Skip to main content

10 Cara Tepat Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Cara Tepat Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

10 Cara Tepat Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Di era teknologi gadget masa kini, smartphone sudah menjadi kebutuhan primer para masyarakat dunia. Karena dengan adanya ponsel pintar ini segalanya menjadi mudah untuk diakses, kapanpun dan dimanapun. Apalagi jika sudah terkoneksi dengan internet, apapun akan tersedia dalam ponsel. Tapi tahukah Anda, jika terlalu sering digunakan, ponsel bisa menjadi error dan bahkan layarnya bisa bergerak dengan sendirinya. Berikut adalah 10 cara tepat untuk mengatasi layar Android yang bergerak sendiri, simak penjelasannya ya!.

TOC / Daftar Isi

10 Cara Tepat Mengatasi Layar Android yang Bergerak Sendiri

1. Lakukan Pengecekan Pada Kalibrasi di Smartphone

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan pada layar ponsel yang bergerak sendiri adalah membuka menu setting atau pengaturan pada handphone Anda
  • Jika sudah masuk menu setting pilih opsi display yang terdapat dalam menu setting tersebut
  • Kemudian dari opsi display akan muncul opsi Horizontal Calibration atau Gyroscope Calibration. Dan ingat jangan memilih opsi Auto Rotation karena itu akan membuat kursor bergerak tak beraturan dan akan sulit untuk dikendalikan.
  • Setelah itu dari memilih antara dua opsi diatas maka akan muncul tampilan opsi Calibrate
  • Lalu klik opsi Calibrate tersebut dengan memadukan bersama opsi lainnya yaitu, Tap Pass, 2Tap Pass, Long Pass, atau Swipe Pass.
  • Lakukan klik secara berulang-ulang dan bersamaan jika layar masih terasa error sampai layar tampilan kembali pulih.

Back to Content ↑

2. Dengan Menginstall Aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh

Cara selanjutnya untuk mengatasi layar Hp Android yang bergerak sendiri adalah dengan menginstall aplikasi kalibrasi layar sentuh yang terdapat di Play Store. Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan mengklik satu kali saja maka aplikasi akan langsung berjalan untuk mengkalibrasi layar Android yang error dan bermasalah.

Back to Content ↑

3. Selalu Gunakan Charger Smartphone yang Asli

Pada saat Anda sedang mengisi daya smartphone pastikan selalu gunakan charger yang original dari smartphone tersebut. Jika Anda menggunakan charger yang palsu terkadang tidak memiliki kesamaan pada daya aliran listriknya dan akan berpotensi mengganggu kinerja layar pada smartphone tersebut seperti bergerak dengan sendirinya serta bisa saja akan error. Hal tersebut merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi layar Android yang bergerak sendiri.

Back to Content ↑

4. Melakukan Factory Reset Pada Ponsel

Setelah itu dengan cara melakukan Factory Reset yang terdapat pada menu setting di ponsel Anda. Tapi jika melakukan opsi Reset Factory tersebut akan mengembalikan ponsel dalam keadaan seperti pertama kali dalam membeli sehingga semua data maupun file akan hilang terhapus dan ponsel akan kembali baru seperti semula. Jadi sebelum melakukan opsi tersebut seharusnya Anda terlebih dahulu untuk menyimpan atau menyalin data dan dokumen penting Anda ke dalam komputer Anda untuk sementara waktu.

Back to Content ↑

5. Matikan Ponsel Beberapa Saat

Layar pada ponsel seringkali bergerak sendiri disebabkan oleh ponsel tersebut terlalu panas dan overheating yang biasanya terlalu banyak aplikasi yang dijalankan atau dibuka secara bersamaan dalam waktu yang sama. Pada aktivitas multitasking tersebut memang sering menimbulkan masalah, cara tepat untuk mengatasinya layar Android yang bergerak sendiri adalah dengan mematikan ponsel Anda dalam beberapa menit dan kemudian hidupkan kembali. Cara ini dijamin cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel.

