Skip to main content

Inilah Cara Mudah Menyambungkan GoPro Ke Smartphone

Inilah Cara Mudah Menyambungkan Gopro Ke Smartphone

Inilah Cara Mudah Menyambungkan Gopro Ke Smartphone

Kamera Gopro adalah kamera mini yang tepat untuk Anda yang memiliki hobi petualangan dan olahraga ekstrem dengan berbagai medan. Selain itu kamera Gopro memiliki dimensi yang ringkas dengan berbagai fitur yang canggih untuk mengabadikan aksi seru dan berbagai momen petualangan yang ekstrim, terdapat hal lain yang membuat Gopro banyak peminatnya yaitu karena bisa dikoneksikan dengan perangkat yang Anda miliki misalnya pada perangkat Android atau iOS. Berikut adalah cara mudah mengakses kamera Gopro dalam perangkat Android dan iOS.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Mudah Menyambungkan Gopro Ke Smartphone Android

Anda pasti merasa kurang puas dan lega untuk melihat hasil rekaman dari kamera Gopro karena Gopro dengan resolusi layar yang kecil dan sempit sehingga untuk mengakses hasil foto atau video hasil rekaman Anda tersebut harus mengkoneksikan Gopro Anda ke dalam smartphone Android maupun iOS, komputer atau Ipad Anda. Berikut adalah cara menyambung Gopro ke dalam ponsel Android Anda.

  • Pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi Gopro dalam Play Store di Android, lalu install aplikasi tersebut
  • Kemudian setelah diinstal, buka aplikasi tersebut. Pada jendela awal aplikasi Anda akan diminta untuk masuk ke akun Gopro jika sudah terdaftar Anda tinggal klik atau login pada akun tersebut. Untuk Anda yang belum terdaftar pada akun Gopro maka pilih opsi get started untuk daftar akun tersebut.
  • Pada opsi get started, Anda harus mengisi e-mail, lalu klik daftar. Setelah sudah, akan ada notifikasi e-mail yang masuk untuk konfirmasi akun yang Anda daftarkan tersebut.
  • Setelah itu, pada aplikasi Gopro, pilih opsi Connect Your Camera dan pilih Add New Device serta pilih model Gopro yang akan muncul pada layar smartphone
  • Lalu akan ada notifikasi pertanyaan ”Apakah ini adalah pertama kali Anda menghubungkan kamera ke smartphone?” Anda bisa pilih Yes atau No.
  • Kemudian aktifkan Gopro beserta Wifinya dan Wifi pada ponsel Anda.
  • Kemudian pada layar Gopro Anda bisa menekan tombol wireless
  • Lalu sambungkan sinyal Wifi tersebut dari titik akses pada Gopro Anda, dan bisanya nama titik akses pada Gopro diawali dengan nama GPS...
  • Anda bisa memasukkan password kamera Gopro Anda atau bisa menggunakan password bawaan dengan mengetikkan “Goprohero” pada jendela password.
  • Setelah itu pilih connect dan kamera Gopro akan terkoneksi pada ponsel, lalu Anda bisa kembali ke layar Gopro.
  • Klik tombol Continue.
  • Kebanyakan pada beberapa kamera Gopro Anda akan dimintai untuk memasukkan PIN yang diberikan, setelah itu masukkan Pin tersebut pada layar Gopro, kemudian klik Pair With Camera.
  • Setelah setting terhubung dengan benar, maka Anda pilih menu Control+Connect
  • Langkah terakhir Anda bisa cek apakah Gopro tersebut sudah tersambung pada ponsel Anda. Dan sekarang Anda bisa mengontrol hasil tangkapan kamera ataupun video oleh Gopro dari ponsel Anda.
  • Anda bisa meletakkan kamera Gopro di tempat manapun yang Anda inginkan setelah itu tekan tombol berwarna merah untuk memulai operasikan menu rekam gambar.
  • Dan jangan lupa perhatikan sudut pengambilan dan pencahayaan agar hasil gambar tersebut terlihat bagus dan Anda tidak perlu mengedit-editnya lagi hasil tangkapan kamera Gopro tersebut. Mudah bukan?

