Skip to main content

Cara Merekam Layar iPhone dengan Fitur Bawaan dan Aplikasi

Cara Merekam Layar iPhone dengan Fitur Bawaan dan Aplikasi

Cara Merekam Layar iPhone dengan Fitur Bawaan dan Aplikasi

iPhone tidak mau kalah saing dengan produk ponsel lainnya, termasuk dalam hal merekam layar atau melakukan screen recording. Sekarang ini terdapat beberapa cara merekam layar iPhone. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur screen recording bawaan.

Selain itu, di App Store juga ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi serupa. Akan tetapi kebanyakan orang memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga, pasalnya mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap dari pada fitur bawaan ponselnya.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Merekam Layar iPhone

Nah, bagi Anda yang ingin merekam aktivitas pada layar iPhone, simak Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap khusus perekaman layar yang ada di bawah ini.

Back to Content ↑

1.1. Tanpa Aplikasi

iPhone sendiri telah menyematkan fitur perekam layar, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut maka sudah langsung bisa memulai merekam layar.

Biasanya fitur bawaan iPhone untuk melakukan screen recording hanya ada pada iOS 11 ke atas saja.

Apabila Anda memakai versi di bawah iOS 11 maka harus memakai bantuan dari aplikasi pihak ketiga supaya bisa merekam kegiatan layar iPhone.

Berikut ini langkah-langkahnya dengan menggunakan fitur bawaan atau tanpa aplikasi:

  1. Pertama masuk terlebih dahulu ke bagian Pengaturan.
  2. Kemudian pilih Pusat Kontrol.
  3. Lalu sesuaikan Kontrol dan aktifkan pilihan Perekaman Layar.
  4. Setelah itu geser layar ke bawah untuk mengakses pusat kontrol.
  5. Selanjutnya tekan dan tahan tombol bulat untuk memulai memasang dan mencocokkan mikrofon.
  6. Berikutnya tap tombol rekam. Lalu tunggu beberapa detik untuk memulai merekam aktivitas layar iPhone.
  7. Jika sudah, hentikan perekaman dengan cara melakukan tap pada area atas layar berwarna merah.
  8. Selesai. Video hasil merekam layar pada ponsel iPhone sudah tersimpan pada galeri.

Back to Content ↑

1.2. Menggunakan Aplikasi Screen Recorder iPhone

Berikut di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh untuk digunakan perekaman aktivitas layar iPhone, berikut ini beberapa di antaranya.

a) TechSmith Capture

TechSmith merupakan salah satu aplikasi yang dapat dipakai untuk merekam layar iPhone. Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan penggunanya merekam layar dengan suara yang dikeluarkan.

Sehingga memberikan kemudahan pada penggunanya. Hasil video juga menjadi lebih bagus dan tidak menonton. Dan widget yang harus dipakai lumayan gampang.

Pada saat Anda melakukan tap aplikasinya maka akan tampil beberapa opsi untuk mulai proses merekam. Dengan begitu, aplikasi ini akan menjalankan perintahnya untuk langsung melakukan perekaman aktivitas layar iPhone.

Sayangnya aplikasi ini tidak seterusnya gratis. Penggunannya diberikan masa percobaan atau trial selama 14 hari. Setelah masa trial berakhir, maka penggunanya harus membeli aplikasi ini supaya bisa terus digunakannya.

Aplikasi ini bisa didownload di berbagai seri iPhone. Mulai dari iPhone 5s hingga series di atasnya. Bahkan perangkat iPad Mini 2 dan iPod juga bisa menggunakan aplikasi ini.

b) AirShou Screen Recorder

Cara merekam layar iPhone selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu AirShou Screen Recorder.

Aplikasi ini diklaim menjadi aplikasi perekam layar iPhone yang memuaskan. Pihak developernya memberikan kemudahan pada pengguna aplikasi ini termasuk mengoperasikannya.

Fitur yang tersemat pada aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, dan pastinya gampang dipahami.

Aplikasi ini cocok sekali untuk para gamer yang mau bermain game namun direkam untuk diupload ke sosial media seperti Youtube, FB dan lain sebagainya.

Penggunanya hanya perlu mengakses aplikasi ini, lalu masuk ke pengaturan untuk memilih aplikasi recorder yang mau dipakai.

Setelah menekan, penggunanya masuk ke aplikasi game atau aplikasi lainnya yang aktivitasnya mau direkam.

Kemudian scroll layar dari atas hingga ke bawah untuk memulai proses merekam. Aplikasi sudah dijamin akan menjaga permainan supaya tetap berjalan lancar meskipun grafisnya terbilang lumayan rumit untuk diatur.

c) ScreenFlow

Aplikasi pihak ketiga selanjutnya yang bisa digunakan untuk merekam layar iPhone adalah ScreenFlow. Bahkan dengan aplikasi ini, penggunanya bisa melakukan screen recording langsung dengan suaranya.

Caranya cukup mengaktifkan tombol rekam pada saat pengguna aplikasi mau menjalankan ScreenFlow. Pertama masuk terlebih dahulu ke aplikasi ScreenFlow. Kemudian masuk ke menu pengaturan untuk memilih aplikasi perekaman.

Untuk memulai proses perekaman aktivitas layar, penggunanya harus melakukan scroll layar supaya dapat menekan tombol mulai. ScreenFlow menyediakan berbagai macam fitur untuk mengedit pada saat video yang Anda rekam sudah selesai.

Bahkan semua video yang sudah selesai direkam bisa langsung dilakukan pengeditan memakai aplikasi gabung video iPhone dan di share ke beberapa sosial media.

Seperti Dropbox, Witia, Google Drive, Facebook Youtube Vimeo, dan lain sebagainya. Aplikasi ini sudah didukung oleh ponsel iPhone ini Dan yang pasti aplikasi ini diberikan secara gratis dan dapat dipakai pada perangkat iOS atau Apple.

Back to Content ↑

Bagaimana, cara merekam layar iPhone sangat mudah bukan? Anda bisa menggunakan fitur bawaan smartphone atau tanpa aplikasi dan juga aplikasi pihak ketiga yang didapat dari App Store. Di kesempatan lain akan ada pembahasan yang lebih seru, yaitu aplikasi pembobol wifi untuk iPhone. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!