Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

8+ Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah Luar Negeri

8+ Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah Luar Negeri
University of Oxford
Images source: Pixabay

8+ Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah Luar Negeri

Kuliah di luar negeri bagi sebagian orang merupakan hal yang mustahil, mengingat biaya yang mungkin harus dikeluarkan nantinya. Namun sebenarnya, ada berbagai alasan mengapa Anda harus mencoba untuk kuliah luar negeri ini.

Bukan hanya itu saja, kuliah di luar negeri ini juga akan memberikan pengalaman yang mungkin tidak akan Anda dapatkan selama Anda kuliah di dalam negeri. Meskipun demikian, Anda tetap harus selektif dalam memilih negara mana yang nantinya akan menjadi tujuan Anda untuk melanjutkan kuliah ini.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Syarat-Syarat dan Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

8 Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah Luar Negeri

Sedikitnya ada 8 alasan mengapa Anda harus memilih luar negeri sebagai tujuan Anda untuk melanjutkan kuliah. Ingin tahu apa saja alasannya? Ini dia penjelasan lengkapnya!

Back to Content ↑

1. Sistem Pendidikan yang Jauh Lebih Berkualitas

Meskipun bukan berniat untuk mengesampingkan sistem pendidikan di dalam negeri. Namun sejauh ini, sistem pendidikan yang ada di luar negeri, selangkah lebih maju dari sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia.

Karena alasan tersebut itulah, beberapa mahasiswa Indonesia akhirnya memilih untuk kuliah di luar negeri. Belum lagi dengan banyaknya promosi kuliah di luar negeri yang diadakan beberapa universitas ternama di luar negeri hingga beberapa kedutaan asing di Indonesia. Menjadikan kuliah di luar negeri ini, semakin hari menjadi semakin diminati.

Back to Content ↑

2. Mendapatkan Banyak Pengalaman

Perbedaan kultur dan kehidupan sosial antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat di beberapa negara tentunya akan sangat berbeda. Hal inilah yang akan menjadi pengalaman bagi setiap mahasiswa Indonesia yang belajar di beberapa negara tersebut. Mendapatkan sejumlah pengalaman baru menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus mencoba untuk mengikuti program kuliah di luar negeri.

Back to Content ↑

3. Mendapatkan Lebih Banyak Teman dari Negara-Negara Berbeda

Pada umumnya, beberapa universitas di luar negeri bukan hanya menerima mahasiswa dari Indonesia saja. Ada banyak mahasiswa negara lain yang juga berkuliah di universitas tersebut. Dengan kata lain, dengan kuliah di luar negeri, Anda akan mendapatkan banyak teman dari negara-negara yang berbeda-beda.

Back to Content ↑

4. Menjadi Lebih Mandiri

Selain alasan-alasan diatas, salah satu alasan yang paling utama mengapa Anda harus kuliah di luar negeri ini yaitu, bisa melatih Anda menjadi pribadi yang mandiri. Jika biasanya, saat di Indonesia, Anda tinggal bersama orangtua dan melakukan segala sesuatu dengan bantuan orang tua, saudara maupun teman.

Maka jika Anda kuliah di luar negeri, tentunya Anda harus melakukan segala sesuatu sendiri. Baik itu dalam hal menyiapkan makanan/memasak, berbelanja kebutuhan sehari-hari, membawa pakaian kotor Anda ke laundry, dan lain-lain. Hal inilah yang akan membuat Anda menjadi mandiri, tanpa harus tergantung pada orang lain.

Back to Content ↑

5. Ada Banyak Program Beasiswa

Apakah Anda adalah salah satu orang yang belum berani untuk kuliah di luar negeri karena terganjal masalah biaya? Karena memang tidak bisa dipungkiri, kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan jauh lebih mahal dari biaya kuliah di dalam negeri.

Namun jangan khawatir, karena kini ada banyak program beasiswa yang bisa Anda ikuti untuk kuliah di luar negeri secara gratis. Biasanya, program beasiswa ini diadakan oleh beberapa universitas dari berbagai negara yang bekerjasama dengan Konsulat Jenderal (Konjen) maupun Kedutaan Besar yang ada di Indonesia. Anda bisa mencari informasi mengenai program beasiswa luar negeri ini di berbagai situs pendidikan, maupun di berbagai kantor kedutaan yang ada di Indonesia.

