Skip to main content

Perbedaan Powerbank Xiaomi Asli Dan Palsu

Perbedaan Powerbank Xiaomi Asli Dan Palsu
Perbedaan Powerbank Xiaomi Asli Dan Palsu

Perbedaan Powerbank Xiaomi Asli Dan Palsu

CEO dari Xiaomi, yaitu Lei Jun mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengejutkan, ia mengungkapkan bahwa produknya powerbank xiaomi yang banyak beredar dipasaran ternyata banyak yang palsu daripada yang asli. Ia juga mengatakan bahwa produk Xiaomi telah menguasai pasaran, tetapi sangat disayangkan bahwa sebagian dari produk tersebut banyak yang berlabel palsu. Lalu bagaimana caranya kita membedakan antara powerbank Xiaomi asli dan palsu. Berikut adalah penjelasannya.

TOC / Daftar Isi

Baca Juga: 4 Cara Cek Garansi Xiaomi

13 Cara Membedakan Produk Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

Pengertian dari powerbank sendiri adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk pengisian daya ulang smartphone atau ponsel lainnya secara portable dan dijadikan pilihan utama dalam menjaga baterai smartphone agar tetap penuh. Xiaomi sendiri yang memiliki gerai resmi, tidak menutup kemungkinan bagi beberapa oknum yang menjual secara bebas produk palsu dari brand Xiaomi. Simak 13 tips berikut untuk membedakannya:

Back to Content ↑

1 Memiliki Warna yang Berbeda

Produk asli power bank dari Xiaomi hanya memiliki tiga varian saja, yaitu merah, hitam, dan putih. Dan ketiga produk tersebut mempunyai kapasitas daya baterai yang berbeda-beda. Untuk varian powerbank Xiaomi warna putih berkapasitas daya 20000mAh, sedangkan pada varian merah dan hitam memiliki daya baterai sebesar 10000mAh. Maka jika warna dan kapasitas tersebut berbeda maka bisa dipastikan produk powerbank tersebut palsu.

Back to Content ↑

2. Body Powerbank

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah dari bagian tubuh powerbank. Untuk produk aslinya warna casing lebih doff atau mate, sedangkan pada produk palsunya casing berwarna lebih glossy atau mengkilap. Dan logo mi yang terdapat pada body produk aslinya tulisan logonya lebih tebal, sedangkan yang palsu tulisannya terlihat samar-samar.

Back to Content ↑

3. Logo Dari Powerbank

Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah tertera logo yang khas dari Xiaomi. Logo pada bagian perangkat Xiaomi untuk yang asli terasa timbul jika disentuh, sangat berbeda dengan produk yang palsu hanya terlihat seperti sebuah stiker yang ditempelkan saja dan tidak terasa timbul jika disentuh.

Back to Content ↑

4. Memiliki Security Code

Cara ini adalah sangat mudah untuk membedakan produk powerbank Xiaomi asli dan palsu,Anda bisa melihat dan melakukan pengecekan terkait kode keamanan yang terdapat pada bagian box perangkat powerbank Xiaomi tersebut. Dengan cara yang cukup sederhana, hanya dengan menggosok bagian pada pelindung kode keamanan untuk mengetahui kode nomor yang nantinya akan Anda gunakan dalam verifikasi pada laman mi.com/verify. Maka akan secara otomatis sistem mendeteksi apakah produk yang Anda miliki tersebut asli atau palsu.

Back to Content ↑

5. Terdapat Tulisan Yang Rinci

Produk powerbank dari Xiaomi yang asli akan terdapat sebuah tulisan yang sangat rinci pada bagian bawah body perangkatnya. Dan tulisan tersebut jika disentuh akan terasa kasar pada perangkatnya. Jika yang palsu saat disentuh terasa halus. Serta terdapat stiker resmi dari Xiaomi yang terletak pada boxnya, untuk produk aslinya, jika tidak terdapat stiker resminya maka produk tersebut palsu.

Back to Content ↑

6. Memiliki Kabel Micro USB Berkualitas

Hal yang perlu diperhatikan adalah saat memilih kabel micro USB dengan melihat produk yang berkualitas. Produk Xiaomi yang asli memiliki micro USB untuk pengisian daya ulang akan terlihat terbuat dari bahan berkualitas yang kuat dan tidak mudah mengelupas. Pada yang palsu akan terlihat berbeda yang cenderung lebih lentur dan riskan saat dipakai.

