Skip to main content

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android dan iOS

Bagi Anda para pengguna setia jejaring media sosial Instagram, tentunya sudah tidak asing lagi dengan fitur dark mode. Sebenarnya, cara mengaktifkan dark mode Instagram di Android dan iOS relatif cukup mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit ataupun ribet.

Dark mode menjadi salah satu fitur penting dan juga menarik yang banyak dinantikan oleh sejumlah pengguna aplikasi jejaring media sosial tersebut. Pasalnya, keberadaan fitur berupa dark mode ini dapat digunakan untuk membantu para pemilik ponsel pintar untuk lebih menghemat konsumsi daya baterai yang dimilikinya.

Selain itu menggunakan fitur dark mode juga akan membuat pandangan mata menjadi semakin nyaman terlebih ketika Anda harus menatap layar ponsel secara lebih lama. Keberadaan fungsi mode gelap ini tentunya bisa memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kesehatan pandangan mata yang Anda miliki.

TOC / Daftar Isi

Mengenal Apa Itu Fitur Dark Mode

Mode gelap atau yang juga dikenal dengan sebutan dark mode merupakan suatu mode tambahan yang dapat digunakan untuk menampilkan sebagian besar permukaan tampilan User Interface (UI) pada layar menjadi gelap.

Fitur ini mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat namun tetap mempertahankan rasio kontras warna minimum yang dibutuhkan untuk keterbacaan fitur-fitur ataupun aplikasi pada saat mode gelap tersebut dinyalakan.

Fitur mode gelap termasuk fitur yang cukup baru untuk penggunaan di ponsel. Dan saat ini sistem operasi smartphone terbaru sudah banyak yang mendukung keberadaan mode gelap baik itu pada perangkat berbasis Android maupun juga perangkat yang menggunakan basis operasi iOS.

Back to Content ↑

Keunggulan Menggunakan Fitur Gelap Pada Ponsel

Sebelum mengulas secara lebih lanjut terkait dengan cara mengaktifkan dark mode Instagram di Android dan iOS, terlebih dahulu perlu diulas mengenai keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan fitur mode gelap pada ponsel. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan fitur mode gelap.

Back to Content ↑

1. Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Ergonomi Visual

Keunggulan atau manfaat yang pertama dari penggunaan mode gelap pada ponsel adalah bisa digunakan untuk meningkatkan ergonomi tampilan visual yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Dengan warna yang lebih gelap namun tetap mempertahankan rasio kontras untuk keterbacaan, maka hal ini dapat digunakan untuk mengurangi ketegangan pada mata.

Menurunnya tingkat ketegangan pada mata akibat penggunaan mode gelap tentu akan membuat Anda menjadi semakin nyaman dalam menggunakan ponsel untuk berbagai kebutuhan karena mata tidak menjadi cepat lelah karena pencahayaan yang berlebihan.

Back to Content ↑

2. Fleksibel Dalam Menyesuaikan Dengan Tingkat Pencahayaan

Keunggulan berikutnya dari fitur mode gelap adalah bisa lebih menyesuaikan dengan tingkat pencahayaan yang ada. Penggunaan fitur mode gelap akan memungkinkan perangkat untuk bisa memfasilitasi layar agar dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada dan memberikan kenyamanan penggunaan di malam hari ataupun pada lingkungan yang lebih gelap.

Maka dari itu, ketika ponsel menyalakan mode gelap pada ponsel bisa memberikan dampak berupa lebih ramah kepada para pengguna meski digunakan di malam hari serta memberikan dampak yang lebih optimal.

Back to Content ↑

3. Menghemat Konsumsi Daya Baterai

Keunggulan berikutnya yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan fitur dark mode adalah dapat digunakan untuk lebih menghemat konsumsi daya baterai yang Anda miliki. Ketika Anda menyalakan fitur mode gelap maka tingkat kecerahan pun akan menjadi lebih berkurang namun tetap memiliki tingkat kontras yang baik untuk keterbacaan.