Back to Content ↑

6. Sesekali Bersihkan Screen Protector

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan Screen Protector atau yang biasanya disebut dengan pelindung layar atau tempered glass pada ponsel. Pelindung tersebut yang fungsinya untuk melindungi layar ponsel yang asli dari resiko tergores, pecah atau kemasukan kotoran dan debu. Tetapi jika pemasangan pelindung layar tersebut secara asal-asalan akan menimbulkan celah untuk debu atau kotoran yang akan masuk, hal tersebut itulah yang menimbulkan layar ponsel bergerak dengan sendirinya.

Back to Content ↑

7. Dengan Cara Mengganti Baterai

Yang menjadi penyebab layar pada Android bergerak sendiri karena baterai yang rusak. Selain itu baterai yang menggembung juga bisa menyebabkan panel pada layar Lcd tertekan sehingga dapat menimbulkan layar ponsel bergerak dengan sendirinya atau bahkan error tak bisa bergerak sendiri. Maka dari itu Anda harus segera mengganti baterai Hp yang sudah menggembung seperti itu karena jika keadaan baterai seperti itu kinerja ponsel tidak akan menjadi maksimal, jika dengan baterai yang lebih sehat fungsi layar dan ponsel akan kembali secara normal.

Back to Content ↑

8. Dinginkan Ponsel Anda Untuk Beberapa Saat

Jika Temperatur ponsel Anda terlalu panas karena seringnya pemakaian maka itu tidak akan baik bagi ponsel dan akan menimbulkan berbagai masalah pada ponsel tersebut. Dengan kondisi tersebut akan menyebabkan performa pada hardware bisa menurun, atau bisa juga menyebabkan ponsel akan merestart atau mati sendiri. Dan faktor suhu terutama panas yang berlebihan pada ponsel yang akan mengakibatkan layar ponsel bergerak sendiri. Untuk itu cara tepat mengatasi layar Android yang bergerak sendiri adalah dengan mendinginkan ponsel untuk sementara waktu.

Back to Content ↑

9. Dengan Memperbaiki Bug Rom atau Software

Bagi pengguna Android yang suka otak-atik ponselnya harus memperhatikan hal ini, karena bug pada rom bisa menyebabkan layar ponsel bergerak sendiri, karena itu jangan coba-coba menginstal salah satu custom rom pada ponsel. Selain dari bug pada rom bug pada software juga bisa jadi penyebabnya, apalagi jika Anda pernah menginstal suatu aplikasi yang ternyata bentrok dengan sistem Hp yang Anda gunakan, dengan kondisi tersebut bisa terjadi root dan tidak stabil.

Berikut adalah cara mengatasi masalah tersebut:

  • Dengan Reset HP: Jika ponsel yang semula berjalan dengan normal, tetapi semakin lama kelamaan ternyata touchscreennya semakin error, maka Anda harus mereset Hp agar bisa kembali berjalan dengan normal dan efektif
  • Dengan ReFlash HP: Jika setelah di reset masih belum efektif, maka cobalah untuk mereflash ponsel Anda dan ganti rom nya ke dalam versi lain yang lebih stabil, apalagi jika mendapatkan notifikasi untuk update itu akan lebih baik.
  • Dengan Unroot HP: Jika ponsel Anda mengalami error pada layarnya yang diakibatkan karena root, cobalah untuk unroot ponsel Anda. Tutorial tersebut sudah banyak tersedia di Google.

Back to Content ↑

10. Terakhir Servis Ponsel Anda

Jika cara diatas belum bisa maksimal mengatasi ponsel Anda yang layar ponselnya bergerak sendiri maka langkah terakhir adalah membawa ponsel tersebut ke counter service Hp terdekat. Mungkin penyebab yang lainnya seperti hardware Hp tersebut sudah defect dari produk aslinya. Jika Anda membawa pada ahlinya akan jelas mengetahui penyebab sebenarnya. Setelah itu ponsel Anda akan dinyatakan penyebab dan gejalanya untuk diperbarui supaya bisa kembali normal.

Back to Content ↑

Demikianlah beberapa cara yang tepat mengatasi layar Android yang bergerak sendiri. Mungkin dari masalah layar Android yang bergerak sendiri Anda mempunyai penyebab yang berbeda-beda faktornya. Dari beberapa ulasan diatas mungkin Anda bisa mencoba dengan salah satu cara diatas tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk menormalkan fungsi ponsel Android Anda. Terima kasih, Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil!