Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

7+ Perangkat Lunak Alternatif Terbaik

7+ Perangkat Lunak Alternatif Terbaik
LibreOffice

7+ Perangkat Lunak Alternatif Terbaik

Bekerja dengan menggunakan komputer, saat ini menjadi aktivitas yang tidak bisa terhindarkan. Hampir semua orang dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer, maka dari itu banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan beberapa perangkat lunak untuk menunjang kebutuhan mereka.

Berkat kebutuhan tersebut, mulai lahir beberapa perangkat lunak yang menawarkan solusi kemudahan mengelola pekerjaan. Namun, beberapa software tersebut dinilai masih terlalu mahal untuk sebagian perusahaan rintisan. Alhasil, banyak penggunaan software ilegal. Tujuannya agar tetap bisa memanfaatkan komputer namun dengan budget yang minim.

Penggunaan software ilegal, memang sampai saat ini masih menjadi masalah yang tidak bisa terhindarkan. Tapi, seiring berjalannya waktu. Mulai banyak masyarakat yang menyadari bahwa mereka telah melakukan hal salah.

Kemudian, banyak masyarakat, perusahaan dan instansi yang mulai membeli software versi aslinya atau tidak jarang juga yang lebih memilih menggunakan software gratisan, jika memang belum mampu untuk membelinya.

Namun, jika Anda memang memiliki budget untuk membelinya, tentu saja ini bukan menjadi masalah dan solusi otomatis terpecahkan. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika belum mampu membelinya? Apakah ada solusi lainnya?

Jawabannya tentu saja ada yaitu menggunakan software gratisan dan tentu saja legal. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini kami akan memaparkan beberapa software gratisan sesuai dengan fungsinya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Pilih yang Aman, Ini Dia 9 Rekomendasi Media Penyimpanan Data 2020

LibreOffice

LibreOffice

Bagi sebuah perusahaan, instansi dan personal aplikasi pengolah kata adalah sesuatu yang wajib hadir di komputer maupun laptop kita, hal itu dikarenakan sekarang semua kebutuhan pembuatan dokumen dari mulai proposal, laporan, pengerjaan tugas kuliah dan lain sebagainya menggunakan komputer dan aplikasi pengolah kata.

Microsoft Office mungkin adalah aplikasi pengolah kata yang lebih familiar, karena memang ini adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan diseluruh dunia. Keluarga office ini memang sudah terbukti memberikan manfaat yang luar biasa untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Akan tetapi, harga yang ditawarkan juga sebanding dengan kemudahan dan fitur yang ditawarkan. Dan untuk sebagian masyarakat, harga yang ditawarkan masih terlalu mahal, sehingga Anda perlu mencari perangkat lunak pengolah kata yang lebih terjangkau dan Anda dapat menggunakan Libre Office sebagai pengganti Microsoft Office, software tersebut gratis!

Back to Content ↑

Aplikasi Grafis GIMP

GIMP

Apakah Anda mengenal photoshop dan corel draw? Ya, kedua aplikasi tersebut adalah salah satu aplikasi grafis populer di dunia yang sampai saat ini masih memegang kepopuleranya. Hanya saja seperti Microsoft Office, aplikasi tersebut menawarkan harga yang dinilai masih terlalu mahal.

Maka dari itu bagi Anda yang memiliki keterbatasan anggaran untuk melakukan pembelian Photoshop dan Corel Draw, maka aplikasi bernama GIMP atau kepanjangan dari GNU Image Manipulation bisa menjadi solusi terbaik.

Pasalnya, GIMP memiliki fitur dan performa yang cukup baik dan bisa dibilang persis dengan photoshop, sehingga aplikasi ini bisa menjadi pengganti photoshop untuk melakukan editing gambar dan grafis lainnya.

Back to Content ↑

Inkscape

Inkscape

Jika Anda sedang mencari perangkat lunak alternatif dari Adobe Illustrator, maka Inkscape bisa menjadi solusi terbaik. Karena software yang satu ini dirancang memang untuk kebutuhan pekerjaan grafis vektor.

Anda bisa membuat logo, desain karakter dan lainnya. Bahkan format dokumen besar yang ditujukan untuk dicetak bisa dengan mudah dibuat dengan menggunakan aplikasi tersebut. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan Inkscape Anda sudah bisa menghemat uang karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk penggunaan aplikasinya.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kendala yang Anda alami, karena Inkscape memiliki beberapa komunitas pengguna yang bisa membantu Anda.

