Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Tes Prediksi TOEFL, Cara Efektif Sebelum Melakukan Tes TOEFL Sesungguhnya

Tes Prediksi TOEFL, Cara Efektif Sebelum Melakukan Tes TOEFL Sesungguhnya
Tes Prediksi TOEFL, Cara Efektif Sebelum Melakukan Tes TOEFL Sungguhan
Images source: Pixabay

Tes Prediksi TOEFL, Cara Efektif Sebelum Melakukan Tes TOEFL Sesungguhnya

TOEFL merupakan salah satu tes untuk menguji sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang Anda kuasai. Namun ternyata bukan hanya itu saja, ada beberapa manfaat jika Anda mengikuti tes TOEFL ini.

Bahkan karena perannya yang sangat penting itulah, ada baiknya Anda tidak sekedar mengikuti tes ini. Namun sebaiknya, Anda juga mempersiapkan segala sesuatunya lebih dahulu. Termasuk dengan mengikuti tes prediksi TOEFL.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 8+ Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah Luar Negeri

Pengertian Serta Jenis Tes TOEFL

Test of English for Language (TOEFL) merupakan salah satu uji kemampuan berbahasa Inggris. Dimana untuk tes ini, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris dengan menggunakan aksen/gaya Amerika (American English).

Berbeda halnya jika Anda mengikuti IELTS (International English Language Test System) yang merupakan tes bahasa Inggris khusus dengan gaya Britain (British English). Secara garis besar, TOEFL terbagi ke dalam beberapa jenis. Diantaranya:

  • Paper Based Test (PBT). Diselenggarakan di berbagai institusi pendidikan, tempat kursus, serta lembaga bahasa inggris lainnya
  • iBT (internet Based Test). Hampir sama dengan PBT, hanya saja untuk jenis ini, tes TOEFL mulai dilakukan dengan sistem internet
  • Computer Based Test (CBT). Tes CBT dilakukan dengan menggunakan headphone. Dimana dalam pelaksanaannya, seluruh pertanyaaan yang diberikan tidak bisa diulang kembali. Tes CBT kini kurang populer, dan telah digantikan dengan TOEFL iBT
  • ITP (Institutional Testing Program). Diselenggarakan oleh berbagai institusi pendidikan dan juga lembaga bahasa Inggris yang telah dipercaya

Dari ke-4 jenis TOEFL tersebut, kini hanya ada 2 jenis TOEFL saja yang banyak digunakan. Diantaranya yaitu TOEFL iBT dan juga TOEFL ITP. Dimana untuk TOEFL ITP, hasil tes ini biasanya hanya berlaku di kawasan tertentu saja. Misalnya yaitu di kawasan Asia, dan juga Amerika Latin.

Sedangkan untuk TOEFL iBT, hasil TOEFL ini biasanya diberikan oleh penyelenggara TOEL, langsung dari kantor pusatnya di Amerika Serikat. Sehingga bisa digunakan di seluruh dunia, dan juga untuk keperluan apa saja.

Back to Content ↑

Sejumlah Manfaat Jika Mengikuti Tes TOEFL

Apapun jenis TOEFL yang Anda ikuti, baik itu untuk TOEFL jenis ITP maupun iBT, secara langsung hal ini akan memberikan sejumlah manfaat bagi Anda pribadi. Diantaranya yaitu hasil TOEFL sering dijadikan sebagai persyaratan untuk beberapa aktivitas di bawah ini:

Back to Content ↑

1. Sebagai Syarat Diterima Kerja

Tak bisa dipungkiri, kini TOEFL memang menjadi syarat diterimanya seseorang untuk bekerja di perusahaan tertentu. Bagi beberapa perusahaan, selain memberlakukan sejumlah syarat tertentu, melampirkan hasil tes bahasa Inggris TOEFL juga menjadi salah satu syarat lainnya yang harus dipenuhi setiap pelamar. Bilamana ingin diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Back to Content ↑

2. Syarat Utama dalam Mendaftar CPNS

Bukan hanya dijadikan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan saja. Kini TOEFL juga dijadikan sebagai persyaratan tambahan, jika Anda mendaftar untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bahkan, untuk syarat masuk CPNS ini, Anda dituntut minimal harus memiliki nilai 32, jika Anda mengikuti tes TOEFL jenis iBT. Sedangkan untuk tes ITP, setidaknya Anda harus memiliki nilai sekitar 400, jika ingin mengikuti seleksi CPNS.

