Skip to main content

Perbedaan Xiaomi Mi 8 Lite & Mi A2 dari Segi Spesifikasi dan Harga

Xiaomi Mi 8 Lite & Xiaomi Mi A2

Perbedaan Xiaomi Mi 8 Lite & Mi A2 dari Segi Spesifikasi dan Harga

Xiaomi perlahan mulai sering menghadirkan ponsel pintar seri Mi ke Indonesia. Seri terbarunya adalah Xiaomi Mi 8 Lite. Kehadiran Xiaomi Mi 8 Lite menjadi kompetitor untuk Xiaomi Mi A2 dengan harga yang cenderung sama.

Perbedaan mencolok dari kedua ponsel ini adalah dari fitur unggulan dan desainnya. Sedangkan dari spesifikasinya, kedua ponsel ini menggunakan chipset atau processor Snapdragon yang sama. Kira-kira seri Xiaomi Mi mana yang lebih baik ya?

Berikut ini daftar perbedaan smartphone Xiaomi Mi 8 Lite vs Mi A2 berdasarkan spesifikasi dan harganya.

TOC / Daftar Isi

1. Layar dan Desain

Perbedaan pertama adalah dari segi layar dan juga desain ponsel. Mi 8 Lite telah menggunakan layar kekinian atau layar penuh berponi. Mengusung layar poni, membuat seluruh area bagian depan ponsel didominasi oleh layar. Mi 8 Lite memiliki layar berukuran 6,2 inch dengan resolusi 1080x2280 piksel atau Full HD+.

Berbeda dengan Xiaomi Mi 8 Lite, Mi A2 menggunakan layar penuh tanpa poni dengan rasio 18:9. Resolusi dan ukuran layar Mi A2 cenderung sedikit lebih kecil dari Mi 8 Lite karena tidak menggunakan layar poni. Layar ponsel Mi A2 mempunyai resolusi 1080 x 2160 piksel atau Full HD+ dengan ukuran 5.99 inch.

Back to Content ↑

2. Sistem Operasi

Kedua ponsel ini menggunakan sistem operasi yang berbasis Android 8.1 Oreo. Perbedaannya adalah Xiaomi Mi 8 Lite menggunakan antarmuka MIUI dari Xiaomi, sedangkan Xiaomi Mi A2 menggunakan Android One. Android One atau stock Android, yaitu sistem antarmuka Android dari Google.

Android One terkenal sebagai desain antarmuka yang kencang dan ringan. Selain itu, sistem antarmuka ini juga cukup bersih dari berbagai aplikasi bloatware. Sedangkan MIUI, memiliki desain yang elegan, bersih, dan juga ringan. Namun, banyak iklan yang muncul di berbagai aplikasi di MIUI.

Back to Content ↑

3. Kamera Depan

Xiaomi Mi 8 Lite memiliki kamera depan dengan resolusi 24 MP, sedangkan Mi A2 beresolusi 20 MP. Kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite menggunakan teknologi Super Pixel 4 in 1 dan sensor SONY IMX 576. Sehingga dapat menghasilkan foto tajam untuk segala kondisi pencahayaan.

Teknologi Scene Detection dan AI Portrait juga ditambahkan untuk kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite. Sehingga saat Anda berselfie tidak perlu ribet untuk mengatur settingan kamera. Tersedia juga teknologi AI Beauty 6.0 untuk membuat wajah Anda menjadi tampak lebih cantik natural.

Berbeda dengan Xiaomi Mi 8 Lite, Xiaomi Mi A2 menggunakan sensor SONY IM X376. Mi A2 juga menggunakan teknologi AI Beauty, tetapi versi yang lebih rendah yaitu 2.0 yang membuat wajah Anda cantik natural.

Back to Content ↑

4. Body

Xiaomi Mi 8 Lite memiliki dimensi 156,4x75,8x7,5 mm. Body belakang terbuat dari bahan kaca mewah dan frame berbahan aluminium di sekelilingnya. Sedangkan Xiaomi A2 mempunyai dimensi 158,7x75,4x7,3 mm. Body ponsel pintar ini menggunakan bahan aluminium yang kokoh dengan bobot yang ringan.

Xiaomi Mi 8 Lite tidak hanya cantik secara tampilan, namun material kaca bagian belakang terkesan lebih mewah dari Mi A2. Tetapi ukuran body Xiaomi Mi A2 yang tipis sangat mencuri perhatian dan bahan aluminiumnya tidak mudah pecah saat terjatuh.

