Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Apa Itu Wifi RT RW? Apa saja Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet Tersebut?

Apa Itu Wifi RT RW? Apa saja Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet Tersebut?
Apa Itu Wifi RT RW? Apa saja Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet Tersebut?

Apa Itu Wifi RT RW? Apa saja Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet Tersebut?

Bisa dibilang, internet kini sudah menjadi sebuah kebutuhan banyak orang. Hal ini dikarenakan, hampir semua aktivitas dan pekerjaan kini lebih banyak menggunakan jaringan internet. Jika selama ini, internet hanya berlaku bagi masyarakat perkotaan saja. Namun kini, setelah adanya Wifi RT RW, penggunaan internet kini mulai meluas ke kawasan pedesaan.

Dimana penggunaan internet untuk pedesaan menggunakan jaringan internet yang dikenal dengan RT RW Net. Apa pengertian RT RW Net tersebut? Anda akan mengetahui jawabannya sebentar lagi. Untuk itu, pastikan Anda menyimak pembahasan ini hingga selesai.

TOC / Daftar Isi

Pengertian RT RW Net dan juga Wifi RT RW

RT RW Net dapat diartikan sebagai sebuah bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet dan juga Wifi, sebagai bisnis utamanya. Dalam bisnis ini, pemilik akan menjual paket data internet, yang nantinya akan disambungkan melalui jaringan internet yang terpasang di sebuah komplek, maupun RT/RW yang ada pada sebuah desa. Itulah mengapa bisnis ini sering juga dikenal dengan istilah bisnis hotspot.

Sementara istilah Wifi RT RW merupakan jaringan internet berupa Wifi dan hotspot yang digunakan untuk mengakses internet. Secara garis besar, bisnis Wifi untuk RT RW ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Selama orang tersebut memahami cara-cara melakukan penginstalan internet. Meskipun demikian, tetap saja, untuk pemasangan (instalasi) ini memang disarankan agar dilakukan oleh orang-orang yang ahli.

Bisa dibilang, pengertian RT RW Net ini bisa disamakan dengan reseller internet, yang membeli paket internet dalam kapasitas besar dari beberapa perusahaan Internet Service Provider (ISP) yang ada di Indonesia.

Barulah kemudian, paket data internet ini akan dipecah serta dibagi-bagi dalam kapasitas yang lebih kecil, dan dijual kembali ke beberapa pelanggan yang ada di pedesaan, maupun kawasan lainnya yang memang membutuhkan jaringan internet, dengan memanfaatkan kabel internet.

Biasanya, jalur kabel internet ini berupa wireless LAN dengan kapasitas 2.4GHZ. Sementara perusahaan ISP yang menjadi rekanan dari RT RW Net ini merupakan perusahaan ISP besar yang ada di Indonesia, dan telah diakui pemerintah.

Bukan hanya itu saja, dalam pelaksanaannya, biasanya, pemilik RT RW Net akan memberikan harga ataupun biaya berlangganan yang jauh lebih murah, dari harga yang ditawarkan oleh provider internet lainnya. Meskipun demikian, jaringan Wifi RT RW yang ditawarkan sama baiknya dengan kualitas jaringan internet yang dijual oleh beberapa provider ataupun perusahaan ISP lainnya.

Back to Content ↑

Prinsip Dasar Wifi untuk RT RW dari RT RW Net

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian RT RW Net ini adalah sebuah bisnis yang memanfaatkan jaringan internet berupa Wifi dan juga hotspot. Dimana dalam pelaksanaannya, pemilik RT RW Net akan menjual paket internet dalam bentuk bandwith yang sebelumnya dibeli maupun disewa dari perusahaan ISP, untuk disalurkan pada beberapa kawasan yang membutuhkan akses internet.

Dimana jaringan internet yang disalurkan ini akan dihubungkan dengan kabel internet, yang akan tersambung antara satu rumah dengan rumah yang lainnya. Sebagai gambaran, jika Anda berlangganan internet pada perusahaan ISP secara langsung dengan paket 1024KB, dan biaya berlangganan sekitar 800 ribu rupiah misalnya.

Maka pada Wifi RT RW, paket tersebut bisa dibagi lagi menjadi beberapa jaringan/rumah. Misalnya dari 1024KB tersebut, RT RW Net akan membaginya ke 10 rumah. Maka tentunya biaya berlangganan yang dibayarkan oleh setiap rumah tersebut hanyalah sekitar 80 ribu rupiah saja per rumah. Cukup murah, bukan?

