Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
Images source: Xten.id

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Oli merupakan salah satu bagian penting yang harus ada di kendaraan, tak terkecuali juga sepeda motor. Tanpa oli, sepeda motor atau kendaraan Anda mesinnya tidak dapat bekerja dengan sangat baik.

Mengapa? Sebab oli ini berfungsi sebagai pelumas sehingga mengurangi gesekan yang menyebabkan kerusakan pada komponen mesin motor. Oli sendiri ada banyak macamnya, yaitu oli mesin untuk melumasi mesin, oli transmisi untuk melumasi sistem transmisi, oli gardan yang berfungsi melancarkan hubungan transmisi ke gardan, dan yang terakhir oli rem untuk melumasi rem.

Demi menjaga performa tetap prima, maka ganti oli motor harus rutin dilakukan. Terutama ketika motor Anda sudah menempuh jarak hingga 3000 Km.

TOC / Daftar Isi

Apa Akibatnya Kalau Tidak Ganti Oli Motor Matic?

Sebelum kita bahas oli motor terbaik, ayo bahas dulu sedikit apa akibatnya kalau nggak pernah ganti oli motor. Karena walaupun banyak orang yang rutin ganti oli tiap 2 atau 3 bulan sekali, nggak semua orang tahu apa akibatnya kalau oli gak diganti.

Nah, inilah akibat kalau oli motor tidak diganti tepat waktu.

Back to Content ↑

1. Sering Overheat

Masalah yang pertama, motor bakal sering overheat alias mesinnya jadi super panas. Walaupun cuma dipakai sebentar, tiba-tiba mesin jadi panas sampai ngebul dan berasap. Kalau udah kejadian kaya gini, pastinya kita jadi panik dan takut.

Mesin yang gak pernah diganti oli akan overheat karena kekurangan cairan pendingin. Sebab selain untuk pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tidak cepat panas meskipun ada pembakaran yang terus-terusan terjadi di dalamnya.

Mesin motor matic yang sudah berkali-kali overheat bisa jadi aus, dan lama-lama jadi rusak.

Back to Content ↑

2. Penggunaan Bensin Jadi Boros

Motor matic memang terkenal membutuhkan bensin yang lebih irit daripada motor manual. Tapi jika jarang diganti oli, pemakaian bensin motor malah jadi makin boros. Bahkan bisa 2 kali lipat dari biasanya.

Ini karena, oli pada motor matic berfungsi untuk mempermudah kinerja mesin. Jika jarang diganti, maka kinerja mesin jadi semakin berat dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakan mesin jadi semakin banyak.

Back to Content ↑

3. Tarikan Mesin Jadi Berat

Masih berhubungan dengan kinerja mesin, jarang ganti oli juga bikin tarikan mesin motor jadi semakin berat. Sehingga motor terasa lebih lambat dan bisa lama sampai tujuan.

Padahal jika dihitung, 1 liter bensin yang harusnya bisa digunakan sampai 50 Km. Tapi jika tidak pernah diganti oli, mesin membutuhkan lebih dari 1 liter bensin untuk menempuh jarak perjalanan yang sama.

Oleh karena itu jika Anda ingin bepergian jarak jauh, pastikan ganti oli dulu agar biaya perjalanan lebih irit.

Back to Content ↑

4. Mesin Motor Mati Karena Oli Habis

Yang dimaksud oli habis di sini bukan oli di dalam motor jadi kering, tetapi olinya sudah terlalu kotor dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Karena jika tidak ada kebocoran, harusnya oli tidak akan kering dan terus berputar-putar dalam mesin motor.

Tapi karena ada sisa-sisa pembakaran dari mesin, maka lama kelamaan oli akan jadi kotor. Jika sudah terlalu kotor, oli tidak akan bisa melumasi mesin lagi, apalagi mendinginkannya.

Itulah kenapa mesin bisa tiba-tiba mati, karena saking panasnya dan tidak bisa berfungsi lagi. Tak jarang kerusakannya merambat ke komponen yang lain. Jika sudah seperti ini, pastinya biaya yang harus dikeluarkan lebih besar daripada sekedar ganti oli biasa.

Back to Content ↑

5. Bikin Motor Harus Turun Mesin

Akibat tidak mengganti oli motor yang terakhir ini merupakan mimpi paling buruk bagi semua pemilik motor, yaitu turun mesin. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, motor yang sering tiba-tiba mati dan susah di-starter bisa jadi harus turun mesin.

Turun mesin sendiri artinya adalah membongkar seluruh mesin motor agar bisa meneliti kerusakannya dengan dari dekat.

Tak heran jika biaya memperbaiki kerusakannya mahal, sebab kadang dibutuhkan waktu berminggu-minggu untuk tahu kenapa mesin motor tidak mau menyala. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu ganti oli motor matic dengan rutin dan hanya pilih oli terbaik agar mesin tidak rusak.

