Skip to main content

Penyebab Layar iPhone Mati Tapi Mesin Hidup

Penyebab Layar iPhone Mati Tapi Mesin Hidup

Penyebab Layar iPhone Mati Tapi Mesin Hidup

Permasalahan black screen atau layar yang tiba-tiba blank hitam ketika mesin masih hidup pernah dialami oleh sebagian iPhone. Sebenarnya kasus ini tidak akan terjadi ketika pengguna memahami berbagai penyebab layar iPhone mati tapi mesin hidup serta cara untuk mengatasinya.

Artikel ini akan membahas mengenai berbagai hal yang membuat iPhone mengalami black screen serta cara untuk mengatasinya. Pengguna iPhone sebaiknya membaca artikel ini sampai akhir untuk memahami langkah-langkah penanganan jika menjumpai kasus seperti ini.

TOC / Daftar Isi

1. Penyebab Layar iPhone Mati Tapi Mesin Hidup

Layar iPhone yang mati secara tiba-tiba ketika smartphone masih hidup bisa disebabkan oleh dua permasalahan utama. Permasalahannya ada di software atau hardware. Berikut ini detailnya.

Back to Content ↑

1.1. Aplikasi Mengalami Crash

Penyebab pertama ini yang paling sering dijumpai pada kasus black screen iPhone. Perlu diketahui bahwa pengguna iPhone hanya dapat memilih satu cara untuk mendownload aplikasi, yaitu melalui App Store. Aplikasi di dalamnya juga sudah melalui proses seleksi yang ketat.

Namun tetap saja ada pengguna yang memaksa untuk install aplikasi dari luar App Store. Aplikasi tersebut dapat mengalami bentrok dengan hardware iPhone, dengan iOS, maupun dengan aplikasi lain yang sama-sama diinstall di iPhone tersebut.

Ketika aplikasi mengalami crash, sebenarnya ada gejala awal yang bisa dideteksi pengguna. Salah satu gejalanya adalah aplikasi tidak merespons input sentuhan dari pengguna. Hal ini dapat berlangsung dalam waktu singkat maupun panjang.

Beberapa aplikasi akan pulih dengan sendirinya setelah menunjukkan gejala tadi. Namun sebagian lainnya akan tetap tidak merespons sampai iPhone mengalami black screen.

Back to Content ↑

1.2. Proses Indeks Ulang File di iOS

Apple selaku produsen iPhone sekaligus pengembang iOS secara rutin memberikan pembaruan sistem operasi. Perlu dipahami pula bahwa iPhone juga kerap mengalami black screen atau keadaan di mana layar ponsel mati namun mesinnya hidup.

Kalau black screen terjadi sesaat setelah pengguna mengupdate versi iOS di ponselnya, hal ini mungkin disebabkan oleh proses indeks file. Pengguna iPhone sebaiknya memahami bahwa iPhone memang selalu mengindeks semua file kembali setelah selesai update iOS.

Jadi, ketika Anda mengalami hal ini setelah mengupdate OS. Sebaiknya tidak usah khawatir. Hal tersebut merupakan kasus yang wajar.

Back to Content ↑

1.3. Proses Update iOS Tidak Selesai

Ketika iPhone mendapatkan jatah update iOS, proses download file updatenya akan dilakukan lebih dulu di awal. Selanjutnya, proses instalasi akan berjalan ketika ponsel sudah melewati proses restart.

Semua pengguna diingatkan melalui pesan di sistem untuk menjaga bahwa iPhone memiliki cukup daya sampai install update selesai. Intinya, pengguna tidak boleh membiarkan iPhone-nya mati selama proses install update.

Apa yang terjadi jika iPhone kehabisan daya dan mati di tengah-tengah proses update? Akibat yang paling sering dijumpai oleh pengguna adalah terjadinya black screen. Mesin iPhone akan hidup (ditandai dengan suhu ponsel menghangat) namun layar masih tetap hitam.

Back to Content ↑

1.4. Kerusakan Layar

Penyebab layar iPhone mati yang selanjutnya adalah kerusakan pada hardware, yaitu layar itu sendiri. Umumnya, kerusakan pada layar timbul setelah iPhone mengalami benturan atau jatuh dari ketinggian. Benturan yang keras berpotensi untuk merusak hardware iPhone, termasuk bagian layarnya.

