Skip to main content

Cara Mengatasi Could Not Activate iPhone

Cara Mengatasi Could Not Activate iPhone

Cara Mengatasi Could Not Activate iPhone

Sebelum digunakan untuk pertama kali, iPhone harus melewati proses aktivasi terlebih dahulu. Namun sebagian pengguna mungkin saja gagal dalam langkah ini dan mendapatkan pesan “could not activate iPhone”. Jika mengalami hal serupa, simak cara mengatasi could not activate iPhone di artikel ini.

iPhone yang gagal melalui proses aktivasi tidak akan bisa digunakan dengan semestinya. Oleh karena itu, pengguna harus segera mencari solusinya.

TOC / Daftar Isi

1. Pastikan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mempelajari cara untuk mengatasi could not activate iPhone, sebaiknya pastikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Back to Content ↑

1.1. Bukan iPhone Jailbreak

Kegagalan aktivasi sering dialami oleh iPhone yang disetel ke mode Jailbreak. Jailbreaking sendiri merupakan upaya untuk menembus sistem iPhone secara mendalam sehingga pengguna dapat melakukan modifikasi sistem. Istilah lainnya adalah rooting.

Jika Anda gagal melakukan aktivasi pada iPhone jailbreak, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah un-jailbreaking.

Back to Content ↑

1.2. iCloud Tidak Terkunci

Hal kedua yang mesti dipastikan adalah terkunci atau tidaknya iCloud di iPhone tersebut. Hal ini mesti dipastikan apabila Anda membeli iPhone dalam kondisi bekas atau second.

Apabila iPhone tersebut memiliki iCloud yang terkunci, satu-satunya cara untuk aktivasi adalah menggunakan username dan password dari pengguna sebelumnya.

Back to Content ↑

1.3. Koneksi Internet Lancar

Saat melakukan aktivasi iPhone, Anda memerlukan koneksi yang stabil dari Wi-Fi maupun jaringan seluler. Pastikan bahwa jaringan yang Anda pakai dapat dipakai untuk akses internet dengan lancar. Pasalnya, iPhone mungkin saja gagal aktivasi karena permasalahan jaringan.

Back to Content ↑

1.4. Server Aktivasi iPhone Tidak Bermasalah

Kegagalan aktivasi iPhone pun dapat diakibatkan oleh server yang sedang bermasalah. Jika sudah memastikan bahwa koneksi internet lancar, pastikan juga kondisi server aktivasi iPhone. Apabila sedang bermasalah, sebaiknya Anda tunggu beberapa menit hingga normal kembali.

Back to Content ↑

2. Cara Mengatasi Could Not Activate iPhone

Setelah memastikan beberapa langkah di atas, sekarang waktunya untuk mengetahui cara-cara melakukan aktivasi iPhone sampai berhasil.

Back to Content ↑

2.1. Restart iPhone

Pertama, Anda perlu melakukan restart terlebih dahulu agar seluruh proses yang berjalan di layar belakang akan dihentikan dan dimulai ulang. Setelah restart, kemungkinan seluruh proses di iPhone dapat berjalan dengan normal dan lancar.

Setelah melakukan restart, Anda dapat langsung memulai proses aktivasi kembali secara langsung. Namun Anda lebih disarankan untuk melakukan langkah selanjutnya, yaitu mengganti jenis jaringan. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan koneksi yang terbaik.

Back to Content ↑

2.2. Ganti Jenis Koneksi

Berikutnya, coba ganti jenis koneksi yang Anda pakai di iPhone. Misalnya Anda menggunakan jaringan seluler, coba pindahkan ke koneksi Wi-Fi yang mumpuni. Sebaliknya, apabila Anda menggunakan Wi-Fi, coba pindah ke jaringan seluler. Pastikan bahwa koneksinya lancar dan stabil.

Cobalah untuk melakukan aktivasi ulang dengan jaringan yang baru. Apabila masih gagal, mungkin disebabkan oleh server yang bermasalah. Sebaiknya tunggu beberapa menit atau jam untuk mengulangi proses yang sama.

Back to Content ↑

2.3. Periksa dengan Bantuan iTunes

Langkah terakhir yang dapat dilakukan pengguna yaitu mencoba aktivasi iPhone memakai iTunes. Caranya dapat Anda simak di bawah.

  1. Siapkan laptop/PC Mac maupun Windows.
  2. Pastikan perangkat tersebut sudah memiliki iTunes terbaru dan terhubung dengan internet yang stabil.
  3. Hubungkan iPhone ke PC/laptop menggunakan kabel USB bawaan.
  4. Tunggu sampai iTunes mendeteksi dan aktivasi iPhone secara otomatis. Selanjutnya, Anda mungkin akan melihat salah satu dari pesan berikut dari iTunes.
    • Pesan “Set up as new” atau “Restore from Backup”, artinya iPhone Anda sudah diaktifkan.
    • Apabila mendapatkan peringatan “SIM card isn’t compatible” atau “SIM card is invalid”, hubungi pihak provider seluler terkait.
    • Pesan “Activation information could not be obtained from the device” atau “activation information is invalid” menandakan bahwa Anda perlu melakukan reset.

Untuk tutorial untuk reset iPhone telah dibahas sebelumnya pada artikel Cara Reset iPhone Lupa Password dan Cara Mengatasi iPhone Restart Terus Menerus.

Back to Content ↑

3.Masih Gagal Aktivasi iPhone?

Sudah melakukan seluruh cara di atas namun masih muncul pesan “Could not activate iPhone”? Jika hal ini terjadi pada perangkat Anda, sebaiknya segera datang ke lokasi pembelian iPhone untuk mengklaim garansi karena perangkat yang Anda beli tidak dapat diaktifkan.

Hal ini hanya berlaku untuk iPhone yang dibeli secara resmi pada Apple Authorized Reseller. Salah satu contohnya di Indonesia adalah iBox. Pastikan juga Anda masih memiliki garansi atas perangkat tersebut.

Untuk iPhone yang tidak dibeli di tempat yang resmi, Anda tetap bisa mengklaim garansi serupa. Namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa pihak penjual atau distributor akan menerima komplain dari Anda. Oleh karena itu, belilah iPhone hanya di tempat yang resmi agar keamanan terjamin.

Back to Content ↑

Apakah Anda sudah berhasil mencoba cara mengatasi could not activate iPhone di atas? Apabila iPhone telah berhasil melalui langkah aktivasi, sekarang Anda perlu memahami Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Tutorial tersebut perlu dipahami oleh pengguna baru iPhone agar tidak bingung. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!