Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Catat, 7+ Bahasa Pemrograman Populer Tahun Ini

Catat, 7+ Bahasa Pemrograman Populer Tahun Ini
JAVA

Catat, 7+ Bahasa Pemrograman Populer Tahun Ini

Perkembangan teknologi akan selalu mengalami perkembangan yang cepat, perkembangan teknologi selalu diiringi dengan berkembangnya bahasa pemrograman untuk membuat sebuah teknologi terbaru.

Sampai saat ini, masyarakat telah banyak mengenal bahasa pemrograman dan beberapa diantaranya sedang populer saat ini. Nah, bagi Anda nih yang sedang tertarik dengan dunia pemrograman, ada beberapa bahasa pemrograman yang sampai saat ini masih populer dan Anda bisa mempertimbangkan untuk mempelajarinya.

Maka dari itu untuk Anda yang sedang mencari beberapa referensi bahasa pemrograman apa saja yang yang bisa dipelajari untuk berbagai jenis pekerjaan. Kami akan coba ulas satu persatu untuk Anda.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 8+ Framework Populer Pilihan Para Developer

Pemrograman JAVA

Pemrograman JAVA

Bahasa pemrograman populer pertama adalah JAVA. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di berbagai macam platform dari mulai PC sampai dengan smartphone. Bahasa pemrograman diciptakan oleh James Gosling ketika ia masih bekerja di Sun Microsystems.

Dalam pemberian nama Java untuk bahasa pemrograman tersebut berawal dari ia sedang minum kopi yang digiling secara langsung di pulau Jawa, Indonesia. Selama perkembangannya, sampai saat ini bahasa pemrograman java ini telah menjadi salah satu bahasa pemrograman populer dan telah membantu para programmer dalam membuat perangkat canggih di seluruh dunia.

Hal yang menarik dari bahasa pemrograman yang satu ini bahwa aplikasi yang ada di smartphone Android Anda sekarang menggunakan bahasa pemrograman java untuk membuatnya. Bisa dibilang saat ini untuk perusahaan – perusahaan Fortune 500, sebanyak 90% proses pengembangan backendnya menggunakan Java.

Back to Content ↑

Pemrograman C++

Pemrograman C++

Bahasa pemrograman populer berikutnya adalah C++. Bahasa pemrograman yang satu ini asalnya adalah pemrograman C yang dikembangkan menjadi bahasa pemrograman C++, bisa dibilang bahasa pemrograman C ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah lama ada.

Perbedaan yang mencolok dari kedua bahasa pemrograman ini terletak pada cara dalam menyelesaikan masalah. Jika pada bahasa pemrograman C masalah diselesaikan dengan tahapan prosedur yang membagi kode menjadi beberapa sub masalah kecil.

Sedangkan untuk pemrograman C++ masalah diselesaikan lebih terpusat pada objek. Oleh karena itu, isu yang ada terbagi menjadi beberapa kelas saja. Nah karena memiliki kemampuan yang canggih ini yang mempengaruhi beberapa perusahaan seperti Adobe dan Mozilla Firefox untuk menggunakan bahasa pemrograman C++ ini dan menjadikan bahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer.

Back to Content ↑

Pemrograman Python

Pemrograman Python

Bahasa pemrograman populer lainnya adalah Python, bahasa pemrograman yang satu ini tidak hanya digunakan untuk membuat aplikasi saja, melainkan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan data science.

Kita mengetahui bahwa sekarang ini data science sangat mempengaruhi berbagai sektor bisnis dan bahasa pemrograman Python ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari para pelaku pengembangan data science.

Python memiliki karakteristik bahasa pemrograman yang simpel dan juga elegan, sehingga banyak perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Bagi perusahaan yang sangat aktif mengembangkan AI, bahasa pemrograman yang satu ini sangat diperlukan.

Anda juga tidak perlu khawatir kebingungan ketika menggunakan bahasa pemrograman Python ini dikarenakan ada banyak pustaka dokumentasi yang bisa Anda manfaatkan.

Back to Content ↑

Pemrograman Dart

Pemrograman Dart

Berikutnya adalah bahasa pemrograman Dart. Bahasa pemrograman Dart saat ini menjadi salah satu bahasa pemrograman populer, bahasa pemrograman ini dikembangkan secara langsung oleh Google dan bahasa Dart ini juga berhasil memenuhi kebutuhan dalam pembuatan aplikasi android, web, IoT, back end dan juga game.