Terdapat tips khusus saat merekam video menggunakan Gopro, janganlah merekam dengan durasi yang lama dan tetaplah fokus pada apa yang ingin Anda rekam saja, agar orang yang melihat video tersebut bisa memahami objek apa yang ingin Anda ceritakan pada rekaman video tersebut. Pada pengaturan Anda bisa mengubah resolusi dan kualitas gambar yang Anda inginkan, sudah terdapat icon-icon tertentu dalam pengaturan tersebut yang terdapat pada bagian pojok kanan bawah di sebelah icon kamera. Itulah cara mudah menyambungkan Gopro ke Smartphone.

Back to Content ↑

2. Cara Mudah Menghubungkan Gopro Ke Smartphone iOS

Tidak jauh berbeda dengan cara menyambungkan pada ponsel Android, hanya Terdapat sedikit perbedaan cara menyambungkan Gopro pada smartphone iOS. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama Tidak jauh berbeda dengan Android, pada Smartphone iOS Anda harus menginstall aplikasi Gopro untuk iOS pada Apps Store.
  • Lalu hubungkan kamera Gopro dengan iPhone atau iPad dan masuk pada menu setting lalu pilih opsi Wifi dengan memilih nama kamera lalu masukkan sandi.
  • Setelah selesai kembalilah ke aplikasi Gopro yang ditandai dengan munculnya lingkaran berwarna biru di sebelah kamera, itu berarti Gopro sudah terkoneksi ke aplikasi Gopro dan sudah siap untuk digunakan.
  • Kemudian sentuh nama kamera untuk menghubungkan Wifi pada kamera dan pastikan mode pesawat pada ponsel sudah mati, jika mode pesawat masih hidup maka Wifi pun otomatis akan mati. Saat sudah tersambung pada kamera Gopro jangan sekali-kali menghidupkan mode pesawat yang nantinya akan memutus sambungan pada Wifi Gopro. Hal tersebut terjadi karena terdapat aplikasi yang berbenturan dengan aplikasi Wifi Gopro, karena Wifi Gopro tidak diperuntukkan untuk tersambung pada internet.
  • Selain pada hal tersebut, karena masalah benturan koneksi aplikasi, bisa jadi karena terdapat beberapa fitur OS Android yang menghalangi koneksi Wifi Gopro ke ponsel.
  • Yang perlu Anda ingat janganlah terlalu sering menyambungkan Wifi Gopro pada ponsel, agar daya baterai tidak cepat habis, maka dari itu gunakan Wifi Gopro seperlunya saja, seperti untuk mentransfer file hasil rekaman video atau beberapa hasil tangkapan foto dari Gopro.
  • Setelah Anda selesai mentransfer data-data berupa hasil foto dan video dengan cara menekan tombol info/wireless yang akan mengaktifkan layar, setelah itu tombol tersebut akan muncul tombol Turn Wifi Off dan terakhir tekan tombol Shutter untuk memilih On/Off.

Back to Content ↑

3. Gambaran Singkat Tentang Kamera Gopro

Ternyata Gopro sendiri adalah sebuah nama merek kamera layaknya kamera Nicon, Canon, dan Sony dll. Sangat berbeda dengan yang lainnya kamera Gopro ini dirancang untuk mengabadikan aksi atau kegiatan ekstrim dengan medan dari yang ringan hingga berat dengan berbagai perjalanan petualangan Anda.

Dengan desain khusus untuk medan-medan berat dengan daya tahan di atas rata-rata sehingga kamera tersebut sanggup beroperasi dengan sebaik mungkin termasuk didalam air, yang dilengkapi casing khusus saat dalam air lebih besar dari ukurannya.

Back to Content ↑

Demikian beberapa informasi tentang cara mudah menyambungkan Gopro ke smartphone Android dan juga iOS. Meskipun terbilang cukup banyak tetapi cara tersebut cukup terbilang mudah, Jika Anda benar-benar mengikuti beberapa cara tersebut sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang jelas. Lebih menarik lagi saat kita menghubungkan Gopro pada ponsel, Anda bisa langsung membagikan hasil video ataupun foto dari rekaman yang Anda ambil pada kamera Gopro ke media sosial yang Anda miliki. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!