Back to Content ↑

6. Bisa Lebih Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Dengan kuliah luar negeri, tentunya hal ini bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Anda. Jika biasanya Anda hanya menggunakan bahasa Inggris secara pasif. Maka dengan kuliah di luar negeri ini, Anda bisa mempraktekkan bahasa Inggris tersebut dalam kehidupan sehari-hari, serta dengan masyarakat di negara tersebut. Bahkan mungkin bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Back to Content ↑

7. Bisa Mempelajari Bahasa Asing Lainnya Selain Bahasa Inggris

Bagi Anda yang memilih kuliah di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris, atau mungkin Anda terbiasa bergaul dengan orang-orang dari negara-negara lain yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya.

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Bahkan mungkin bisa memberikan peluang dan kesempatan bagi Anda untuk mempelajari bahasa asing tersebut. Misalnya di negara-negara seperti Jepang, Korea, Belanda, Jerman, dan yang lainnya. Sehingga selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Anda pun bisa menguasai bahasa asing lainnya.

Back to Content ↑

8. Memiliki Kesempatan untuk Berkarir

Dengan kuliah di luar negeri, secara tidak langsung hal ini bisa mendatangkan kesempatan dan peluang bagi Anda untuk memulai karir di negara tersebut. Anda bisa memulainya dengan mengikuti program magang di beberapa perusahaan yang ada di negara tersebut.

Atau mungkin bisa mencoba untuk melamar pekerjaan, sesaat setelah Anda lulus kuliah. Dengan latar belakang pendidikan dari universitas tertentu yang ada di negara tersebut. Bukan tak mungkin, jika hal ini justru akan membuka peluang bagi Anda untuk berkarir di negara tersebut.

Back to Content ↑

Negara-Negara yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Kuliah di Luar Negeri

Bagi Anda yang masih bingung, mengenai negara mana yang akan menjadi tujuan Anda untuk kuliah nantinya. Berikut ini akan diberikan rekomendasi mengenai negara-negara yang banyak dipilih oleh beberapa mahasiswa asal Indonesia. Diantaranya:

  • Amerika Serikat. Sedikitnya ada 3 universitas yang banyak dipilih oleh mahasiswa dari berbagai negara di dunia. Diantaranya Massachusetts Institutes of Technology (MIT), Harvard University dan juga Stanford University
  • Inggris. Negara ini memiliki banyak universitas ternama yang bisa menjadi pilihan Anda. Beberapa diantaranya merupakan universitas yang termasuk ke dalam 10 universitas terbaik di dunia. Seperti University of Cambridge, University of Oxford, dan University College London (UK)
  • Swiss. Anda juga bisa memilih Swiss sebagai negara tujuan untuk kuliah. Hal ini dikarenakan, ada 2 universitas di Swiss yang masuk ke dalam universitas terbaik dunia. Diantaranya Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne dan juga Swiss Federal Institute of Technology
  • Singapura. Nanyang Technological University dan juga National University of Singapore merupakan 2 universitas di Singapura yang banyak dipilih oleh mahasiswa asal Indonesia untuk melanjutkan kuliah
  • Negara-negara lainnya. Selain ke-4 negara tersebut, negara lainnya yang banyak dipilih oleh mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan yaitu negara Hongkong, Australia, China, Kanada dan juga Jepang

Dari daftar-daftar negara diatas, negara mana yang Anda inginkan untuk kuliah luar negeri ini? Sebelum Anda memutuskan untuk kuliah di negara tersebut. Ada baiknya Anda mencari informasi lebih dalam terlebih dahulu mengenai negara serta universitas yang Anda pilih tersebut.

Back to Content ↑

Jika Anda masih bingung dalam mencari informasi mengenai hal itu, Anda bisa mengunjungi situs Blog.schoters.com, yang memang menyajikan informasi seputar kuliah di luar negeri dengan lebih lengkap. Termasuk mengenai negara mana yang bisa menjadi tujuan Anda untuk berkuliah nantinya.Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua!