Skip to main content

Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Tombol Home merupakan satu bagian yang sangat penting untuk iPhone 8 series dan sebelumnya. Ada banyak fungsi yang cukup krusial dari tombol ini, misalnya pergi ke home screen dan menampilkan recent apps. Tombol home iPhone tidak berfungsi jelas membuat penggunanya kepayahan.

Tak perlu khawatir jika iPhone mengalami masalah semacam ini karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Selain itu, fungsi tombol home juga dapat digantikan dengan fitur lain di iPhone. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Memperbaiki Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Berikut terdapat 6 cara yang dapat dipraktikkan untuk mengembalikan fungsi dari tombol Home di iPhone.

Back to Content ↑

1.1. Kalibrasi Tombol Home

Cara paling awal yang dapat dilakukan adalah kalibrasi. Prosesnya cukup sederhana dan tidak begitu rumit. Perhatikan tutorialnya baik-baik.

  1. Pengguna boleh membuka aplikasi apapun atau sedang berada di Home Screen iPhone.
  2. Kemudian tekan tombol power dan tahan sampai muncul slider untuk mematikan iPhone. Lepaskan jari dari tombol power setelah slider muncul.
  3. Jangan sentuh slider maupun bagian lain dari layar.
  4. Sekarang tekan dan tahan tombol Home dengan sentuhan yang lembut dan yakin.
  5. Tahan terus tombol Home sampai iPhone menampilkan Home Screen.

Apabila sudah berhasil kembali ke Home Screen, artinya proses kalibrasi berjalan lancar. Cobalah untuk menggunakan tombol Home seperti biasanya.

Back to Content ↑

1.2. Atur Konektor

Belum berhasil setelah mencoba cara sebelumnya? Mungkin tombol Home terlalu masuk ke dalam body iPhone akibat terlalu lama dipakai. Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan iPhone dan kabel USB yang biasa dipakai untuk mengisi daya.
  2. Tancapkan USB ke iPhone tanpa menghubungkannya ke listrik.
  3. Dalam kondisi USB terpasang, dorong atau tekan USB tersebut ke arah atas secara perlahan.

Langkah-langkah di atas dapat dipraktikkan untuk mengatasi tombol Home iPhone tidak berfungsi karena miring, bergeser, atau terlalu masuk ke body.

Back to Content ↑

1.3. Bersihkan Tombol Home

Debu merupakan salah satu musuh bagi smartphone, terlebih untuk iPhone yang tidak mengantongi sertifikat tahan debu. Debu dan kotoran dapat menjadi salah satu penyebab tidak berfungsinya tombol Home. Oleh karena itu, membersihkan bagian tersebut perlu dilakukan supaya fungsinya kembali.

Ikuti trik dan cara ini untuk membersihkan tombol Home di iPhone.

  1. Siapkan alkohol dan cotton bud atau kapas.
  2. Teteskan cairan alkohol ke kapas atau cotton bud. Pastikan tidak terlalu basah supaya tidak merusak iPhone.
  3. Bersihkan seluruh permukaan tombol Home secara perlahan.
  4. Apabila memungkinkan, tekan tombol Home kemudian bersihkan juga di bagian sela-selanya.

Back to Content ↑

1.4. Twist and Spin

Metode selanjutnya ini terbilang cukup ekstrem. Pengguna tak perlu menyiapkan apa pun kecuali iPhone itu sendiri dan keberanian. Langsung saja, berikut ini tutorial lengkapnya.

  1. Pertama, letakkan iPhone pada permukaan yang datar. Di sini, pengguna dapat memanfaatkan permukaan meja atau lantai.
  2. Tekan tombol Home sekuat mungkin.
  3. Sembari tangan masih menekan tombol Home, putarkan iPhone searah dengan jarum jam.

Cara ini dipercaya mampu mengembalikan posisi tombol Home iPhone ke posisi semula. Namun cara ini hanya bisa dipraktekkan untuk iPhone 6 series ke bawah yang masih memakai tombol Home fisik.

Back to Content ↑

1.5. Membawa iPhone ke Ahlinya

Sudah mencoba semua cara di atas tapi belum membuahkan hasil? Sekarang saatnya untuk menyerahkan masalah ini kepada tempat service iPhone. Usahakan untuk menggunakan jasa service center iPhone resmi.

Kenapa harus service center resmi? Mereka akan memberikan pelayanan sebaik mungkin dan menjamin orisinalitas part yang dipakai.

Selain mengatasi masalah tombol Home, service center juga dapat membantu mencari penyebab layar iPhone mati tapi mesin hidup dan mengatasinya.

Back to Content ↑

2. Assistive Touch: Pengganti Tombol Home Paling Diandalkan

Belum berhasil memperbaiki tombol Home dengan cara di atas dan belum punya cukup dana untuk service? Tenang, iPhone sendiri sudah dilengkapi dengan Assistive Touch. Fitur ini memiliki fitur yang sama persis seperti tombol Home namun letaknya ada di layar.

Assistive Touch juga dapat diatur sendiri fungsinya sesuai keinginan pengguna. Jika belum pernah memakai sebelumnya, perhatikan tutorial berikut untuk mengaktifkan Assitive Touch.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka Settings.
  2. Masuk ke sub menu General, kemudian pilih Accessibility.
  3. Klik pada opsi Assistive Touch.
  4. Pengguna akan diarahkan menuju halaman untuk mengatur Assistive Touch dengan lebih lengkap. Di sini, klik pada toggle di samping tulisan Assistive Touch untuk mengaktifkannya.
  5. Untuk mengatur fungsi apa saja yang dapat diakses melalui Assistive Touch, pilih opsi Customize Top Level Menu kemudian lakukan pengaturan sesuka hati.

Tombol virtual ini tidak akan mengganggu aktivitas pengguna di iPhone karena letaknya dapat dipindahkan.

Tak sedikit pengguna iPhone yang beralih ke Assistive Touch untuk mengurangi risiko kerusakan pada tombol Home fisik, terutama di iPhone seri 6 dan yang lebih lawas.

Back to Content ↑

Ada banyak sekali pengetahuan soal iPhone yang mungkin belum diketahui oleh penggunanya. Oleh karena itu, sebaiknya baca dan pahami Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Dengan mengetahui berbagai tutorialnya, fungsi-fungsi tersembunyi di iPhone pun dapat dijamah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!