Hanya saja, untuk memulai bisnis ini memang dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidang instalasi internet. Terutama orang-orang yang paham mengenai cara untuk membuka jaringan Wifi RT RW tersebut, dan membagikannya ke setiap rumah warga/masyarakat.

Back to Content ↑

5 Keuntungan Menggunakan Wifi RT RW

Setelah mengetahui pengertian RT RW Net dan juga Wifi untuk RT RW ini, kiranya kini Anda sudah memiliki gambaran mengenai bisnis tersebut. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut ini adalah keuntungan bilamana Anda menggunakan Wifi RT RW dari RT RW Net. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Harga Lebih Murah

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, bahwa prinsip dasar dari RT RW Net yaitu membeli paket internet dengan menyewa bandwith dari perusahaan ISP, yang kemudian akan dibagi-bagi, dan disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan.

Dengan kata lain, jika Anda berlangganan internet secara langsung ke perusahaan ISP, besar kemungkinan Anda harus membayar biaya bulanan secara per paket. Namun tidak demikian jika Anda menggunakan Wifi RT RW dari RT RW Net.

Hal ini dikarenakan, paket internet yang dibeli RT RW Net dari perusahaan ISP tersebut, akan dibagi-bagi, dan disalurkan ke beberapa rumah warga. Dengan kata lain, jika dalam 1 paket internet tersebut dibagikan ke 10 rumah, maka Anda hanya akan membayar biaya berlangganan sekitar 1/10 dari total paket internet tersebut.

Dengan demikian, keuntungan pertama yang bisa Anda peroleh dengan berlangganan internet RT RW yaitu harga yang jauh lebih murah. Setidaknya jika dibandingkan dengan berlangganan paket internet dari perusahaan ISP secara langsung.

Back to Content ↑

2. Kualitas Internet Tak Jauh Berbeda dengan Kualitas Internet dari Perusahaan ISP

Meskipun ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, namun bukan berarti kualitas internet yang akan didapatkan jauh lebih rendah. Karena sebenarnya, kualitas internet yang diperoleh tergantung dari paket internet yang dipilih.

Namun jika dirasa kualitas internet yang Anda butuhkan tidak cukup memadai, maka Anda bisa meningkatkan kualitas internet tersebut dengan menambah bandwidth, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Back to Content ↑

3. Menjangkau Kawasan Terpencil

Keuntungan lainnya yang bisa Anda peroleh bilamana menggunakan jaringan Wifi RT RW yaitu bisa menjangkau kawasan terpencil. Dengan kata lain, dengan menggunakan kabel internet, maka Anda bisa menikmati jaringan internet di rumah Anda.

Back to Content ↑

4. Access Point yang Terbilang Dekat

Seperti yang telah dibahas dalam pembahasan mengenai pengertian RT RW Net di atas, telah disebutkan bahwa dalam menginstal internet pada Wifi untuk RT RW ini dilakukan dengan menggunakan kabel internet.

Namun berbeda dengan kabel internet yang ada pada paket internet dari perusahaan ISP yang menggunakan fiber optik. Kabel yang digunakan pada Wifi RT RW ini yaitu merupakan kabel LAN yang memiliki daya jangkau hingga ratusan meter. Dengan kata lain, jika Anda menggunakan RT RW Net, maka access point terbilang lebih dekat.

Back to Content ↑

5. Gangguan Internet Bisa Ditangani dengan Lebih Cepat

Keuntungan lainnya dari Wifi RT RW yaitu penanganan yang cepat dalam mengatasi gangguan internet. Hal ini dikarenakan, jaringan internet yang berbasis komunitas lokal, memungkinkan Anda bisa menghubungi teknisi RT RW dengan mudah, serta keluhan Anda bisa langsung ditanggapi dengan cepat.

Berbeda dengan jaringan internet yang ditawarkan perusahaan ISP, yang mana jika Anda menyampaikan keluhan layanan, pihak ISP mungkin saja tidak langsung menanggapinya. Hal ini dikarenakan, jaringan internet yang terlalu luas, sehingga sulit untuk mendeteksi gangguan pada jaringan internet ini.

Back to Content ↑

Demikian informasi mengenai pengertian RT RW Net serta keuntungan yang bisa Anda peroleh bilamana menggunakan Wifi RT RW. Semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai jaringan internet berbasis lokal ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!