Bahasa pemrograman ini memiliki konsep pemrograman yang berorientasi objek dengan struktur kode yang berada dalam sebuah class berisi method dan juga variabel. Dart juga menggunakan C-Style, sehingga Dart memiliki mekanisme yang sangat mirip dengan bahasa pemrograman C, Javascript, Java dan Swift.

Bisa dibilang bahasa pemrograman yang satu ini sangat sesuai dengan pengembangan aplikasi modern dan juga bisa diimplementasikan dengan kinerja yang tinggi. Bagi Anda yang akan mengembangkan aplikasi Android dengan Flutter, maka Dart adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai.

Anda hanya memerlukan codebase untuk bisa mengembangkan aplikasi yang bisa dijalankan berbagai macam platform seperti Web, Android dan juga iOS. Anda bisa lebih mudah mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini karena memang Dart ini dirancang agar bisa lebih mudah dipelajari.

Back to Content ↑

Pemrograman Ruby

Pemrograman Ruby

Di dalam dunia pengembangan website, Ruby adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak digunakan para developer saat ini. Karena bisa dibilang Ruby saat ini adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan perusahaan besar di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, salah satu penunjang Ruby populer di masyarakat adalah karena memiliki komunitas pengguna yang memiliki reputasi anggotanya dikenal sebagai seseorang yang ramah dan juga saling membantu.

Penulisan kode bahasa pemrograman Ruby ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk yang baru masuk ke dunia pemrograman.

Back to Content ↑

Pemrograman PHP

Pemrograman PHP

Masih di dunia pengembangan website, dalam dunia pengembangan website kita sudah mengenal ada bahasa pemrograman PHP. Dan sampai saat ini bahasa pemrograman yang satu ini masih banyak digunakan dan masih bertahan sebagai bahasa pemrograman populer.

Telah banyak perusahaan besar yang menciptakan website mereka dengan bahasa pemrograman PHP, bahkan salah satu CMS terbesar yang ada di dunia yaitu WordPress masih menggunakan bahasa pemrograman populer PHP.

Back to Content ↑

Swift

Swift

Bahasa pemrograman berikutnya adalah Swift yang merupakan salah satu bahasa pemrograman populer saat ini. Bahasa pemrograman yang satu ini pertama kali diluncurkan oleh Apple di WWDC 2014 lalu.

Dan yang menjadi pondasi bahasa pemrograman yang satu ini adanya compiler LLVM dan juga Xcode. Bahasa pemrograman ini populer diantara para programmer yang menggunakan perangkat Apple.

Jika Anda sedang mengembangan aplikasi iOS, maka bahasa pemrograman yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat cocok dan powerful untuk pengguna Apple.

Beberapa produk Apple dan juga aplikasi yang terkenal di kalangan pengguna Apple dibuat dengan bahasa pemrograman Swift.

Back to Content ↑

JavaScript

JavaScript

Apakah Anda pernah menggunakan browser seperti Opera dan juga Internet Explore? Jika iya, apakah Anda tahu juga bahwa aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript?

Ya ini mungkin fakta yang tidak diketahui banyak orang, akan tetapi berkat hal itu banyak orang yang tidak meragukan kemampuan bahasa pemrograman yang satu ini. Karena kecanggihan yang ditawarkan banyak pengguna bisa menyelesaikan pekerjaan mereka dengan sangat cepat.

Sehingga hal tersebut mengantarkan aplikasi ini mendapatkan predikat bahasa pemrograman populer saat ini. Kepopuleran bahasa pemrograman yang satu ini mungkin karena memiliki jumlah tools yang lebih minimalis dan sangat efektif untuk keperluan sehari-hari.

JavaScript juga bisa dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti CSS dan HTML, kemampuannya dalam berkolaborasi tersebut menjadikan bahasa pemrograman Javascript untuk menambah tambahan coding, desain dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Nah itu dia beberapa bahasa pemrograman yang kami rangkum dalam pembahasan bahasa pemrograman populer tahun ini. Dari beberapa bahasa pemrograman tersebut, silahkan Anda gunakan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan lebih mudah dalam penggunaanya.

Selamat Mencoba ya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!