Skip to main content

Begini Cara Ampuh Mengetahui Jenis Font!

Begini Cara Ampuh Mengetahui Jenis Font!

Begini Cara Ampuh Mengetahui Jenis Font!

Berikut adalah daftar beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan pada smartphone atau PC/Laptop yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis font atau mencari nama font dengan cara yang cukup mudah. Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

TOC / Daftar Isi

2 Tips Mengetahui Jenis Font Menggunakan Aplikasi

1. Dengan Aplikasi What The Font pada iTunes

Aplikasi ini diperuntukkan bagi para pengguna iPhone karena aplikasi tersebut hanya tersedia di iTunes untuk mengetahui jenis dan nama font dan Anda bisa mendownload di iTunes. Pada aplikasi ini cara kerjanya cukup mudah yaitu hanya dengan memotret font yang ingin Anda ketahui dan saat melakukan foto font tersebut harus jelas. Setelah Anda memotret tulisan tersebut Anda harus memasukkan hasil jepretan Anda ke dalam aplikasi tersebut. Cukup mudah bukan dalam menggunakannya.

Back to Content ↑

2. Menggunakan Aplikasi Photoshop

Aplikasi photoshop tidak hanya terkenal dengan aplikasi edit foto saja, tetapi Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui atau mencari berbagai jenis font, karena Photoshop memiliki banyak sekali font dan Anda bisa dapat mengetahui jenis-jenisnya melalui aplikasi tersebut pada PC atau laptop. Caranya, yaitu pertama Anda harus membuka Photoshop, setelah itu klik file lalu pilih open, kemudian temukan opsi type dan pilihlah match font. Setelah itu Anda akan menemukan tampilan untuk menyeleksi font dengan menggunakan crop tool untuk menyeleksi font mana yang ingin Anda ketahui.

Back to Content ↑

10 Tips Mengetahui Jenis Font Menggunakan Web Browser

Jika cara diatas untuk mengetahui jenis font dengan menggunakan aplikasi, maka selanjutnya pada pembahasan kali ini Anda akan mengetahui jenis font menggunakan web browser. Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan jasa pencari jenis font di beberapa situs online pada web. Berikut adalah nama daftar situs onlinenya yang bisa Anda coba.

Back to Content ↑

1. What The Font Pada Situs Online

Cara kerja aplikasi what the font tidak jauh berbeda dengan what the font pada iPhone, pertama Anda harus masuk dalam situs what the font yang terdapat pada situs online. Kemudian Anda bisa memotret jenis font yang ingin Anda ketahui.

Jika terdapat di brosur maka foto font yang terdapat pada brosur tersebut, dengan syarat memfoto dengan jelas kemudian upload hasil foto tersebut dan akan secara otomatis akan mencarikan jenis beserta nama font tersebut. Mudah bukan.

Back to Content ↑

2. Aplikasi Identifont

Pada aplikasi ini menawarkan pencarian font dengan mengajukan beberapa pertanyaan, jadi pada aplikasi ini Anda cukup menjawab beberapa pertanyaan seputar jenis font yang Anda lihat atau yang ingin Anda ketahui. Beberapa pertanyaan tersebut akan muncul pada kolom kosong yang perlu Anda jawab satu persatu. Pada pertanyaan tersebut Anda akan ditanya mengenai kemiripan tentang font yang akan Anda cari.

Back to Content ↑

3. Dengan Font Matcherator

Bagaimana mengetahui jenis font lainnya adalah dengan menggunakan Matcherator, langkah pertama Anda harus memasuki situs font Matcherator , kemudian Upload gambar font yang Anda inginkan kemudian klik upload dan aplikasi matcherator akan bekerja mendeteksi font yang Anda cari tersebut.

Tidak hanya mengupload foto, tetapi pada aplikasi ini Anda juga bisa menyalin link URL jenis font yang Anda ingin ketahui. Dengan cara klik image URL, lalu masukkan link tersebut dan Anda bisa klik Get URL. Mudah bukan.

