Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

9+ Tips Terbaik dalam Menjalankan Usaha Warung Sembako

9+ Tips Terbaik dalam Menjalankan Usaha Warung Sembako
9+ Tips Terbaik dalam Menjalankan Usaha Warung Sembako
Images source: Rumah-bumn.id

9+ Tips Terbaik dalam Menjalankan Usaha Warung Sembako

Membuka usaha warung sembako bisa dimulai dengan modal yang terbatas, namun tidak menutup kemungkinan, jika nantinya usaha tersebut bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi. Namun bagi Anda yang masih berencana untuk membuka usaha berupa warung sembako, maka tak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa tips penting yang akan diberikan pada pembahasan kali ini.

Karena seperti juga dengan usaha lainnya, usaha berupa warung sembako tidak serta merta bisa dilakukan begitu saja. Namun perlu perencanaan yang matang, mengenai apa yang dijual, harga barang, lokasi usaha dan sebagainya. Untuk itu, yuk simak tips membuka usaha berupa warung sembako berikut ini!

TOC / Daftar Isi

9 Tips Terbaik Saat Memulai Usaha Warung Sembako

Warung sembako bisa dibilang sebagai usaha yang pastinya menjanjikan. Karena memang, hampir setiap orang membutuhkan semua barang-barang kebutuhan pokok, yang umumnya dijual di warung tersebut.

Meskipun demikian, agar usaha warung sembako tersebut bisa berjalan dengan baik. Dalam arti tidak berhenti di tengah jalan, maka Anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Buatlah Perencanaan Usaha Sedetail Mungkin

Tips pertama yang perlu Anda lakukan sebelum berniat untuk membuka usaha untuk warung sembako yaitu membuat sebuah perencanaan dengan sematang dan sedetail mungkin. Perencanaan tersebut meliputi barang apa saja yang akan Anda jual, supplier mana yang akan Anda pilih untuk berbelanja kebutuhan pokok tersebut, berapa harga yang akan ditetapkan untuk setiap barang yang dijual, hingga dimana lokasi yang sesuai untuk memulai usaha warung sembako tersebut.

Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu membuat perencanaan mengenai modal usaha yang dibutuhkan, siapa saja yang mungkin akan menjadi saingan Anda, hingga faktor-faktor lainnya yang mungkin bisa menghambat usaha yang akan dijalani nantinya, serta hal-hal lainnya.

Back to Content ↑

2. Melakukan Riset Pasar

Setelah membuat sebuah perencanaan, maka tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mengimplementasikan perencanaan tersebut dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebelum akhirnya memulai untuk membuka usaha.

Dimana dengan melakukan riset pasar ini, Anda bisa mengetahui sejauh mana keadaan di lapangan. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan riset pasar ini diantaranya:

  • Cari tahu mengenai siapa saja yang akan menjadi target penjualan Anda nantinya
  • Lakukan riset pasar mengenai kemungkinan adanya pesaing yang juga membuka usaha warung sembako sejenis, yang sama dengan usaha yang akan Anda jalankan nantinya
  • Cari tahu mengenai peluang usaha yang dijalankan, bilamana Anda membuka usaha, berdampingan dengan para pesaing tersebut
  • Lakukan riset pasar mengenai kebutuhan pokok apa saja yang paling dibutuhkan oleh masyarakat di lokasi/kawasan tersebut, serta
  • Pelajari setiap adat kebiasaan dari masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi, dimana nantinya Anda akan membuka usaha berupa warung sembako. Agar Anda bisa lebih mudah berbaur dengan masyarakat, guna menarik banyak pelanggan

Back to Content ↑

3. Lakukan Perhitungan Modal dengan Tepat

Meskipun Anda memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha berupa warung sembako. Namun tetap saja, Anda perlu memperhitungkan mengenai modal secara tepat dan akurat. dan jangan sampai seluruh modal tersebut, Anda gunakan untuk berbelanja barang saja.

Karena ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Misalnya:

  • Uang sewa tempat usaha, jika Anda berniat untuk menggunakan tempat usaha milik orang lain. Namun jika memang tempat usaha tersebut adalah milik pribadi, ataupun menyatu dengan rumah Anda. Maka Anda juga perlu menyisihkan sebagian modal untuk melakukan renovasi, bilamana tempat usaha tersebut mengalami kerusakan
  • Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk membeli sejumlah perlengkapan dan juga peralatan yang dibutuhkan, yang meliputi etalase toko, rak penyimpanan barang-barang, timbangan, kantong plastik belanjaan, kalkulator, meja, kursi, dan yang lainnya
  • Setelah mempertimbangkan kedua faktor diatas, maka kini Anda bisa melakukan perhitungan untuk membeli sejumlah barang kebutuhan (sembako) yang akan dijual. Dalam tahap ini juga, Anda tidak perlu membelanjakan sisa modal seluruhnya untuk berbelanja barang yang akan dijual (persediaan). Karena Anda juga perlu menyisihkan sebagian modal untuk dijadikan kas
  • Pilihlah beberapa kebutuhan pokok yang mendasar, dan yang sangat dibutuhkan masyarakat saat itu. Misalnya beras, minyak goreng, gas, gula pasir, telur, terigu, mie instan, dan kebutuhan pokok lainnya. Barulah setelah usaha yang Anda jalankan tersebut mulai berkembang, Anda bisa menambah daftar barang-barang tambahan lainnya

