Skip to main content

Cara Mengatasi iPhone Hang

Cara Mengatasi iPhone Hang

Cara Mengatasi iPhone Hang

Hang merupakan keadaan dimana iPhone berhenti secara tiba-tiba. Saat kondisinya hang, pengguna tidak dapat melakukan perintah apapun karena smartphone tidak merespons. Jika dihadapkan dengan kondisi seperti ini, pengguna harus memahami cara mengatasi iPhone hang.

Pengguna smartphone Apple sebaiknya tak hanya memiliki pengetahuan tentang Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Anda juga sebaiknya memahami bagaimana troubleshooting ketika smartphone hang diikuti tombol home iPhone tidak berfungsi. Simak artikel ini untuk mendapatkan tutorial lengkapnya.

TOC / Daftar Isi

1. Tutorial Cara Mengatasi iPhone Hang

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan pengguna ketika iPhone miliknya mengalami hang. Setiap iPhone mungkin saja mengalami masalah yang berbeda sehingga metode penanganannya pun berlainan. Di sini, Anda dapat mencoba semua cara satu per satu sampai iPhone kembali normal.

Back to Content ↑

1.1. Force Restart (Restart Secara Paksa)

Langkah paling umum dan sering diterapkan untuk mengatasi iPhone hang adalah dengan cara restart, Namun kondisi yang sering terjadi adalah iPhone sama sekali tidak merespons input yang diberikan oleh pengguna.

Jika sudah seperti ini, pengguna dapat melakukan restart secara paksa. Metode ini memanfaatkan tombol-tombol fisik yang dimiliki oleh iPhone. Perlu dipahami pula bahwa setiap tipe iPhone memiliki cara yang berbeda untuk melakukan restart secara paksa.

a) iPhone 6s dan SE Generasi Pertama

iPhone 6s dan SE generasi pertama merupakan model iPhone yang sudah cukup tua. Tak heran jika kedua model iPhone ini masih memiliki tombol home fisik yang dapat dipencet.

Untuk melakukan restart secara paksa di iPhone SE dan 6s, pengguna harus menggunakan kombinasi antara tombol power dengan tombol home. Caranya juga mudah, tekan kedua tombol itu secara bersamaan sampai layar menampilkan logo Apple.

Apabila logo Apple sudah tampak di layar, sekarang saatnya untuk melepaskan jari-jari dari kedua tombol tersebut.

b) iPhone 7 Series

Apple memberikan perubahan besar ketika meluncurkan iPhone 7. Mereka menghilangkan tombol home fisik dan menggantinya dengan sebuah tombol kapasitif. Karena tombol ini tidak bisa benar-benar ditekan, cara restart paksa di iPhone 7 series sedikit berbeda.

Pengguna dipersilakan untuk menggunakan tombol volume bawah untuk menggantikan tombol home ketika akan memaksa restart. Caranya tak begitu berbeda. Pengguna hanya perlu menekan tombol power bersama volume bawah dan menahannya sampai muncul logo Apple.

Setelah itu, kedua tombol dapat dilepaskan agar iPhone dapat melakukan restart dengan semestinya. Tunggu saja sampai prosesnya selesai.

c) iPhone 8, X, 11, 12 Series, dan SE 2020

Secara fisik, iPhone 8 Series dan SE 2020 tak memiliki perbedaan pada tombol home maupun tombol volume dan power dibandingkan. Meski demikian, rupanya kedua seri iPhone ini punya cara force restart yang berbeda. Langkah yang perlu dilakukan pada iPhone 8 Series dan SE 2020 adalah sebagai berikut,

  1. Pertama, tekan tombol volume dan segera lepaskan.
  2. Lakukan hal yang sama pada tombol volume bawah.
  3. Setelah itu, tekan dan tahan tombol power seperti saat akan menghidupkan iPhone setelah mati.
  4. Apabila di layar sudah menampilkan logo Apple, lepaskan tombol power.

Lagi-lagi, Apple kembali melakukan perubahan besar pada peluncuran iPhone X series. Mereka menghilangkan tombol home sama sekali sehingga iPhone hanya punya 3 tombol. Tombol tersebut adalah power, volume atas, dan volume bawah.

Meski telah mengalami perubahan besar, rupanya iPhone seri X dan yang lebih tinggi memiliki cara untuk force restart seperti iPhone 8 series.

Back to Content ↑

1.2. Factory Reset

Salah satu penyebab layar iPhone mati tapi mesin hidup atau hang adalah crash pada sistem. Lebih jauh, penyebab crash bisa datang dari berbagai hal salah satunya tidak update iOS. Jika layar sudah mati namun mesin hidup, coba lakukan factory reset dengan bantuan Finder atau iTunes.

Sebelum mempraktikkan tutorial di bawah ini, sebaiknya siapkan PC atau laptop Windows maupun Mac, kabel USB, dan iPhone yang hang. Jangan lupa untuk install iTunes atau Finder di laptop. Berikut tutorialnya.

  1. Buka aplikasi Finder atau iTunes terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, hubungkan iPhone yang hang menggunakan kabel USB. Pastikan kabel tersebut original dan masih berfungsi dengan baik.
  3. Nama perangkat iPhone akan muncul di Finder atau iTunes. Klik pada nama perangkat tersebut.
  4. Jika terhubung dengan Find My, sebaiknya Log Out terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, klik pada tombol Restore iPhone.
  6. Di layar akan muncul sebuah pesan konfirmasi. Klik pada tombol Restore.
  7. Tunggu beberapa saat dan iPhone akan restart. Berikutnya, pengguna dapat melakukan pengaturan seperti ketika membeli iPhone untuk pertama kali.

Back to Content ↑

Cara mengatasi iPhone hang sebenarnya cukup mudah. Namun Anda perlu ingat satu hal. Apabila iPhone yang dipakai adalah generasi lawas dan sudah dipakai dalam jangka waktu lama, sebaiknya segera ganti perangkat. Pasalnya, smartphone hang juga tak jarang dipengaruhi oleh usia pakai. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!