Skip to main content

Cara Mengatasi iPhone Restart Terus Menerus

Cara Mengatasi iPhone Restart Terus Menerus

Cara Mengatasi iPhone Restart Terus Menerus

iPhone dikenal sebagai smartphone yang sangat canggih dan lebih baik dibandingkan Android dari berbagai sisi. Namun hal ini bukan berarti bahwa iPhone tidak bisa rusak. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi iPhone restart terus menerus.

Dalam beberapa kasus, iPhone stuck di logo saat coba dinyalakan. Selanjutnya, perangkat akan restart dirinya sendiri secara terus menerus. Karena sebagian pengguna iPhone telah mengalami peristiwa seperti, Anda juga perlu memahami cara mengatasinya agar tidak bingung.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Mengatasi iPhone Restart Terus Menerus

Apabila iPhone Anda mengalami restart berulang dan gagal booting sistem operasi, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Back to Content ↑

1.1. Update iOS

iPhone yang restart secara terus menerus mungkin saja disebabkan oleh bug pada iOS. Apabila restart berulang disebabkan oleh bug pada OS, biasanya tak hanya satu atau dua pengguna saja yang mengalaminya. Mungkin akan ada banyak pengguna yang mengalami hal serupa.

Bug seperti ini hanya bisa diatasi apabila Apple memberikan software update untuk iOS miliknya. Kemudian pengguna diharuskan untuk melakukan update iOS agar masalah restart yang berulang dapat diatasi. Untuk melakukan update iOS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan iPhone terhubung dengan Wi-Fi berkecepatan tinggi dan stabil.
  2. Bila perlu, sambungkan iPhone dengan sumber listrik untuk mengantisipasi habisnya daya baterai selama proses update.
  3. Jika sudah siap, buka Settings dengan menekan icon yang tersedia di halaman home.
  4. Masuk ke sub menu General, kemudian pilih opsi Software Update.
  5. Di halaman selanjutnya, Anda akan melihat tombol Install Now apabila ada pembaruan yang tersedia. Klik pada tombol tersebut.
  6. Selanjutnya klik tombol Download and Install.
  7. Anda akan diminta untuk memasukkan passcode atau password yang biasa dipakai untuk membuka kunci layar iPhone. Lupa dengan passcode Anda sendiri? Pelajari langkah untuk mengatasinya pada artikel cara reset iPhone lupa password.
  8. Terakhir, klik pada tombol Install Now dan biarkan proses download hingga install update iOS berakhir.

Back to Content ↑

1.2. Reset ke Setelan Pabrik

Apabila Anda tidak mendapatkan update seperti yang dijelaskan pada cara pertama, alternatifnya adalah mengembalikan iPhone ke pengaturan semula. Cara reset pabrik iPhone sebenarnya telah dibahas secara lengkap pada artikel lainnya. Di bawah ini adalah tutorial singkatnya.

  1. Pertama, buka Settings terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke halaman Settings, klik pada menu General.
  3. Scroll ke bagian bawah, kemudian temukan dan klik menu Reset.
  4. Pilihlah opsi Reset All Settings di halaman Reset. Hati-hati saat memilih, jangan sampai Anda salah klik opsi yang lain.

Langkah yang dilakukan diatas hanya akan mengembalikan iPhone ke setelan semula namun tidak menghapus data-data didalamnya.

Back to Content ↑

1.3. Ganti Baterai

Kemungkinan lain penyebab iPhone yang restart terus menerus adalah battery health yang sudah sangat rendah. iPhone melakukan restart secara otomatis untuk memastikan bahwa baterainya dalam kondisi yang bagus.

Apabila baterai sudah rusak dan kesehatannya sudah turun drastis, kemungkinan besar akan terus menerus melakukan restart.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera lakukan penggantian baterai tanpa menunggu fisiknya menggembung.

Back to Content ↑

1.4. Servis Mesin iPhone

Mesin atau logic board dapat mengalami kerusakan yang membuat iPhone dapat restart dengan sendirinya. Kerusakan ini akan terdeteksi apabila Anda sudah melakukan semua cara di atas namun iPhone masih tetap sering restart dirinya sendiri.

Servis mesin iPhone sebaiknya hanya dilakukan oleh profesional. Anda tidak disarankan untuk melakukan pembongkaran sendiri, terlebih dalam kondisi garansi masih aktif.

Memperbaiki mesin iPhone yang sudah rusak seperti ini umumnya memerlukan biaya yang tidak murah. Anda mungkin dapat menghabiskan dana sekitar Rp 750.000 hingga Rp 2.000.000.

Sebelum mempraktikkan cara-cara di atas, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu akar permasalahannya. Jika Anda sama sekali tak mengerti soal ini, sebaiknya bawa saja ke lokasi service iPhone.

Usahakan untuk selalu menggunakan jasa service di lokasi yang memiliki predikat Apple Authorized Service Provider (AASP) atau tempat service resmi iPhone. Namun Anda juga dapat datang ke lokasi service iPhone non resmi yang terpercaya apabila tak menemukan AASP.

Back to Content ↑

2. Antisipasi Agar iPhone Tidak Restart Terus Menerus

Sebelum iPhone Anda mengalami kerusakan, sebaiknya lakukan antisipasi. Ada 2 (dua) cara paling mudah seperti berikut.

Back to Content ↑

2.1. Hindari JailBreak

JailBreak merupakan upaya modifikasi sistem iPhone dengan mengakses rootnya. Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat berakibat fatal pada iPhone. Perangkat Anda akan lebih rentan terhadap virus dan rentan pula mengalami crash sehingga gampang restart sendiri.

Back to Content ↑

2.2. Selalu Pakai Charger dan Kabel Asli

Hindari kerusakan baterai iPhone dengan cara menggunakan charger serta kabel USB original iPhone. Apabila terpaksa menggunakan aksesoris non original, pastikan bahwa aksesoris tersebut sudah bersertifikat MFi (Made for iPhone/iPad/iPod).

Back to Content ↑

Kini Anda telah memahami cara mengatasi iPhone restart terus menerus dan cara mencegahnya. Sebaiknya lengkapi pengetahuan Anda dengan membaca lebih banyak Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap agar dapat memaksimalkan fungsi iPhone itu sendiri. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!