Back to Content ↑

Blender 3D

Blender 3D

Bagi Anda yang bekerja di bidang desain 3D, cetak 3D bahkan animasi 3D dan Anda kekurangan budget untuk membeli lisensi software berbayar untuk membuat hal tersebut. Maka kami merekomendasikan aplikasi bernama Blender dan perangkat lunak yang satu ini memiliki tools yang kaya akan manfaat.

Bahkan telah banyak perusahaan animasi yang memanfaatkan software tersebut sebagai aplikasi utama dalam pembuatan animasi komersil. Perangkat lunak yang satu ini sudah tersedia di Windows dan Linux.

Back to Content ↑

Anti Virus AVIRA dan Sophos

Anti Virus AVIRA dan Sophos

Perangkat lunak gratis tidak hanya ada untuk kebutuhan perkantoran dan desain saja, kebutuhan keamanan komputer dari serangan virus juga tersedia perangkat lunak gratis. Dan meskipun gratis, performa yang dihasilkan juga sangat baik dalam menghalau serangan virus yang tidak diinginkan.

Perangkat lunak gratis untuk anti virus tersebut adalah Avira tersedia di Windows. Dengan perangkat lunak anti virus ini, Anda sudah tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk membasmi virus yang menyerang.

Bagi pengguna Mac OS juga ada anti virus yang gratis namun powerful dan nama anti virus tersebut adalah Sophos. Kedua aplikasi tersebut kami rekomendasikan untuk melindungi komputer Anda dari serangan virus yang berbahaya.

Back to Content ↑

LMMS

LMMS

LMMS kepanjangan dari Linux MultiMedia Studio yang telah menjadi perangkat lunak alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mengganti perangkat lunak yang berbayar. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak sekali, seperti fitur untuk melakukan editing multi-track dengan menggunakan Audacity, melakukan rekaman sederhana dan editing audio lainnya.

Tidak hanya itu saja, software ini juga bisa melakukan sequencing, penyusunan, pencampuran dan juga editing untuk melakukan pencampuran efek, built-in instrument, loop dan juga suara yang lainnya.

Semua itu tersedia di LMMS dan software ini tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux dan MacOS.

Back to Content ↑

Davinci Resolve

Davinci Resolve

Sebagian yang bekerja di industri editing video hampir putus asa mencari software yang mumpuni namun gratis, terutama jika dibandingkan dengan aplikasi editing yang sudah populer saat ini sebut saja Adobe Premiere dan iMovie.

Tapi, tenang saja. Karena sekarang telah hadir aplikasi bernama Davinci Resolve yang bisa dibilang satu-satunya perangkat lunak alternatif yang gratis dan mumpuni untuk kebutuhan editing video. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengedit video dan juga mengolahnya.

Hasilnya tidak kalah dengan software berbayar seperti Adobe Premiere. Dan aplikasi ini sudah tersedia untuk pengguna sistem operasi Windows dan juga MacOS.

Back to Content ↑

VirtualBox

VirtualBox

Berikutnya ada software gratis yang juga tersedia di tiga sistem operasi besar seperti Windows, MacOS dan Linux, software tersebut adalah virtualbox yang merupakan salah satu perangkat lunak gratis terbaik dan paling efisien dengan kaya fitur yang tidak tertandingi.

Jika Anda terbiasa menggunakan software Fusion atau Parallels, maka software yang satu ini bisa menjadi pengganti dari kedua aplikasi tersebut.

Back to Content ↑

G Suite

G Suite

Perangkat lunak terakhir adalah G Suite yang di dalamnya mencangkup Google Drive dan Google Docs. G Suite adalah satu perangkat lunak berbasis web yang memiliki aneka manfaat bagi penggunanya.

G Suite ini bisa disinkronkan dengan Gmail dan memiliki performa yang cepat, fleksibel dan juga gratis. Perangkat lunak yang satu ini bisa tersedia di berbagai komputer yang memiliki web browser.

Back to Content ↑

Nah itu dia beberapa perangkat lunak alternatif yang bisa Anda coba, tentu saja beberapa dari aplikasi tersebut memiliki system requirements sendiri, jadi sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda miliki ya.

Selamat mencoba. Sekian, Terima Kasih dan Bermanfaat!