Kerusakan layar mungkin saja tidak tampak secara fisik namun tiba-tiba tidak berfungsi. Kerusakan pada layar seperti ini biasanya tidak dapat dideteksi oleh orang awam. Namun orang yang sudah familiar dengan iPhone seperti teknisi service mungkin akan lebih paham tentang hal ini.

Back to Content ↑

1.5. Kerusakan IC Display

Selain kerusakan layar panel touchscreen, kasus black screen juga dapat disebabkan oleh IC Display yang mengalami kerusakan. Kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh benturan yang teramat keras. Di samping itu, usia iPhone yang sudah tua juga turut memperburuk kondisi IC Display.

Back to Content ↑

2. Cara Mengatasi Layar iPhone Mati Tapi Mesin Hidup

Setelah mengetahui penyebab layar iPhone mati sementara mesin masih tetap aktif, sekarang saatnya untuk mengetahui cara mengatasinya.

Back to Content ↑

2.1. Hard Reboot

Untuk permasalahan black screen yang disebabkan oleh gangguan software, pengguna bisa mengatasinya dengan cara hard reboot.

Hard reboot sendiri merupakan upaya untuk memulai ulang perangkat iPhone secara paksa. Karena layar tidak dapat menampilkan apapun, maka prosedur restart biasanya tak dapat dilakukan. Sebagai gantinya, pengguna bisa melakukan hard reboot.

Cara untuk melakukan hard reboot ini berbeda-beda pada setiap seri iPhone. Supaya lebih memahaminya, berikut ini panduan hard reboot untuk setiap seri iPhone.

a) iPhone 5 & 6 Series

Khusus untuk iPhone 5 dan 6 Series, Apple menyematkan sebuah tombol home fisik di bagian bawah tengah perangkat. Tombol ini berperan dalam proses hard reboot. Berikut ini langkah-langkah melakukan hard reboot pada iPhone 5 dan 6 Series.

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan tombol home.
  2. Jangan lepaskan jari Anda dari kedua tombol ini sampai layar mati dan nyala kembali serta menampilkan logo Apple.
  3. Lepaskan jari Anda dari kedua tombol tersebut setelah melihat kemunculan logo Apple di layar iPhone.
  4. iOS akan melakukan booting seperti biasa.
  5. Jika Anda berhasil masuk ke bagian tampilan awal atau lock screen pada iPhone, artinya perangkat sudah normal kembali.
b) iPhone 7 Series

iPhone 7 series sebenarnya masih memiliki tombol Home. Namun tombol ini tidak bisa ditekan dan hanya merespons sentuhan. Jadi, pengguna tidak dapat memakai tombol tersebut untuk melakukan hard reboot. Sebagai gantinya, digunakanlah tombol volume. Berikut detailnya.

  1. Tekan tombol power bersamaan dengan volume down atau volume bawah.
  2. Tahan kedua tombol tersebut sampai iPhone mati kemudian reboot.
  3. Lepaskan kedua tombol ketika layar iPhone sudah menunjukkan logo Apple.
  4. Jika proses booting berjalan layar, iPhone akan menunjukkan layar kunci atau lock screen.
c) iPhone 8 , X, 11, dan 12 Series

Cara untuk hard reboot iPhone 8 series keatas cukup berbeda dengan sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

  1. Tekan kemudian tahan pada tombol volume up atau volume atas.
  2. Lakukan hal yang sama pada tombol volume down.
  3. Kemudian tekan serta tahan tombol power.
  4. Lakukan langkah tersebut sampai iPhone merestart dan menampilkan kembali logo Apple.

Back to Content ↑

2.2 Ganti Layar

Apabila layar yang mati disebabkan oleh kerusakan hardware, langkah yang bisa dilakukan adalah melakukan perbaikan atau penggantian hardware. Anda bisa membawa iPhone ke lokasi servis untuk memperbaiki IC Display.

Jika yang bermasalah adalah layar dari iPhone tersebut, langkah satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mengganti dengan yang baru. Sebaiknya selalu gunakan sparepart termasuk layar iPhone yang original. Pasalnya, iOS terbaru bisa mendeteksi sparepart yang asli dan palsu.

Hard reboot serta perbaikan pada layar atau IC display merupakan cara yang paling umum dipakai untuk mengatasi penyebab layar iPhone mati tapi mesin hidup. Jika penasaran dengan seluk beluk iPhone, baca juga artikel yang membahas Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap pada website ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