Skip to main content

Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Cepat

Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Cepat
Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Cepat

Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Cepat

Karena berbagai alasan, iPhone kesayangan Anda mungkin mati total. Meskipun kondisi ini sering terjadi pada ponsel seri lama, bukan tidak mungkin pengguna seri baru juga mengalaminya. Lantas bagaimana cara menghidupkan iPhone yang mati total?

Ketika mendapati ponsel dalam keadaan mati, Anda mungkin merasa panik dan ingin segera ke service center untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak perlu terburu-buru. Baca Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut ini untuk mengetahui cara menghidupkan sendiri ponsel yang mati total.

TOC / Daftar Isi

Penyebab iPhone yang Mati Total

Mengapa iPhone bisa mati total secara tiba-tiba, bahkan ketika sedang digunakan? Ada berbagai kemungkinan yang membuat ponsel keluaran Apple ini mati secara mendadak. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Back to Content ↑

Berikut ini beberapa kemungkinan mengapa iPhone mati total.

1. Kerusakan Baterai

Kerusakan baterai atau baterai bocor menjadi salah satu penyebab utama mengapa iPhone bisa mati total secara mendadak. Kemampuan menampung daya yang dimiliki oleh baterai lama tidak sebaik baterai baru, jadi ponsel bisa mati secara tiba-tiba meskipun persentase baterai masih banyak.

Back to Content ↑

2. Kerusakan Hardware

Perangkat keras atau hardware yang rusak juga bisa menyebabkan iPhone mati total. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari jatuh, terbentuk, usang, atau bahkan terkena air. Apabila ini terjadi, Anda tidak punya pilihan selain mendatangi alamat service iPhone di Indonesia.

Back to Content ↑

3. Gagal Upgrade iOS

Ketika iPhone tidak bisa mengupgrade iOS versi baru, kemungkinan hal ini bisa menyebabkan perangkat mati total. Anda bisa menghubungkan perangkat dengan komputer dan melakukan upgrade melalui iTunes. Setelah selesai, cek apakah iPhone bisa kembali menyala atau tidak.

Back to Content ↑

4. Jailbreak

Jailbreak merupakan cara yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone untuk mengeksplorasi ponsel melebihi batas-batas yang telah ditentukan oleh pabrik. Meskipun kedengaran keren dan menarik, nyatanya jailbreak bisa menimbulkan masalah pada ponsel.

Sebenarnya masih ada banyak lagi faktor yang menyebabkan iPhone mati total, seperti gagal mengisi daya, LCD rusak, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui penyebab-penyebab tersebut, kini saatnya beralih ke cara menghidupkan ponsel yang sudah mati total.

Back to Content ↑

4 Cara Mengatasi iPhone yang Mati Total

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi iPhone yang mati total. Namun cara tersebut hanya merupakan langkah awal untuk memastikan apakah gangguan tersebut disebabkan oleh kerusakan perangkat atau faktor lainnya sehingga masih bisa ditangani tanpa bantuan teknisi.

Back to Content ↑

Cara menghidupkan iPhone yang mati total cukup mudah, lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Tekan Tombol Power

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghidupkan kembali iPhone yang mati total adalah dengan menekan tombol power. Tekan dan tahan selama sekitar 10 detik dan lihat apakah ponsel berhasil menyala. Jika belum, ulangi sekali lagi.

Jika tidak ada kerusakan fatal, layar ponsel akan berkedip dan Anda akan melihat logo Apple. Setelah itu ponsel bisa digunakan secara normal. Namun jika cara ini tidak berhasil, kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan iPhone tidak bisa menyala.

Back to Content ↑

2. Tekan Tombol Home dan Hold

Apabila ponsel tidak bisa direstart, Anda bisa mencoba cara selanjutnya yaitu dengan menekan tombol Home dan Hold secara bersamaan. Cara ini sering digunakan sebagai alternatif untuk menghidupkan iPhone yang sudah mati.

Untuk melakukannya, Anda hanya cukup menekan tombol Home dan Hold kemudian tahan selama sekitar 10 detik. Jika belum juga menyala, lakukan lagi selama sekitar 20 atau 30 detik. Namun jika ponsel tidak juga hidup, Anda bisa mencoba cara berikutnya.

Back to Content ↑

3. Sambungkan ke Charger

Jika Anda menduga bahwa matinya iPhone disebabkan oleh kerusakan baterai, coba sambungkan ke charger dan tunggu beberapa saat. Jika ponsel mati karena baterai terlalu lemah, maka cara ini akan membuat ponsel kembali menyala setelah baterai mulai terisi.

Agar cara ini berhasil, disarankan untuk mengisi daya melalui charger adapter agar baterai lebih cepat terisi. Apabila iPhone mati total dan tidak bisa di charge meskipun Anda telah menunggu beberapa saat, kemungkinan terjadi kerusakan perangkat.

Back to Content ↑

4. Kunjungi Service Center

Setelah melakukan beberapa cara di atas namun tidak ada yang membuahkan hasil, kini saatnya untuk membawa iPhone Anda ke service center terdekat. Konsultasikan dengan teknisi mengenai masalah yang Anda alami sehingga mereka bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Jika teknisi menemukan kerusakan perangkat, mereka akan segera melakukan penggantian. Jangan lupa untuk menanyakan estimasi biaya perbaikan agar Anda bisa menyiapkan budget di kemudian hari. Tapi jika kerusakan sangat fatal, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli ponsel baru.

Back to Content ↑

Ada beberapa cara menghidupkan iPhone yang mati total. Anda bisa mencoba cara tersebut untuk melihat apakah ponsel masih bisa menyala atau tidak. Tapi jika semua cara tidak berhasil, ada baiknya jika Anda membawa iPhone tersebut ke service center untuk perbaikan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!