Skip to main content

Cara Menghidupkan iPhone Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan iPhone Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan iPhone Tanpa Tombol Power

Kerusakan iPhone dapat terjadi kapan saja dan jenis kerusakannya pun bermacam-macam. Salah satunya adalah tombol power tidak berfungsi sama sekali. Jika sudah begini akan sangat merepotkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghidupkan iPhone tanpa tombol power.

Tombol power punya fungsi yang krusial seperti mengunci dan membuka kunci, serta menghidupkan dan mematikan iPhone. Oleh karena itu, kerusakan pada tombol power kerap membuatnya kelimpungan. Namun tak perlu khawatir karena di artikel ini akan dijelaskan tentang solusinya.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Menghidupkan iPhone Tanpa Tombol Power Dalam Keadaan Sleep

Sleep merupakan keadaan dimana iPhone berada dalam kondisi hidup namun tidak standby karena layarnya terkunci. iPhone dapat masuk ke kondisi sleep karena dua hal. Pertama, hal ini terjadi ketika iPhone stand by dalam beberapa waktu kemudian layarnya otomatis mati dan masuk ke mode sleep.

Hal kedua yang dapat membawa iPhone masuk ke mode sleep adalah pengguna menekan tombol power atau menggunakan Assistive Touch untuk mengunci layar.

Umumnya, cara yang digunakan untuk membangunkan iPhone dari sleep adalah menekan tombol power kemudian memasukkan passcode atau menggunakan Face ID.

Ketika tombol power tidak lagi berfungsi, cara-cara di atas tidak dapat dilakukan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat dihadapkan dengan situasi seperti ini. Simak 3 cara di bawah ini baik-baik.

Back to Content ↑

1.1. Tap to Wake

Metode paling umum yang dipakai untuk membuka iPhone dengan tombol power rusak adalah Tap to Wake. Dengan cara ini, pengguna dapat menyalakan layar iPhone hanya dengan dua kali sentuhan cepat. Setelah layar nyala, pengguna dapat memasukkan passcode atau Face ID dan masuk ke Home.

Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur Tap to Wake.

  1. Buka Settings dengan klik ikon pada Home Screen iPhone.
  2. Pilih Accessibility.
  3. Kemudian temukan opsi Tap to Wake dan aktifkan dengan cara klik pada toggle sampai berubah warna menjadi hijau.

Back to Content ↑

1.2. Raise to Wake

Metode berikutnya yang dapat digunakan adalah memanfaatkan fitur Raise to Wake. Fitur ini disediakan secara default oleh Apple khusus di perangkat iPhone 6S dan generasi lain yang lebih baru.

Persis seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat layar iPhone menyala hanya dengan cara mengangkatnya. Sensor pada iPhone akan mendeteksi gerakan ketika perangkat tersebut kemudian memberikan perintah ke layar untuk menyala.

Untuk mengaktifkan Raise to Wake, ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Buka menu Settings terlebih dahulu pada iPhone.
  2. Klik pada sub menu Display & Brightness.
  3. Temukan opsi Raise to Wake.
  4. Kemudian klik pada toggle yang ada di samping opsi tersebut untuk mengaktifkannya.

Jika sudah selesai melakukan pengaturan sederhana ini, pengguna dapat mencoba mengangkat iPhone dalam keadaan terkunci dan layar mati. Jika berhasil, layar iPhone akan tampak menyala dan memperlihatkan halaman lock screen.

Back to Content ↑

1.3. Siri

Pengguna iPhone tentunya tidak asing lagi dengan Siri. Siri sendiri merupakan sebuah bot yang berfungsi sebagai asisten pribadi untuk pengguna Apple Device. Asisten pribadi ini dapat mengenai suara dari pengguna dan menjalankan perintah berdasarkan instruksi suara.

Selain dapat membantu pengguna melakukan berbagai hal, rupanya Siri juga dapat dipakai untuk membuka iPhone tanpa tombol power. Sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu cara untuk mengaktifkan Siri.

  1. Masuk ke Settings di iPhone dengan cara klik iconnya di home screen.
  2. Klik pada sub menu Siri & Search.
  3. Di dalam sub menu ini ada beberapa opsi, aktifkan Listen for “Hey Siri” dengan klik toggle yang ada di bagian samping opsi tersebut.
  4. Aktifkan juga opsi Allow Siri When Locked untuk membiarkan Siri tetap aktif meski iPhone terkunci atau sleep.

Apabila Siri telah diaktifkan, pengguna hanya perlu mengatakan “Hey Siri” ketika iPhone dalam kondisi terkunci dan layar mati. Layar pun akan otomatis menyala. Masukkan passcode untuk masuk ke Home Screen.

Back to Content ↑

2. Cara Menghidupkan iPhone Tanpa Tombol Power Dalam Kondisi Mati

Ketika iPhone mati dan tombol powernya tidak berfungsi, pengguna dapat memanfaatkan PC atau laptop dan kabel USB. Caranya mudah, hubungkan antara laptop yang aktif dan iPhone yang mati menggunakan kabel tersebut.

Tunggu selama beberapa saat dan iPhone akan menyala dengan sendirinya. Hal ini dapat terjadi apabila USB yang dipakai adalah kabel bawaan dari iPhone dan dalam kondisi baik. Pastikan juga bahwa iPhone tidak mati total.

Apabila cara ini tidak bekerja, metode pamungkas untuk mengatasinya adalah membawa iPhone ke service center untuk mendapatkan penanganan atau perbaikan. Teknisi di tempat service umumnya juga memahami cara menghidupkan iPhone yang mati total.

Back to Content ↑

Selain pengetahuan mengenai cara menghidupkan iPhone tanpa tombol power, sebaiknya pengguna juga membaca Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Hal ini bertujuan agar pengguna memahami perangkatnya dengan lebih baik dan memaksimalkan fungsinya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!