Back to Content ↑

3. Kuliah di Luar Negeri

Salah satu syarat untuk kuliah di luar negeri tentunya, Anda harus menguasai salah satu bahasa asing. Khususnya yaitu bahasa Inggris, sebagai bahasa universal. Maka dari itu, sebagai bukti bahwa Anda memang telah menguasai bahasa Inggris tersebut, yaitu dengan mengikuti tes TOEFL ini, dan hasilnya bisa dijadikan syarat untuk melakukan pendaftaran di salah satu universitas di luar negeri.

Back to Content ↑

4. Mengikuti Program Beasiswa LPDP

Selain sebagai persyaratan seperti yang disebutkan diatas, hasil TOEFL juga ternyata sering dijadikan sebagai syarat bagi Anda yang ingin mengikuti program beasiswa. Khususnya untuk program beasiswa yang diberikan pemerintah, melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Biasanya diberikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah setingkat S2 dan juga S3, di berbagai universitas ternama. Baik itu yang berada di dalam negeri, maupun universitas-universitas yang berada di luar negeri.

Back to Content ↑

Apa yang Perlu Dilakukan agar Lolos Tes TOEFL?

Agar nilai TOEFL yang Anda ikuti bisa memuaskan, ataupun sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Maupun sesuai dengan yang ditetapkan sebagai syarat untuk kuliah, daftar CPNS ataupun untuk mengikuti program beasiswa LPDP.

Maka tentunya Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, sebelum Anda benar-benar mengikuti tes bahasa Inggris ini. Baik itu persiapan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris Anda, seperti mengikuti kursus, maupun dengan mengikuti tes prediksi TOEFL. Bagi Anda yang masih awam, tentunya Anda akan bertanya apa yang dinamakan tes prediksi TOEFL ini?

Secara umum, tes prediksi TOEFL ini yaitu simulasi mengenai tes TOEFL yang nantinya Anda ikuti. Namun bukan hanya sekedar simulasi saja. Pada tes prediksi TOEFL ini juga, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan serta materi yang biasanya sering diajukan dalam tes bahasa Inggris TOEFL yang menyangkut listening comprehension, structure and writing comprehension, serta reading comprehension.

Back to Content ↑

Bagaimana Cara Mengikuti Tes Prediksi TOEFL?

Mudah saja, Anda hanya perlu mengunjungi situs Blog.schoters.com. Di sana, Anda bisa mengikuti tes prediksi TOEFL yang dilakukan secara online. Khususnya untuk TOEFL jenis ITP. Sehingga Anda tidak perlu datang ke tempatnya langsung, dan Anda bisa melakukannya dimana saja.

Proses pelaksanaanya juga bisa dibilang sama dengan tes TOEFL sungguhan. Dimana sistem penilaian dan juga prosesnya tak jauh berbeda dengan tes bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh berbagai institusi pendidikan dan lembaga bahasa Inggris ternama.

Sehingga bisa dikatakan, setelah Anda mengikuti tes prediksi TOEFL di Blog.schoters.com ini, Anda sudah jauh lebih siap jika nantinya Anda mengikuti tes TOEFL yang sebenarnya. Belum lagi, jika Anda mengikuti tes prediksi TOEFL ini, Anda sudah mengetahui mengenai apa saja yang biasanya diuji dalam tes bahasa Inggris TOEFL nantinya.

Lalu bagaimana caranya untuk mendaftar tes prediksi TOEFL di Blog.schoters.com ini? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memesan layanan prediksi TOEFL melalui platform prediksi TOEFL Schoters.

Dengan mengikuti tes prediksi TOEFL di Schoters, Anda akan dinilai berdasarkan kemampuan listening, structure, writing dan juga reading yang dilakukan secara online. Bukan hanya itu saja, di sesi akhir, Anda akan diberikan waktu selama 14 hari untuk menyelesaikan sejumlah tes.

Namun jika dalam waktu 14 hari tersebut, Anda belum juga menyelesaikan tes yang diberikan. Maka secara otomatis, kode token yang sebelumnya diberikan kepada semua peserta tes prediksi TOEFL ini, akan hangus.

Sehingga Anda tidak bisa mengakses situs tersebut. jika memang Anda ingin melakukan tes prediksi TOEFL lagi, maka Anda bisa mendownload platfom prediksi TOEFL Schoters sekali lagi. Bagi Anda yang belum pernah mengikuti tes bahasa Inggris TOEFL sebelumnya, memang disarankan agar Anda bisa mengikuti tes prediksi TOEFL terlebih dahulu.

Selain karena sistem penilaiannya yang sama, mengikuti simulasi tes bahasa Inggris TOEFL dari Schoters ini juga akan membantu Anda dalam mempersiapkan tes TOEFL yang sesungguhnya. Untuk itu, download platform prediksi TOEFL Schoters sekarang juga, sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda! Sekaligus menjadi cara yang efektif, untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti tes TOEFL yang sesungguhnya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!