Skip to main content

Cara Reset iPhone Lupa Password

Cara Reset iPhone Lupa Password

Cara Reset iPhone Lupa Password

Tidak sengaja lupa passcode atau password merupakan mimpi buruk yang tidak ingin dialami oleh pengguna iPhone. Jika sedang mengalami hal seperti ini, jangan khawatir karena ada solusinya. Anda dapat mempelajari cara reset iPhone lupa password yang akan dibahas di artikel ini.

Password atau passcode pada iPhone biasanya dipakai untuk membuka kunci layar. Di samping itu, passcode juga dibutuhkan untuk mengonfirmasi aksi yang dilakukan pengguna. Oleh karena itu, lupa passcode dapat menjadi bencana bagi pengguna iPhone.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Reset iPhone Lupa Password

Memasukkan password iPhone yang salah berulang kali akan membuat perangkat terkunci. Pengguna pun tidak dapat memasukkan password lagi untuk beberapa saat. Apabila Anda sudah benar-benar tidak bisa ingat paswordnya, permasalahan ini hanya dapat diatasi dengan cara reset pabrik iPhone.

Untuk melakukan reset iPhone, Anda membutuhkan PC maupun laptop untuk mengaktifkan mode restore atau pemulihan. Anda dapat menggunakan laptop Mac OS atau Windows. Versi Windows yang mendukung untuk melakukan cara ini adalah Windows 8 atau yang lebih baru.

Cara ini akan menghapus seluruh data di iPhone termasuk passcode, pengaturan, dan seluruh file di dalamnya. Apabila Anda sudah berhasil menghapus data atau mengembalikan iPhone ke setelan pabrik, data dapat dipulihkan kembali dan mengatur ulang kata sandi.

Inilah dia Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap, khususnya cara reset iPhone lupa password yang perlu Anda pahami.

Back to Content ↑

1.1. Siapkan Laptop atau PC

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah menyiapkan satu unit Macbook, iMac, atau laptop Windows. Kemudian, pastikan bahwa perangkat tersebut sudah diinstall dengan aplikasi Finder atau iTunes.

Untuk laptop Windows, iTunes dapat didownload melalui Microsoft Store. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi situs resmi iTunes untuk mendownloadnya.

Hal terakhir yang harus dipersiapkan adalah kabel USB yang dapat menghubungkan antara iPhone dengan laptop atau PC. Pastikan bahwa kabel USB tersebut masih dapat berfungsi dengan baik sehingga iPhone dapat terdeteksi di PC.

Akan lebih baik apabila Anda menggunakan kabel USB yang disertakan dalam paket pembelian iPhone.

Back to Content ↑

1.2. Matikan iPhone

Pastikan iPhone dalam keadaan stand by dan tidak terhubung dengan PC atau laptop apapun menggunakan kabel USB.

Sekarang waktunya untuk mematikan iPhone. Setiap type iPhone memiliki cara yang berbeda. Sebaiknya perhatikan penjelasan di bawah ini terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan type iPhone yang Anda punya.

  • iPhone 7 Series, SE Generasi 1, iPhone 6 Series, dan seri lebih lama
    Tekan dan tahan tombol power sampai iPhone menampilkan slider.
  • iPhone 8 Series dan seri yang lebih baru
    Tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan volume bawah hingga tampilan slider tampak di layar iPhone.

Setelah itu, Anda dapat langsung menggeser slider yang ada di layar dari arah kiri ke kanan. Setelah itu, iPhone akan mati.

Back to Content ↑

1.3. Aktifkan Mode Pemulihan di iPhone

Step yang ketiga ini perlu dilakukan dengan cepat karena Anda perlu menekan tombol pada iPhone sambil menghubungkan kabel USB agar dapat masuk ke mode recovery atau pemulihan. Setiap seri iPhone pun memiliki cara yang sedikit berbeda. Sebaiknya, perhatikan penjelasannya terlebih dahulu.

  • iPhone 6 Series, iPhone SE generasi pertama, dan seri lain yang lebih lama
    Dalam keadaan iPhone mati, tekan dan tahan tombol home yang ada di bawah layar.
  • iPhone 7 Series
    Tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan volume bawah.
  • iPhone SE generasi kedua, iPhone 8 Series, dan seri yang lebih baru
    Tekan dan tahan tombol power.

Tekan tombol yang tadi sudah disebutkan sambil menancapkan USB ke iPhone dan PC agar keduanya terhubung. Jangan lepaskan tombol-tombol tersebut sampai iPhone menampilkan recovery mode. Apabila iPhone justru mengarah ke lock screen, matikan kembali dan ulangi langkah-langkahnya.

Back to Content ↑

1.4. Restore iPhone

Kini Anda sudah sampai langkah terakhir. Buka aplikasi iTunes atau Finder di PC. Di sana akan muncul pop up yang memberikan keterangan bahwa iPhone Anda bermasalah. Klik pada opsi Restore. Tunggu sampai proses ini selesai. Mungkin akan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit.

Jika sudah selesai, cabut kabel USB dari iPhone dan PC. Nyalakan kembali iPhone dan atur ulang layaknya iPhone baru. Di sini Anda tak perlu memasukkan passcode karena iPhone sudah di reset.

Back to Content ↑

2. Jika Tidak Punya PC atau Laptop

Apabila Anda tidak memiliki PC atau laptop untuk menjalankan tutorial yang telah dijelaskan diatas, pinjamlah dari kawan atau kerabat. Apabila memang tidak ada orang yang memiliki laptop untuk dipinjam, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah meminta bantuan ke tempat service iPhone.

Sebaiknya Anda datang ke lokasi service iPhone resmi untuk meminta bantuan ini. Sebisa mungkin hindari tempat service non resmi untuk alasan keamanan.

Back to Content ↑

Sekarang Anda sudah mengetahui cara reset iPhone lupa password. Jadi, Anda dapat langsung mempraktekkannya untuk menyetel ulang smartphone tersebut dan menggunakannya seperti biasa. Baca juga tutorial lengkap tentang cara restart iPhone hanya di situs ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!