Skip to main content

Cara Reset Pabrik iPhone

Cara Reset Pabrik iPhone

Cara Reset Pabrik iPhone

Anda tentu sudah mengetahui cara restart iPhone, bukan? Langkah ini biasanya dilakukan ketika iPhone mulai bermasalah. Namun ada beberapa masalah berat yang tidak bisa diatasi dengan restart. Beberapa kasus tertentu hanya dapat diatasi dengan cara reset pabrik iPhone.

Reset pabrik adalah upaya untuk mengembalikan sistem iPhone ke kondisi default seperti saat baru Oleh karena itu, cara ini kemudian disebut sebagai reset pabrik atau factory reset. Dengan melakukan ini, seluruh data dan pengaturan pengguna di perangkat iPhone akan hilang.

TOC / Daftar Isi

1. Tutorial Cara Reset Pabrik iPhone

Apabila Anda sudah cukup yakin untuk melakukan reset pabrik, ada 2 (dua) alternatif cara yang bisa dipilih. Kedua cara tersebut akan dijelaskan di bawah ini. Beberapa diantara tutorial ini membutuhkan PC atau laptop. Jika tidak memilikinya, Anda pun dapat melakukan reset tanpa bantuan perangkat lain.

Back to Content ↑

1.1. Menu Settings

Settings pada iPhone merupakan pusat untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan hardware dan software. Di Settings, Anda juga dapat melakukan reset pabrik dari halaman Settings. Untuk mengetahui langkahnya, perhatikan tutorial di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Settings terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengklik icon di halaman Home.
  2. Setelah masuk ke halaman Settings, pilih menu General.
  3. Scroll ke bagian bawah sampai Anda menemukan menu Reset. Klik pada menu tersebut.
  4. Di dalam halaman Reset, terdapat beberapa opsi. Klik pada menu Erase All Content and Settings.
  5. Berikutnya akan muncul pop berisi pesan “Documents and Data Are Being Uploaded to iCloud”. Klik pada opsi Finish Uploading Then Erase.
  6. Klik pada tombol Erase Now.
  7. Masukkan passcode untuk mengkonfirmasi langkah yang Anda lakukan.

Langkah kelima pada tutorial di atas berguna untuk mencadangkan seluruh file dan dokumen yang ada di dalam iPhone ke penyimpanan iCloud. Jadi, Anda tidak akan kehilangan seluruh data dan dokumen meski iPhone telah di reset pabrik.

Pada tutorial di atas juga sempat disebutkan bahwa halaman Reset memiliki beberapa menu. Masing-masing menu tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, Anda tak hanya bisa melakukan reset pabrik dengan menghapus seluruh data. Ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan, berikut penjelasannya.

  • Reset all setting: opsi ini dapat dipilih apabila pengguna ingin mengembalikan pengaturan iPhone seperti defaultnya. Opsi ini mirip seperti reset pabrik namun data pengguna tidak dihapus dan dibiarkan tetap ada di iPhone tersebut.
    Opsi yang satu ini dapat dipilih apabila iPhone Anda mengalami masalah. Anda dapat mengembalikan pengaturannya seperti saat masih baru tanpa menghapus satupun data dari iPhone.
  • Reset network settings: berfungsi untuk mengembalikan pengaturan yang berhubungan dengan jaringan seperti defaultnya. Artinya, Anda akan menghapus seluruh password Wifi yang tersimpan, pengaturan jaringan seluler, serta VPN jika ada.
    Opsi reset network biasanya dipakai untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan jaringan atau konektivitas.
  • Reset keyboard dictionary: jika memilih opsi ini, pengguna akan menghapus seluruh kata yang dipelajari secara otomatis oleh keyboard. Jadi, keyboard hanya akan menampilkan saran yang berasal dari default dictionary.
  • Reset home screen layout: mengembalikan tata letak dan pengaturan home screen seperti saat iPhone masih baru.
  • Reset location & privacy: opsi ini dipakai untuk menghapus kustomisasi pengaturan terkait akses lokasi dan privasi, serta pelacakan iklan.

Back to Content ↑

1.2. Reset Pabrik Tanpa Passcode

Anda lupa passcode namun ingin melakukan reset pabrik di iPhone? Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini. Namun ada satu alat tambahan yang harus disiapkan yaitu laptop atau PC Mac.

  1. Pertama, jangan hubungan iPhone dengan Mac terlebih dahulu. Namun pastikan Mac sudah aktif dan memiliki aplikasi iTunes atau Finder.
  2. Selanjutnya, iPhone harus masuk ke mode recovery terlebih dahulu. Terdapat perbedaan cara untuk masuk ke mode tersebut antara iPhone 7 series dan 8 series ke atas.
    • Pengguna iPhone 7 Series dapat masuk ke recovery mode dengan menekan dan tahan tombol power bersama volume bawah. Gunakan slider di layar untuk mematikan iPhone. Biarkan sampai iPhone menunjukkan perintah untuk menghubungkannya ke Mac.
      Jangan lepaskan kedua tombol di atas ketika Anda menghubungkan USB. Lepaskan tombol tersebut setelah iPhone benar-benar masuk ke Recovery Mode.
    • Untuk masuk ke Recovery Mode di iPhone 8 dan lebih baru, tekan dan tahan tombol power bersama salah satu tombol volume. Jangan lepaskan kedua tombol tersebut.
      Apabila layar menampilkan slider untuk mematikan iPhone, geser ke kanan. Hubungkan iPhone ke Mac dengan kabel USB. Apabila iPhone sudah masuk recovery mode, lepaskan tombol volume dan power.
  3. Finder atau iTunes akan menampilkan pop up. Di sini, klik Restore.

Back to Content ↑

Selain dipakai dalam tutorial cara reset pabrik iPhone, iTunes atau Finder juga dapat dipakai untuk banyak keperluan lain terkait iPhone. Anda dapat mengetahui fungsi-fungsi lain dari tools tersebut dari artikel Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!