Back to Content ↑

Ada Berapa Banyak Jenis Oli untuk Motor Matic?

Sekarang Anda sudah tahu kenapa mengganti oli motor secara rutin itu sangat penting. Lalu, oli jenis apa yang paling cocok untuk digunakan untuk motor matic? Karena ternyata, ada beberapa jenis oli untuk motor, seperti:

  • Mineral Oil
  • Premium Mineral Oil
  • Synthetic Oil
  • Semi-Synthetic Oil

Keempat jenis oli motor tersebut juga memiliki karakteristik, kegunaan, dan bahan dasar yang berbeda-beda. Nah, sekarang mari kita bahas apa saja perbedaan oli yang satu dengan lainnya.

Back to Content ↑

1. Mineral Oil

Mineral Oil adalah jenis oli motor yang harganya paling terjangkau. Bisa dibilang, oli jenis ini adalah yang paling standar dan paling banyak ditemukan di Indonesia.

Tapi bukan berarti Mineral Oil ini berkualitas buruk. Justru untuk pemakaian harian, seperti pulang-pergi kantor di dalam kota dengan cuaca yang tidak terlalu panas, jenis oli ini justru lebih baik. Jadi jika tinggal di daerah Kota Bandung, Bogor, dan sekitarnya, oli jenis inilah yang paling cocok untuk motor Anda.

Yang penting, pengguna Mineral Oil harus rutin mengganti oli setiap sudah jadwalnya.

Back to Content ↑

2. Premium Mineral Oil

Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini adalah jenis "Premium" dari Mineral Oil biasa. Sehingga kondisi olinya lebih murni dengan kemasan yang lebih bagus.

Dibandingkan Mineral Oil biasa, Premium Mineral Oil bisa tahan lebih lama dalam melumasi mesin dan mendinginkan temperatur-nya. Meskipun begitu, pemakaiannya tetap lebih cocok untuk jalanan dalam kota yang notabene-nya rata dan tidak banyak lubang.

Back to Content ↑

3. Synthetic Oil

Synthetic Oil adalah jenis oli yang dikembangkan langsung di laboratorium khusus dengan menggunakan bahan kimia agar bisa bertahan di kondisi suhu tinggi dan rendah. Proses filter atau penyaringan oli ini juga dilakukan berkali-kali demi mendapatkan hasil oli paling murni.

Jenis Oli Synthetic biasanya digunakan untuk motor dalam beberapa kondisi khusus, seperti:

  • Motor dengan Cc besar
  • Motor yang digunakan untuk balapan
  • Motor yang digunakan dalam jangka panjang dan di daerah panas

Meskipun begitu, Synthetic Oil tetap bisa digunakan untuk motor dengan Cc rendah seperti di bawah 250 Cc. Tapi harganya yang cukup mahal mungkin membuat banyak orang berpikir biayanya tidak sepadan.

Back to Content ↑

4. Semi-Synthetic Oil

Dan yang terakhir adalah Semi-Synthetic Oil, yaitu Premium Oil yang dicampur dengan bahan Additive.

Additive ini adalah bahan kimia dengan banyak fungsi, salah satunya:

  • Sebagai Detergent yang membersihkan oli dari zat campuran lain
  • Sebagai Inhibitor yang dapat mencegah karat
  • Sebagai Friction Modifiers untuk mengurangi gesekan pada mesin
  • Sebagai Demulsifiers yang memisahkan air dengan oli

Semi-Synthetic Oil cocok digunakan untuk semua jenis motor, khususnya untuk motor matic. Tapi untuk berkendara daerah yang sangat panas atau mesin motor ber Cc tinggi, Anda mungkin perlu memilih Synthetic Oil.

Ada banyak sekali oli motor yang beredar di pasaran, namun banyak sekali yang buruk kualitasnya, tidak tahan lama, dan sering kali bocor. Selain itu, cepat habis padahal motor belum dipakai sejauh 100 Km.

Tapi sekarang Anda tak perlu khawatir, karena kini telah ditemukan oli tahan lama dengan kualitas super yang bikin mesin jadi tahan lama. Apakah itu?

Back to Content ↑

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
Images source: Xten.id

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari oli khusus untuk motor matic, pilihan terbaik hanya oli X-TEN!.

X-TEN merupakan produk rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia, menggunakan bahan ESTER (Base Oil Group 5) yang tidak dimiliki oli merek lain pada umumnya.

Hanya oli X-TEN yang bisa memberikan kendaraan / motor matic Anda, Pelumas Tahan Lama dengan Kualitas ★★★★★ (Bintang 5).

X-TEN menyediakan berbagai jenis oli yang bisa digunakan oleh kendaraan Anda seperti Oli Mesin, Oli Gardan, dan juga Auto Chemicals.

