Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

11 Alasan Mengapa Anda Harus Mengikuti Program Beasiswa Magang Luar Negeri

11 Alasan Mengapa Anda Harus Mengikuti Program Beasiswa Magang Luar Negeri
11 Alasan Mengapa Anda Harus Mengikuti Program Beasiswa Magang Luar Negeri
Images source: Idntimes.com

11 Alasan Mengapa Anda Harus Mengikuti Program Beasiswa Magang Luar Negeri

Pada umumnya, sebagai persyaratan untuk lulus kuliah, beberapa universitas memang menerapkan program magang bagi seluruh mahasiswanya. Namun sebenarnya, program magang ini bukan hanya bisa dilakukan dalam negeri saja. Karena Anda juga bisa memilih magang di luar negeri. Mungkin Anda bertanya, pastinya biayanya tidak murah, bukan? Tidak juga, apalagi jika Anda menggunakan beasiswa magang luar negeri.

Karena dengan program beasiswa tersebut, Anda tidak perlu lagi membayar biaya hidup selama di luar negeri tersebut, alias gratis. Karena semuanya sudah ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa internship (beasiswa magang) tersebut.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Tes Prediksi TOEFL, Cara Efektif Sebelum Melakukan Tes TOEFL Sesungguhnya

11 Alasan Mengapa Anda Harus Mendapatkan Beasiswa Magang Luar Negeri

Sebenarnya, magang bukanlah dijadikan sebagai persyaratan untuk lulus kuliah saja. Karena pada umumnya, dengan mengikuti program magang ini, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh, yang nantinya akan menjadi bekal bagi Anda. Khususnya saat Anda mulai masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.

Sejumlah manfaat tersebut sebenarnya secara langsung bisa menjadi alasan mengapa Anda harus melakukan magang. Khususnya dengan mengikuti magang di luar negeri, dan juga mengikuti program beasiswa internship di luar negeri. Beberapa alasan yang dimaksud diantaranya:

Back to Content ↑

1. Bisa Mempraktekkan Ilmu yang Sebelumnya Dipelajari di Sekolah/Kampus

Salah satu alasan mengapa Anda harus melakukan magang di luar negeri tentunya, agar Anda bisa mempraktekkan ilmu yang sebelumnya dipelajari di sekolah/kampus. Dalam arti, dengan mengikuti magang ini, Anda tidak hanya mendapatkan ilmu secara teori saja, namun juga bisa sekaligus dipraktekkan secara langsung di tempat kerja/perusahaan yang dipilih.

Back to Content ↑

2. Bisa Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dan Bahasa-Bahasa Asing Lainnya

Khusus untuk magang di luar negeri, selain Anda bisa mempraktekkan ilmu yang dipelajari di kampus. Magang di luar negeri juga, secara langsung hal tersebut bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris yang Anda pelajari sebelumnya.

Bukan hanya bahasa Inggris saja, Anda juga bisa mempraktekkan bahasa asing lainnya, bilamana Anda magang di negara-negara yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris, sebagai bahasa resminya.

Bukan hanya bisa melatih kemampuan dalam berbahasa asing saja. Melakukan magang di luar negeri juga bisa sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa lainnya yang Anda kuasai.

Karena tentunya, mempraktekkan kemampuan berbahasa asing di negaranya langsung, hal tersebut justru akan membuat Anda lebih mudah memahami, dan juga mempraktekkan bahasa asing yang Anda pelajari tersebut.

Bagi Anda yang belum memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya di negara-negara yang notabene menggunakan bahasa-bahasa tersebut. Dikarenakan Anda belum memiliki kesempatan untuk pergi ke negara-negara tersebut.

Maka Anda bisa mencoba untuk mengikuti program beasiswa magang luar negeri. Untuk memudahkan Anda dalam memilih program beasiswa internship di luar negeri ini, Anda bisa membaca referensi artikel 3 Rekomendasi Beasiswa untuk Magang di Luar Negeri.

Back to Content ↑

3. Bisa Belajar untuk Bersosialisasi

Jika sebelumnya Anda hanya bersosialisasi dengan teman-teman Anda di kampus saja. Maka dengan melakukan magang, terutama magang di luar negeri. Maka Anda bisa belajar untuk bersosialisasi dengan para karyawan lainnya, yang ada di perusahaan, dimana Anda magang tersebut. Sehingga relasi pertemanan Anda bisa menjadi lebih luas.

Back to Content ↑

4. Memberikan Pengalaman Baru

Mengikuti program magang tentunya akan memberikan pengalaman yang baru bagi mahasiswa yang sebelumnya hanya berkutat dengan kegiatan belajar di kampus. Namun dengan mengikuti magang, apalagi magang di luar negeri. Hal tersebut tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi Anda, dan mahasiswa yang lainnya.

