Skip to main content

Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

iPhone dikenal sebagai merek smartphone yang berkualitas. Meski begitu, part paling besar dari smartphone ini, yaitu layar tidak bisa terhindar dari kerusakan. Sebagian pengguna juga sudah pernah mengalami kasus layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian.

Layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi atau mengalami kerusakan ditandai dengan tidak adanya respons ketika pengguna menyentuh bagian tertentu dari layar smartphone tersebut. Sementara untuk tombol power, volume, dan home (jika ada) masih berfungsi sebagaimana mestinya.

TOC / Daftar Isi

1. Apa yang Harus Dilakukan Jika Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian?

Ketika mendapati layar iPhone tiba-tiba tidak dapat berfungsi, pengguna akan dihadapkan pada dua pilihan. Apabila perangkat iPhone yang layarnya rusak tersebut masih dalam masa garansi, pengguna bisa membawanya langsung ke lokasi service center resmi produk-produk Apple.

Contoh tempat yang bisa dikunjungi antara lain iBox, Story-i, atau e-Store. Pengguna dapat melakukan klaim garansi di tempat-tempat tersebut sehingga layar yang tidak berfungsi tersebut dapat diperbaiki atau diganti dengan part baru secara gratis.

Jika masa garansi sudah berakhir, artinya pengguna tidak lagi mendapatkan jaminan perbaikan lagi dari Apple. Jika ingin melakukan perbaikan di Apple Authorized Service Provider di beberapa lokasi di atas juga tetap bisa.

Namun, pengguna akan dikenakan biaya perbaikan serta penggantian part. Seperti yang sudah diketahui, harga part layar di iPhone memang terkenal mahal.

Jika belum punya dana untuk memperbaiki, Anda dapat melakukan beberapa langkah yang akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Back to Content ↑

2. Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Nah, di bawah ini terdapat beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh pemilik iPhone ketika mendapati layar perangkatnya tidak berfungsi.

Back to Content ↑

2.1. Bersihkan Layar

Terkadang, layar iPhone menjadi tidak sensitif ketika permukaannya kotor. Hal ini membuat layar tidak dapat mendeteksi sentuhan pengguna sebagai suatu input. Oleh sebab itu, sebagian layar mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika dihadapkan dengan kondisi seperti ini, langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna yaitu membersihkan permukaan layar iPhone. Gunakanlah lap yang berbahan lembut agar tidak menimbulkan goresan di layar iPhone.

Jika perangkat tersebut menggunakan pelindung layar atau screen protector, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu baru kemudian dibersihkan. Periksa kembali apakah layar sudah berfungsi dengan baik setelah dibersihkan?

Back to Content ↑

2.2. Hard Reboot iPhone

Sudah melakukan langkah pertolongan yang pertama namun layar iPhone masih belum berfungsi dengan baik? Coba restart dengan paksa perangkat tersebut. Langkah ini juga dikenal dengan nama hard reboot.

Ada dua cara berbeda yang dapat dilakukan pengguna iPhone untuk hard reboot, sesuaikan saja dengan tipe perangkatnya.

  • Untuk hard reboot iPhone 7 dan versi di atasnya yang tidak punya tombol home fisik, caranya adalah tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan volume bawah selama beberapa detik.
  • Khusus iPhone 6 series ke bawah yang masih punya tombol home fisik, tekan tombol tersebut bersama power selama beberapa detik. Hard reboot berhasil jika iPhone telah menampilkan logo Apple.

Back to Content ↑

2.3. Kalibrasi Baterai

Sebagian orang yang ahli di bidang perbaikan iPhone menyarankan pengguna melakukan kalibrasi baterai untuk mengatasi masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Langkah ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi software sehingga layar iPhone dapat berfungsi kembali.

Kalibrasi baterai sebenarnya sangat mudah dilakukan namun memerlukan kesabaran. Pasalnya, pengguna butuh waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikan prosesnya. Berikut tutorial selengkapnya.

  1. Biarkan iPhone sampai baterainya menyentuh 0% dan mati.
  2. Dalam keadaan mati, sambungkan kabel charger dan biarkan iPhone mengisi baterai dalam keadaan mati.
  3. Tunggu sampai baterai terisi 100% tapi jangan langsung mencabut kabel charger.
  4. Biarkan iPhone dicharge lagi selama 2 jam setelah mencapai 100%.
  5. Sekarang cabut kabel charger dan nyalakan iPhone dengan cara menekan dan tahan tombol power.
  6. Jika sudah nyala, biarkan sampai baterai iPhone habis lagi.
  7. Ulangi step kedua sampai kelima.
  8. Coba klik atau sentuh layar iPhone dan lihat bagaimana responnya.

Back to Content ↑

2.4. Ganti Layar

Kalau layar iPhone tidak berfungsi sebagian akibat jatuh terbentur dan mengalami retak, jalan satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mengganti layar.

Benturan yang sangat keras memang sering berakibat fatal. Bahkan hal ini juga bisa menjadi penyebab layar iPhone mati tapi mesin hidup.

Untuk mengganti layar, sebaiknya pengguna iPhone mengunjungi Apple Authorized Service Provider untuk mendapatkan sparepart resmi. Pasalnya, sparepart OEM atau tiruan tidak lebih baik dibanding yang asli.

Harganya memang cukup mahal dibandingkan sparepart non resmi. Namun pengguna akan mendapatkan kualitas produk yang baik. Berbeda dengan sparepart OEM yang mungkin akan memberikan pengalaman penggunaan yang kurang baik kepada pengguna.

Back to Content ↑

Jika Anda dihadapkan pada situasi layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya, jangan panik. Tetap tenang dan cari tahu apa penyebabnya. Kemudian lakukan langkah-langkah di atas untuk mengatasinya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!