Dilansir dari situs Xten.id, Oli X-TEN ini didistribusikan oleh PT Surganya Motor Indonesia (Oli Motor) dan PT Surga Mobil Indonesia (Oli Mobil).

PT Surganya Motor Indonesia berpusat di Jl. H. Dimun Raya BBM No. 109-110 Sukamaju, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Sedangkan PT Surga Mobil Indonesia berpusat di Jl. Pulo Buaran Raya Blok III EE Kav.2-3-6, Cakung, Jakarta Timur, Jakarta.

Sementara itu, yang memproduksi oli motor X-TEN adalah PlanetBan. Sedang untuk oli mobil diproduksi oleh Mobeng.

Back to Content ↑

Apa Saja Keunggulan Oli X-TEN?

Produksi dan Laboratorium Oli X-TEN

Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia adalah X-TEN. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan, karena oli yang satu ini memang memiliki banyak sekali keunggulan. Apa sajakah itu?

Back to Content ↑

1. Olinya Tahan Lama

X-TEN Olinya Tahan Lama
Images source: Xten.id

Salah satu keunggulan dari Oli X-TEN adalah olinya yang tahan lama. Jauh lebih tahan lama dari oli merek lain pada umumnya.

Jika oli lain hanya mampu tahan 2000-3000 Km saja, maka jika motor matic Anda dilumasi oli X-TEN bisa menempuh jarak hingga 5000 Km. Ketahanan ini tidak terlepas dari bahan Ester yang digunakan dan juga oli ini memiliki tingkat penguapan yang sangat rendah.

Back to Content ↑

2. Tarikannya Enteng

X-TEN Entengnya Tahan Lama
Images source: Xten.id

Setelah motor matic Anda memakai Oli X-TEN, silakan rasakan sendiri tarikannya yang jadi lebih enteng. Tidak lagi berat seperti sebelumnya.

Walau Anda mengendarai motor tersebut hingga 5000 Km, tarikannya tetap enteng dan akan terus enteng. Oli X-TEN tahan terhadap panas sehingga performa mesin tetap baik meskipun dalam kondisi temperatur tinggi.

Back to Content ↑

3. Buat Mesin Tahan Lama

X-TEN Buat Mesin Tahan Lama
Images source: Xten.id

Anda wajib coba menggunakan oli X-TEN karena oli ini bisa membuat mesin motor matic Anda menjadi lebih tahan lama dan tidak cepat aus atau rusak.

Meski digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, tingkat keausannya hanya 5-10% saja. Oli X-TEN dibekali dengan lapisan bahan Ester yang mampu melindungi mesin dari gesekan.

Tak cukup sampai disitu saja, memakai X-TEN bisa lebih irit BBM. Perjalanan jauh pun tak perlu khawatir kehabisan bensin.

Back to Content ↑

4. Telah Digunakan Oleh Banyak Motor

1.727.823 Motor yang Telah Menggunakan Oli X-TEN

Oli X-TEN bukanlah oli biasa, melainkan oli yang sangat istimewa. Terbukti sudah banyaknya motor tak terkecuali itu motor matic telah menggunakan oli yang satu ini.

Sampai saat ini, total sudah ada 1.727.823 motor yang mesin dan juga transmisinya sudah dilapisi oli X-TEN. Jumlahnya akan terus bertambah hanya saja belum terupdate.

Back to Content ↑

5. Sangat Mudah Didapatkan

Nggak perlu sampai menempuh perjalanan jauh, karena oli yang satu ini sangat mudah didapatkan. Berbekal sistem Direct to Customer, oli langsung bisa menjangkau Anda dari dekat karena hanya ada di PlanetBan dan Mobeng.

Dari pabrik langsung ke Anda melalui PlanetBan dan Mobeng. Tidak seperti lainnya yang harus melalui DistributorGrosirBengkelKonsumen, sehingga sampainya lebih lama dan ini yang membuat harganya semakin mahal.

Bagi Anda sedang mencari oli motor matic, maka Anda cukup mencarinya melalui PlanetBan. Tanpa perlu berkeliling lagi sehingga jauh lebih cepat.

Back to Content ↑

6. Telah Berlisensi SNI

Yang pasti, Oli X-TEN ini sudah berstandar atau berlisensi SNI (Standar Nasional Indonesia). Menandakan oli yang satu ini sudah sangat teruji dan dibuktikan dengan lisensi yang langsung diberikan oleh pihak berwenang.

Tak cukup sampai disitu saja, Oli X-TEN bahkan juga mendapatkan sertifikasi langsung dari negara Jepang yaitu JASO. Ini membuktikan bahwasanya oli X-TEN bukan hanya diakui secara nasional, melainkan juga internasional.

Oli X-TEN motor tercatat bernomor lisensi SNI 7069.5:2012. Sedangkan untuk Oli X-TEN mobil bernomor lisensi SNI 7069.2:2012.