Back to Content ↑

4. Lakukan Penataan Barang dengan Benar

Jika langkah-langkah diatas telah Anda lakukan dengan benar, maka kini tiba waktunya bagi Anda untuk memulai membuka usaha warung sembako yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Namun sebelum memulai hal tersebut, Anda perlu melakukan penataan barang terlebih dahulu.

Tujuannya agar tempat usaha terlihat rapi dan tidak terlihat sesak dan berantakan. Tujuan lainnya, agar pelanggan dan juga Anda sendiri, bisa dengan mudah dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan pelanggan.

Tata dan atur barang-barang berdasarkan kelompoknya yang bisa Anda simpan pada rak maupun etalase. Misalnya kelompok bahan-bahan dapur, kebutuhan harian, bumbu-bumbu, kebutuhan mandi, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

5. Selalu Perhatikan Mengenai Kebersihan Toko/Tempat Usaha

Selain melakukan penataan barang dengan rapi dan benar, maka Anda juga perlu menjaga kebersihan toko/tempat usaha yang Anda jalankan tersebut. Hal ini dikarenakan, setiap orang akan lebih memilih untuk berbelanja di tempat yang kebersihannya terjaga. Dibandingkan pada toko yang tidak terjaga kebersihannya, tampak kotor, banyak sampah, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Back to Content ↑

6. Pilihlah Sembako dengan Kualitas Terbaik

Meskipun barang yang Anda jual pada usaha warung sembako yang Anda jalankan adalah kebutuhan pokok, yang sangat dibutuhkan masyarakat. Namun tetap saja, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari setiap barang yang dijual.

Pilihlah sembako dengan kualitas terbaik. Karena apa gunanya, Anda menjual sembako dengan harga murah, namun kualitasnya buruk? Karena bukannya akan membuat pelanggan merasa puas berbelanja di toko Anda. Menjual sembako dengan kualitas buruk/rendah tersebut, justru akan mengecewakan semua pelanggan Anda.

Back to Content ↑

7. Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

Memulai suatu bisnis, termasuk dengan usaha warung sembako ini tidak hanya serta merta dengan menjual barang saja. Karena Anda perlu menyiapkan strategi pemasaran yang tepat. Melakukan promosi usaha bisa menjadi salah satu contoh strategi pemasaran yang bisa Anda pilih. Pada awal pembukaan toko, Anda bisa memberikan potongan harga, promo beli 1 dapat 2, serta promo-promo lainnya, yang ditujukan bagi yang berbelanja dalam batas jumlah yang Anda tentukan.

Back to Content ↑

8. Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik

Tips untuk membuka usaha warung sembako lainnya yang perlu selalu Anda lakukan, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik. Karena seperti pepatah yang mengatakan, bahwa pelanggan adalah raja. Maka perlakukan pelanggan Anda seperti seorang raja.

Tentunya dengan selalu memberikan pelayanan terbaik. Karena jika tidak demikian, pelanggan-pelanggan tersebut akan lari, dan malah berujung dengan berbelanja di toko yang menjadi saingan Anda. Tentunya hal tersebut tidak Anda inginkan, bukan?

Back to Content ↑

9. Jangan Lupa untuk Selalu Membuat Pembukuan

Tips lainnya yang tak kalah penting dari tips-tips di atas yaitu dengan selalu membuat pembukuan usaha. Hal ini dimaksudkan agar setiap transaksi usaha bisa selalu dicatat, agar memudahkan Anda mengetahui berapa keuntungan yang didapat, ataukah usaha warung sembako tersebut mengalami kerugian, dan yang lainnya. Dengan pembukuan ini juga bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menetapkan strategi pemasaran untuk masa mendatang.

Back to Content ↑

Nah, itulah dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam membuka usaha warung sembako. Karena dengan perhitungan yang tepat, usaha berupa warung sembako yang Anda jalankan tersebut, bisa terus berjalan dan berkembang. Dan tidak hanya berjalan di tempat saja. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!