolos program beasiswa ke luar negeri ini.

Khusus untuk kemampuan bahasa Inggris ini, beberapa program beasiswa dari beberapa universitas ternama akan melakukan sejumlah tes berbahasa, sebagai syarat lolos program beasiswa. Seperti universitas Cambridge, British Council hingga IDP Education Australia yang mengadakan uji kemampuan bahasa Inggris yang dikenal dengan IELTS (International English Language Testing System). Maka dari itu, persiapan IELTS ini juga menjadi poin penting yang perlu Anda pikirkan juga.

Back to Content ↑

3. Lolos Tes Lisan dan Tertulis

Selain persyaratan diatas, Anda juga diwajibkan untuk mengikuti tes lisan serta tes tertulis. Tes lisan bisa berupa IELTS, uji kemampuan bahasa Arab, bagi Anda yang mengikuti program beasiswa jalur agamis, wawancara/interview, dan yang lainnya.

Sedangkan tes tertulis biasanya dilakukan oleh universitas yang ada di luar negeri, yang bekerjasama dengan universitas dalam negeri, Kementerian dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ataupun instansi dan lembaga lainnya yang memang telah bekerjasama dengan berbagai universitas luar negeri tersebut, dalam mengadakan program beasiswa ini.

Back to Content ↑

4. Pertimbangan Lainnya

Meskipun memang hal ini tidak menjadi patokan, namun ada beberapa universitas di luar negeri yang memberikan persyaratan lainnya, yang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan universitas tersebut.

Hal ini pula yang bisa menjadi pertimbangan lainnya bagi penyelenggara program beasiswa untuk memberikan kebijakan lolos atau tidaknya calon penerima beasiswa tersebut, untuk melanjutkan kuliah di luar negeri secara gratis.

Persyaratan tersebut misalnya, dengan mengikuti kursus TOEFL terlebih dahulu di beberapa lembaga pelatihan TOEFL yang ditunjuk oleh universitas tersebut, mengikuti sejumlah acara ataupun aktivitas yang diadakan oleh penyelenggara beasiswa tersebut, pernah menjadi volunteer/sukarelawan dari sebuah organisasi yang menjalin kerjasama dengan universitas, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Agar Bisa Lolos Beasiswa di Luar Negeri?

Dari persyaratan diatas, jelas kiranya bahwa untuk bisa lolos program beasiswa ini, Anda perlu membekali diri dengan berbagai kemampuan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

Back to Content ↑

1. Pertahankan Nilai Akademis dari Saat Duduk di Bangku SMA

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin mengikuti program beasiswa tentunya dengan mempertahankan nilai akademis sejak Anda duduk di bangku SMA. Terutama bagi Anda yang memang sering mendapatkan nilai tinggi di beberapa mata pelajaran tertentu.

Sementara bagi Anda yang ingin mengikuti program beasiswa untuk S2 dan juga S3, maka nilai akademis yang akan dijadikan syarat utama lolos program beasiswa luar negeri ini akan diambil dari saat Anda kuliah di semester 2.

Back to Content ↑

2. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anda

Langkah kedua yang perlu Anda siapkan yaitu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Nilai TOEFL sering menjadi acuan dalam menentukan kemampuan berbahasa inggris, maka dari itu, ada baiknya untuk mengikuti kursus/pelatihan TOEFL, untuk meningkatkan hingga mendapatkan nilai TOEFL, yang sesuai dengan syarat penerimaan beasiswa luar negeri ini. Serta bisa lolos dalam persiapan IELTS.

Back to Content ↑

3. Persiapkan Diri untuk Mengikuti Tes Lisan dan Tulisan

Setelah kedua poin diatas telah Anda persiapkan dengan baik. Maka kini saatnya bagi Anda untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti tes lisan dan tulisan. Biasanya, tes ini akan dilaksanakan, segera setelah Anda melakukan pendaftaran, dan dinyatakan lolos pada tahap administrasi (tahap awal).

Dalam tes lisan ini juga, biasanya akan diadakan tes kemampuan bahasa Inggris, yang dikenal dengan istilah IELTS (International English Language Testing System). Maka dari itu, persiapkan diri Anda untuk mengikuti tes tersebut.

Selain membekali diri dengan pengetahuan, sebaiknya Anda juga mencoba untuk mencari tahu mengenai negara dan universitas yang menjadi tujuan beasiswa ini diadakan. Karena biasanya, dalam sesi wawancara/interview, Anda akan ditanya, mengenai sejauh mana Anda mengetahui mengenai negara dan universitas tersebut.

Selain itu, biasanya pihak penyelenggara akan menanyakan alasan mengapa Anda mengikuti program beasiswa ini. Apapun jawabannya Anda, sebenarnya hal itu tidak begitu penting. Namun disini, hanya ditekankan mengenai penilaian bagaimana Anda bisa berkomunikasi, menyampaikan pendapat, ide maupun opini Anda. Maka dari itu, persiapkan diri Anda juga mengenai bagaimana berbicara di depan umum (public speaking).

Back to Content ↑

4. Aktif dalam Organisasi

Meskipun hal ini tidak menjadi patokan dalam penilaian nantinya, namun biasanya penyelenggara program beasiswa luar negeri lebih menyukai calon penerima beasiswa yang aktif. Dalam hal ini aktif dalam organisasi di sekolah, kampus (untuk program beasiswa S2 dan S3), maupun organisasi di luar lembaga pendidikan tersebut.

Back to Content ↑

5. Menggali Informasi Lebih Banyak Mengenai Negara Tujuan

Satu hal yang perlu Anda ingat selain menyiapkan poin-poin diatas yaitu Anda perlu mencari tahu lebih dalam mengenai informasi dari negara tujuan. Hal ini diperlukan, agar Anda nantinya tidak merasa canggung dan terasing. Terutama mengenai kebiasaan dari orang-orang di negara tersebut, yang mungkin akan sangat berbeda dengan kebanyakan orang-orang di Indonesia.

Maka dari itu, Anda perlu mencari tahu mengenai kebiasaan masyarakat negara tujuan, lingkungan tempat tinggal, jenis makanan, tempat mana saja yang biasa dikunjungi oleh mahasiswa Indonesia selama di negara tersebut, hingga lokasi tempat Konsulat Jenderal (Konjen) ataupun KBRI berada. Hal ini dilakukan, sebagai antisipasi mengenai segala sesuatu yang mungkin saja terjadi.

Anda bisa mencari informasi mengenai hal itu, serta informasi lainnya terkait beasiswa S1, S2 dan S3, dari beberapa universitas ternama di dunia, hanya dengan mengunjugi situs Blog.schoters.com. Karena situs ini memberikan informasi secara khusus hingga bimbingan kuliah di luar negeri secara lengkap.

Anda hanya tinggal mencari negara dan universitas mana yang menjadi tujuan Anda untuk melanjutkan kuliah, maka Blog.schoters.com akan menampilkan informasi secara lengkap mengenai negara dan universitas yang dimaksud.

Bukan hanya itu saja, situs ini juga akan membantu Anda mengenai cara dan kiat apa saja yang harus Anda lakukan agar bisa lolos beasiswa luar negeri ini, serta segala sesuatu mengenai persiapan IELTS. Seperti halnya yang telah dibahas pada penjelasan diatas. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