Back to Content ↑

5. Kamera Belakang

Xiaomi Mi 8 Lite mempunyai 2 buah kamera dengan resolusi masing-masing yaitu 5 MP dan 12 MP. Kamera utama 12 MP mempunyai bukaan lensa lebar F1.9. Selain itu, kamera ini juga menggunakan teknologi AI Dual Kamera agar menghasilkan foto berkualitas seperti kamera SLR. Tersedia juga teknologi Beauty pada bagian kamera belakang untuk video dan foto.

Spesifikasi kamera belakang Xiaomi Mi A2 lebih baik dari Mi 8 Lite. Kamera utama Mi A2 memiliki satu buah lensa beresolusi 20 MP dan 12 MP. Kedua kamera dengan resolusi tinggi tersebut menggunakan bukaan besar dan sensor SONY. Bukaan lensa kamera belakang berukuran lebih besar dari kamera utama Xiaomi Mi 8 Lite. Sehingga foto yang dihasilkan tampak lebih cerah.

Back to Content ↑

6. Baterai

Xiaomi Mi A2 menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan Quick Charge 4.0. Tetapi kepala charger hanya support Quick Charge 3.0. Sedangkan ponsel Xiaomi Mi 8 Lite menggunakan baterai berkapasitas 3.350 mAH dengan Quick Charge 3.0 pada baterai dan chargernya.

Tetapi dalam hal hemat daya baterai, terdapat banyak faktor. Seperti sistem antarmuka MIUI pada Xiaomi Mi 8 Lite yang terkenal irit, namun Android One pada Mi A2 juga ringan. Sistem antarmuka Android One tidak menggunakan banyak daya baterai.

Back to Content ↑

7. Processor, ROM, dan RAM

Seperti informasi di awal, kedua ponsel ini menggunakan processor Snapdragon 660 berkecepatan maksimal 2.2 GHz dengan 8 core. Processor kelas menengah atas ini menggunakan CPU Kryo yang umumnya digunakan di Snapdragon 800. Processor ini menjanjikan performa gaming yang mulus dan multitasking.

Xiaomi Mi 8 Lite dan Mi A2 juga tersedia dalam opsi penyimpanan ROM 64GB dan RAM 4GB. Namun, Xiami Mi 8 Lite saat ini sudah ada varian terbaru dengan opsi penyimpanan RAM 6GB dan ROM 128GB. Selain itu, Xiaomi Mi A2 juga tersedia varian terbaru dengan opsi penyimpanan RAM 6GB dan ROM 64GB.

Back to Content ↑

8. Kelengkapan

Kedua ponsel Xiaomi ini menggunakan port USB Type-C bukan micro USB. Body ponsel yang tipis membuat kedua ponsel ini mengorbankan jack audio berukuran 3,5 mm. Namun, Xiaomi Mi A2 menyediakan adapter USB Type-C untuk port berukuran 3,5 mm.

Xiaomi Mi A2 tidak menyediakan slot micro SD, sedangkan Mi 8 Lite telah menyediakan dual sim dan dedicated slot micro SD. Oleh sebab itu, kapasitas memori untuk Xiaomi Mi A2 tidak dapat Anda tambahkan. Sedangkan untuk ponsel Xiaomi Mi 8 Lite bisa Anda tambah dengan menggunakan slot micro SD.

Kelengkapan lain untuk kedua ponsel ini kurang lebih sama. Mulai dari Bluetooth 5.0, kompas, sensor fingerprint pada bagian belakang, dan juga beragam sensor standar lainnya.

Back to Content ↑

9. Harga

Xiaomi Mi 8 Lite varian 4GB+64GB harganya mulai dari Rp 2.387.000,- sedangkan Mi A2 Rp 2.260.000,-. Harga Xiaomi Mi 8 Lite varian 6GB+128 GB mulai dari Rp 2.800.000,-. Sedangkan harga Xiaomi Mi A2 varian 6GB+64GB mulai dari Rp 2.510.000,-.

Back to Content ↑

Baik, seperti itulah penjelasan singkat tentang perbedaan Xiaomi Mi 8 Lite vs Mi A2 berdasarkan spesifikasi dan harganya. Semoga bisa menambah referensi Anda tentang kedua ponsel pintar merk Xiaomi tersebut.

Sehingga Anda bisa lebih yakin untuk memilih varian Xiaomi Mi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Harga yang hanya berkisar 2 jutaan cukup menguntungkan dengan spesifikasi ponsel berteknologi mengagumkan serta ruang penyimpanan yang besar. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!