Back to Content ↑

7. Logo Mi Dalam Port USB

Hal ini harus perlu disadari bagi pengguna powerbank produk Xiaomi. Anda harus lebih teliti dalam membeli, karena pada bagian port USB akan nampak sebuah logo Mi di dalamnya, untuk produk powerbank yang asli tulisan logo mi bentuknya kecil, sementara pada produk yang palsu terkadang tidak terdapat tulisan sama sekali. Dan port mini USB pada produk yang asli berwarna putih, sedangkan produk yang palsu berwarna hitam.

Back to Content ↑

8. Memiliki Lampu Indikator Khas Xiaomi

Pembeda produk powerbank dari Xiaomi kali ini adalah terletak pada lampu indikatornya. Produk yang asli memiliki lampu indikator yang kecil, sedangkan yang palsu memiliki lubang yang lebih besar. Jika produk powerbank Xiaomi yang asli lampu indikatornya nampak tidak terlalu bersinar dan mencolok, tetapi pada produk yang palsu disebut memiliki cahaya yang menyilaukan mata dan terlalu mencolok pada lampu indikatornya.

Back to Content ↑

9. Keunggulan Pengisian Daya Pass-Through

Keunggulan yang satu ini adalah yang dimiliki oleh produk yang asli dari Xiaomi. Yaitu Anda bisa melakukan pengisian daya Smartphone dan sekaligus mengisi ulang perangkat powerbank Anda. Dan fitur ini tidak bisa dilakukan pada produk Xiaomi yang palsu lainnya.

Back to Content ↑

10. Memiliki Tata Letak Tombol Daya yang Baik

Produk Powerbank Xiaomi yang asli memiliki tombol daya yang lebih baik tata letaknya, daripada perangkat palsunya yang disebut memiliki tombol tipis dan agak menonjol keluar keatas.

Back to Content ↑

11. Baterai dari Powerbank

Pada produk cell baterai yang terdapat di Xiaomi yang asli menggunakan produk LG, samsung dan PCB komponennya pada produk asli terlihat lebih tertata baik, berbeda dengan yang palsu bentuk dari baterai nya tidak tertata rapi dan menggunakan merek china yang berkualitas rendah atau tanpa merek. Serta produk aslinya pada penghubung baterai ke motherboard nya menggunakan bahan nikel sedangkan yang palsu menggunakan kabel yang biasa.

Back to Content ↑

12. Harga Menentukan Kualitas

Pada faktanya memang harga yang tinggi menentukan kualitas yang baik juga. Hal ini juga merupakan penentu cara membedakan produk powerbank Xiaomi asli dan palsu. Pada produk yang asli tentu harga cukup mahal namun kualitasnya juga terjamin. Namun pada produk yang palsu pastinya menawarkan harga yang lebih murah dengan kapasitas baterai yang cukup besar, tentunya kualitas tidak akan terjamin, dan pemakaiannya pasti tidak akan tahan lama.

Back to Content ↑

13. Memiliki Produk Bergaransi

Umumnya produk powerbank yang asli akan memiliki garansi resmi dari Xiaomi yang lama, yang paling umum memiliki 2 macam garansi yaitu garansi distributor dan garansi resmi Xiaomi. Pada garansi Distributornya minimal 3 bulan dan bergaransi resmi enam sampai 1 atau 3 tahun. Jika produk yang palsu memiliki garansi yang Cuma sebentar saja seperti 1 atau 2 minggu saja, dan bahkan tidak memiliki garansi sama sekali.

Back to Content ↑

Demikian rekomendasi dalam memilih produk Powerbank dari Xiaomi yang Asli, dan yang perlu diingat adalah jika membeli produk yang palsu akan membahayakan perangkat kita dan bahkan diri kita sendiri akan merasa rugi karena, produk palsu tersebut memiliki kapasitas baterai yang tidak sesuai dengan ruang yang ada.

Nah dengan ulasan tersebut diharapkan Anda sudah bisa membedakan produk powerbank Xiaomi asli dan palsu. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda dan kita semua untuk berhati-hati dalam membeli barang yang berkualitas terbaik. Terima Kasih!