Back to Content ↑

5. Bisa Mempelajari Adat Kebiasaan Masyarakat di Negara yang Menjadi Tujuan Magang

Dengan melakukan magang dengan beasiswa internship. Sebenarnya Anda bukan hanya bisa memahami dan mengenal dunia kerja di negara yang menjadi tujuan magang. Namun lebih dari itu, secara tidak langsung, Anda juga bisa mempelajari adat kebiasaan masyarakat yang ada di negara tersebut.

Back to Content ↑

6. Mempelajari Peraturan Kerja yang Berlaku di Perusahaan dan Negara Tujuan Magang

Pada umumnya, setiap perusahaan memiliki peraturan kerja tersendiri. Bahkan, setiap negara juga memiliki peraturan tersendiri yang berlaku bagi setiap perusahaan yang ada di negara tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mempelajari peraturan kerja yang berlaku di perusahaan tempat Anda magang tersebut. Sehingga Anda tidak akan merasa terkejut bilamana Anda mendapati peraturan kerja yang serupa, saat Anda mulai memasuki dunia kerja sebenarnya.

Back to Content ↑

7. Mendapatkan Ilmu-Ilmu Baru yang Belum Anda Dapatkan Sebelumnya

Tak bisa dipungkiri, setiap negara memiliki sistem pendidikannya sendiri. Dimana ilmu-ilmu tersebut nantinya akan dipraktekkan dalam dunia kerja. Begitu juga dengan sistem pendidikan di Indonesia, tentunya akan sedikit berbeda dengan sistem pendidikan di negara lainnya.

Bahkan mungkin, ada ilmu-ilmu lainnya yang belum Anda pelajari dan Anda dapatkan selama Anda sekolah dan kuliah di Indonesia. Sehingga dengan melakukan magang di luar negeri ini, Anda bisa sekaligus mempelajari dan mendapatkan ilmu-ilmu baru tersebut.

Back to Content ↑

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat memasuki dunia kerja, Anda dituntut untuk bisa bekerja sendiri, namun juga harus selalu siap jika harus bekerja secara tim, yang tentunya membutuhkan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Jika memang sebelumnya, Anda tidak memiliki kepercayaan diri dalam melakukan hal-hal tersebut. Maka dengan mengikuti magang di luar negeri ini, maka lambat laun, Anda bisa mengasah kepercayaan diri yang Anda miliki tersebut.

Back to Content ↑

9. Bisa Dijadikan Sebagai Referensi CV

Program magang sebenarnya tak jauh berbeda dengan memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Hanya saja, magang ini biasanya identik dengan waktu kerja yang terikat dengan kontrak. Misalnya 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, dan yang lainnya. Dengan kata lain, selain pengalaman kerja, pengalaman magang juga bisa Anda masukkan sebagai referensi dalam Curriculum Vitae (CV) yang Anda buat nantinya.

Back to Content ↑

10. Sebagai Poin Plus bagi Perusahaan Tempat Melamar Kerja Nantinya

Dengan menambahkan magang dengan beasiswa magang luar negeri pada CV Anda. Maka tentunya hal tersebut akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan tempat Anda melamar kerja nantinya.

Apalagi jika ternyata, pengalaman magang yang Anda lakukan tersebut dilakukan di luar negeri. Tentunya hal tersebut akan menjadi poin plus bagi Anda, untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Back to Content ↑

11. Bisa Menambah Penghasilan

Dengan melakukan magang, secara tidak langsung, hal tersebut bisa menambah penghasilan Anda. Apalagi jika Anda melakukan magang dengan beasiswa magang luar negeri yang memang telah memberikan jaminan mengenai biaya hidup selama Anda magang di luar negeri tersebut.

Sehingga penghasilan yang Anda dapatkan, bisa Anda gunakan sendiri, tanpa harus dipotong untuk keperluan hidup Anda selama di negara tujuan magang. Apalagi karena biasanya, magang di luar negeri ini, penghasilan yang Anda peroleh, akan dihitung berdasarkan mata uang Dollar. Tentunya hal tersebut akan membuat penghasilan magang di luar negeri, akan jauh besar, jika dibandingkan dengan melakukan magang di dalam negeri.

Back to Content ↑

Itu dia beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan magang di luar negeri. Namun pertanyaannya kini adalah bagaimana cara mendapatkan beasiswa magang luar negeri tersebut? Anda bisa memilih program beasiswa pada referensi artikel 3 Rekomendasi beasiswa magang di luar negeri seperti yang telah disebutkan diatas.

Sementara untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti program-program beasiswa magang tersebut, maka Anda bisa mengandalkan Blog.schoters.com. Dimana aplikasi Schoters ini telah dikenal sebagai aplikasi bimbingan kuliah luar negeri yang terpercaya dan terlengkap. Sehingga akan membantu Anda dalam mendapatkan beasiswa internship luar negeri dengan lebih mudah. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!