Back to Content ↑

7. Harga yang Terjangkau

X-TEN memang merupakan rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Meski begitu hal tersebut tidak membuat harganya jadi selangit.

Anda tetap bisa mendapatkan oli motor matic X-TEN dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan kurang dari 100 ribuan, serta ada yang kurang dari 40 ribuan.

Sangat terjangkau dan murah bukan?

Back to Content ↑

Apa Saja Produk Oli X-TEN Motor Matic dari PlanetBan?

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari oli terbaik untuk sepeda motor matic kesayangan, PlanetBan sudah menyediakan berbagai produknya yang bisa Anda coba.

Apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

Back to Content ↑

1. X-TEN 10W40 MATIC

X-TEN 10W40 MATIC
Images source: Xten.id

Produk oli motor matic terbaik pertama adalah X-TEN 10W40 Matic. Oli ini ditujukan kepada motor matic dengan kapasitas mesin 110-125 Cc.

Memiliki degradasi yang minim dengan waktu pergantian oli yang relatif 2X lebih lama daripada oli lainnya, yaitu setiap ±5000 Km.

Serta tetap prima pada suhu yang tinggi, untuk menjaga akselerasi motor tetap stabil.

Harga Rp 45.000 saja

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN 10W40 Matic:
  • Viskositas: SAE 10W-40
  • Sertifikasi: JASO MB / API SL
  • Isi: 800ml
  • SNI: 7069:2:2012

Back to Content ↑

2. X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40 (X-DEM 10W40)

X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40 (X-DEM 10W40)
Images source: Xten.id

Oli X-TEN Double Ester Matic 10W40 (X-DEM 10W40) merupakan produk rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang dikhususkan untuk sepeda motor sport matic 150 Cc.

Memiliki bahan Double Ester dan Anda akan merasakan performa berkendara terbaik setelah mengisi motor sport matic dengan oli X-TEN yang satu ini.

Harga hanya Rp 125.000 Rp 89.000

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN Double Ester Matic 10W40 (X-DEM 10W40):
  • Viskositas: SAE 10W-40
  • Sertifikasi: JASO MB / API SN
  • Isi: 900ml
  • NPT: KESDM RI XC002E1104010519

Back to Content ↑

3. X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30 (X-DEM 10W30)

X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30 (X-DEM 10W30)
Images source: Xten.id

Oli X-TEN Double Ester Matic 10W30 (X-DEM 10W30) ini sama halnya dengan X-TEN Double Ester Matic 10W40 untuk motor sport matic 150 Cc. Memiliki bahan Double Ester hanya beda ditingkat kekentalan / viskositas oli.

Anda dapat berkendara dengan sensasi terbaik pula setelah melumasi motor sport matic dengan produk rekomendasi oli motor X-TEN yang satu ini.

Harga hanya Rp 120.000 Rp 83.000

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN Double Ester Matic 10W30 (X-DEM 10W30):
  • Viskositas: SAE 10W-30
  • Sertifikasi: JASO MB / API SN
  • Isi: 800ml
  • NPT: KESDM RI XC002E1104010519

Back to Content ↑

4. X-TEN MAX SUPER MATIC

X-TEN MAX SUPER MATIC
Images source: Xten.id

Produk X-TEN MAX Super Matic ditujukan untuk motor matic di atas 150 Cc. Oli ini memberikan lapisan film yang sangat baik hingga celah terkecil, sehingga tetap prima pada suhu dan RPM tinggi. Waktu penggantian 2X lebih lama dari oli biasa lainnya (Setiap ±5000 Km).

Harga Rp 60.000 saja

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN MAX Super Matic:
  • Viskositas: SAE 10W-40
  • Sertifikasi: JASO MB / API SL
  • Isi: 1000ml
  • SNI 7069:2:2012

Back to Content ↑

5. X-TEN 10W30 MATIC

X-TEN 10W30 MATIC
Images source: Xten.id

Oli X-TEN tipe 10W30 MATIC ini dikhususnya untuk sepeda motor / kendaraan matic 125-150 Cc.

Produk rekomendasi oli motor matic terbaik ini memiliki degradasi yang minim, serta waktu pergantian oli yang 2X lebih lama daripada oli lainnya (Setiap ±5000 Km).

Oli X-TEN ini tetap prima pada suhu yang tinggi, untuk menjaga akselerasi motor tetap stabil.

Harga Rp 45.000 saja

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN 10W30 MATIC:
  • Viskositas: SAE 10W-30
  • Sertifikasi: JASO MB / API SL
  • Isi: 800ml
  • SNI 7069:2:2012

Back to Content ↑

Nah jadi, jangan sampai salah pilih lagi!. Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia dan tahan lama hanya oli X-TEN dari PlanetBan, bukan yang lainnya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!