Back to Content ↑

4. Aplikasi Font Face Ninja

Situs web browser tersebut akan mencarikan jenis font yang terdapat di internet, dengan cara kerjanya yang cukup unik. Pertama Anda harus mengunjungi website Font face ninja dan Anda akan diminta untuk menginstall plug in dari font face ninja. Setelah itu font face ninja akan secara otomatis mencari tahu setiap jenis font dari website-website yang Anda kunjungi.

Jadi fungsinya cukup jelas aplikasi tersebut adalah untuk mencari jenis font dari browser yang sudah Anda kunjungi. Tetapi jika Anda menemukan jenis font di suatu tempat maka Anda tidak bisa memfoto dan menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui jenis font.

Back to Content ↑

5. Dengan Situs Online Fount

Pada situs Online yang bernama Fount ini juga menyediakan layanan pencari jenis font yang cara kerjanya hampir mirip dengan situs online font face ninja. Langkah pertama Anda harus masuk ke dalam situs online fount, kemudian Anda bisa melakukan instalasi plug in dari aplikasi fount tersebut. Kemudian Anda bisa menikmati berbagai fasilitas pada aplikasi tersebut dan Anda hanya bisa mencari jenis font yang terdapat pada web browser saja. Maka, Anda tidak bisa mengetahui jenis font yang tidak terdapat pada internet.

Back to Content ↑

6. WhatFontis

Cara kerja aplikasi tersebut sama dari kebanyakan aplikasi untuk bagaimana mengetahui jenis font lainnya. Yaitu cara kerjanya pun tidak sulit dengan mengupload gambar atau foto font yang ingin Anda ketahui, lalu biarkanlah whatfontis melakukan pekerjaannya dengan mencari tahu jenis font tersebut.

Back to Content ↑

7. Dengan Menggunakan Flickr Typeface Identification

Pada situs online yang satu ini bukan merupakan penyedia jasa untuk mencari jenis font, tetapi merupakan sebuah situs penyedia bermacam-macam foto. Tetapi pada faktanya bisa juga loh untuk mengetahui atau mencari jenis font yang ingin Anda ketahui dengan nama forum tersebut yaitu Flickr Typeface Identification.

Back to Content ↑

8. Dengan Menggunakan Coreldraw

Jika Anda ingin mencari jenis font secara offline, maka bisa juga memakai aplikasi corel draw. Berikut adalah pemaparan caranya.

  1. Langkah pertama Anda harus membuka Aplikasi Corel Draw
  2. Lalu masukkan gambar lalu klik tab text dan pilih opsi What the font.
  3. Kemudian Anda akan dialihkan ke browser kemudian klik continue
  4. Lalu pada halaman tersebut akan memberitahukan jenis font yang ada pada gambar tersebut.

Back to Content ↑

9. Dengan Situs Font Squirrel

Selain itu terdapat cara lainnya yang dengan menggunakan situs font squirrel. Situs ini dapat Anda kunjungi untuk mencari tahu beberapa jenis font pada gambar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama harus memasukkan gambar yang ingin dicari jenis font nya
  2. Lalu sorot tulisan pada gambar tersebut dan kemudian klik tombol Matcherati it!
  3. Lalu hasilnya akan muncul font dengan nama jenisnya.

Back to Content ↑

10. Dengan Typography.guru

Tips terakhir ini Anda bisa menggunakan layaknya forum diskusi di typography.guru. sebelum itu Anda harus membuat akun terlebih dahulu agar bisa menanyakan jenis font pada gambar yang ingin Anda ketahui tersebut. Namun pada aplikasi ini hanya bisa mendeteksi jenis font saja.

Back to Content ↑

Demikianlah beberapa informasi untuk Anda tentang bagaimana cara mengetahui cara jenis font yang harus Anda coba untuk menghilangkan rasa penasaran terhadap font yang asing dan belum Anda ketahui. Jadi untuk mengetahuinya terdapat beberapa cara yaitu bisa memanfaatkan aplikasi, mengakses situs online, dan menanyakan pada forum. Semoga bermanfaat dan selamat membaca. Terima kasih.