Dengan adanya pengurangan tingkat kecerahan ini tentunya akan menurunkan tingkat konsumsi daya baterai pada ponsel yang Anda miliki. Akibatnya, baterai menjadi lebih awet dan juga lebih tahan lama penggunaannya tanpa perlu sering-sering melakukan pengisian daya.

Back to Content ↑

2 Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android dan iOS

Setelah mengetahui secara sekilas tentang apa itu fitur dark mode dan juga keunggulan yang dimiliki oleh fitur tersebut, kini sudah saatnya Anda untuk mengetahui cara mengaktifkan dark mode Instagram di Android dan iOS.

Back to Content ↑

1. Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android Lewat Menu Pengaturan

Bagi Anda yang menginginkan tampilan mode gelap pada aplikasi Instagram, Anda juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan menu pengaturan yang ada pada ponsel Android Anda. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan untuk menyalakan mode gelap pada Instagram Anda.

  1. Sebelum melakukan pengaktifkan mode gelap atau dark mode pada ponsel Android yang dimiliki, terlebih dahulu pastikan bahwa ponsel Anda sudah mendukung sistem operasi berbasis Android 10. Namun bagi para pengguna produk Samsung, hal ini bukan syarat mutlak karena mode gelap juga bisa digunakan pada sistem One UI.
  2. Jika ponsel yang Anda miliki sudah mendukung tampilan mode gelap, maka Anda hanya perlu pergi ke menu Pengaturan (Settings) dan kemudian silahkan Anda pilih menu Tampilan atau Display lewat ponsel yang Anda miliki.
  3. Selanjutnya Anda bisa memilih Dark Theme dengan cara menekan tombol toogle yang tersedia untuk menyalakan fitur mode gelap pada ponsel yang Anda miliki.
  4. Jika sudah, maka Anda bisa langsung membuka aplikasi Instagram yang Anda miliki untuk mengecek tampilan mode gelap yang dimilikinya.

Cara yang terbilang cukup sederhana untuk menyalakan fitur mode gelap pada ponsel Android Anda.

Back to Content ↑

2. Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram Pada Android Langsung Dari Aplikasi

Apabila perangkat ponsel pintar yang Anda miliki belum mendukung sistem operasi berbasis Android 10, maka Anda bisa menyalakan mode gelap Instagram langsung dari aplikasi yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa cara yang perlu Anda lakukan.

  1. Sebelum mengetahui cara mengaktifkan dark mode Instagram di Android dan iOS langsung lewat aplikasi Instagram, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menggunakan aplikasi Instagram terbaru yang sudah mendukung penggunaan fitur mode gelap.
  2. Jika sudah, Anda bisa mengetuk icon user yang terletak di bagian pojok kanan bawah aplikasi Instagram Anda.
  3. Setelah itu, silakan buka menu Settings atau Pengaturan dengan cara menekan tombol hamburger yang berada di bagian pojok kanan atas.
  4. Kemudian klik pada bagian Theme/Tema dan silakan pilih Dark/Gelap.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya akan mengubah tampilan Instagram Anda menjadi mode gelap dan tidak mengubah tampilan ponsel ataupun aplikasi lain secara keseluruhan.

Back to Content ↑

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram Pada iOS

Bagi Anda para pengguna iPhone yang sudah menggunakan iOS 13, maka berikut adalah beberapa cara menggunakan dark mode Instagram yang bisa dilakukan.

  1. Terlebih dahulu Anda perlu memastikan telah menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru.
  2. Jika sudah, silakan buka bagian Settings kemudian pilih Display & Brightness. Kemudian pada bagian bawah silakan Anda pilih menu Appearance dan kemudian klik pada bagian Dark.
  3. Jika sudah maka Anda bisa membuka aplikasi Instagram Anda untuk melihat tampilan mode gelapnya.

Back to Content ↑

Demikianlah ulasan mengenai cara mengaktifkan Dark mode Instagram di Android dan iOS yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan ulasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi bila ingin menampilkan mode gelap pada aplikasi Instagram yang Anda miliki. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!