Skip to main content

Cara Memindahkan Chat Whatsapp dari Android ke iPhone

Cara Memindahkan Chat Whatsapp dari Android ke iPhone

Cara Memindahkan Chat Whatsapp dari Android ke iPhone

Pengguna iPhone yang baru bermigrasi dari Android perlu melakukan penyesuaian, termasuk memahami Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Kalau Anda termasuk jenis user tersebut, ada hal penting yang perlu dipahami yaitu cara memindahkan chat Whatsapp dari Android ke iPhone.

Anda tentu tidak ingin seluruh data percakapan Whatsapp hilang setelah pindah HP, bukan? Oleh karena itu, seluruh chat Whatsapp yang sudah ada di Android wajib dipindahkan ke iPhone. Karena memindahkan data di platform berbeda, langkah yang harus dilakukan pun sedikit lebih rumit.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Memindahkan Chat Whatsapp dari Android ke iPhone

Proses untuk memindahkan chat Whatsapp ke platform berbeda, seperti Android ke iPhone, memerlukan trik khusus. Pasalnya, kedua platform ini memiliki cara kerja berbeda.

Di Android, cadangan atau backup chat disimpan melalui Google Drive. Sedangkan di iPhone, proses backup memanfaatkan iCloud. Sebenarnya memindahkan chat Whatsapp antar platform ini tidak begitu sulit. Namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

Disini Anda bisa memilih salah satu dari dua metode untuk migrasi dari Whatsapp Android ke iPhone. Cara yang pertama adalah menggunakan fitur export chat yang tersedia di Whatsapp. Sementara cara kedua memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang disebut Dr. Fone.

Back to Content ↑

1.1. Ekspor Chat ke Email

Seperti yang telah disebutkan, di sini Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur Whatsapp bernama Export Chat. Percakapan yang pernah Anda lakukan di Whatsapp dapat diubah ke dalam bentuk script dan dikirimkan melalui email.

Selanjutnya, chat yang sudah di ekspor tadi dapat Anda baca kembali di perangkat iPhone. Sayangnya, metode ini hanya bisa dilakukan untuk ekspor chat dari satu orang atau grup saja. Anda tidak mengekspor semua chat di Whatsapp sekaligus.

Akan merepotkan jika Anda memiliki banyak percakapan di Whatsapp, baik dengan seseorang maupun grup. Cara ini lebih cocok untuk Anda yang hanya ingin memindahkan satu atau dua chat dari Android ke iPhone. Ikuti panduan di bawah ini untuk ekspor chat.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Whatsapp.
  2. Buka salah satu chat yang ingin diekspor dengan cara mengkliknya.
  3. Selanjutnya, klik titik tiga yang ada di sudut atas layar bagian kanan untuk memperlihatkan daftar menu.
  4. Klik pada pilihan menu More untuk menampilkan lebih banyak menu dan klik Export chat.
  5. Selanjutnya, di layar akan muncul dua pilihan yaitu Without Media dan Include Media.
  6. Jika Anda ingin menyertakan gambar atau media lainnya, pilih opsi Include Media.
  7. Apabila hanya ingin mengekspor chat atau percakapan saja, pilih opsi Without Media.
  8. Ketik alamat email milik Anda kemudian tekan tombol Send. Whatsapp akan langsung mengirimkan email kepada Anda berisi script percakapan yang diimpor tadi.
  9. Di iPhone, jangan lupa untuk login email yang sudah dikirim riwayat percakapan oleh Whatsapp tadi.
  10. Di bagian inbox. Anda akan melihat email yang dikirimkan oleh Whatsapp. Download lampirannya untuk melihat chat serta media yang pernah dikirim dan diterima dalam percakapan tersebut.

Perlu dipahami bahwa ekspor chat ini sifatnya hanya mengirimkan script percakapan Whatsapp dalam bentuk teks. Pengguna tidak bisa memulihkan chat yang sudah diekspor tadi ke aplikasi Whatsapp iPhone.

Back to Content ↑

1.2. Aplikasi Dr. Fone

Karena cara pertama tadi masih belum bisa dipakai untuk memulihkan chat Whatsapp dari Android ke iPhone, sebaiknya Anda gunakan cara kedua ini. Aplikasi Dr. Fone ini bagaikan jembatan yang menghubungkan dua platform berbeda yaitu iOS dengan Android.

Tidak hanya memindahkan chat Whatsapp, aplikasi Dr. Fone juga sering dipakai dalam tutorial cara backup data iPhone ke Android dan tutorial cara memindahkan foto dari iPhone ke Android.

Perlu dipahami pula bahwa Dr. Fone ini adalah aplikasi berbasis desktop. Aplikasi tersebut hanya bisa diinstall di laptop atau komputer. Jadi, sudah jelas di sini bahwa Anda memerlukan laptop atau PC untuk mempraktikkan cara ini. Langsung saja, ini dia cara memindahkan chat memakai Dr. Fone.

  1. Download installer file Dr. Fone terlebih dahulu melalui website resminya.
  2. Setelah selesai download, buka file installer tadi dan lakukan proses install seperti biasa.
  3. Jika sudah berhasil, buka aplikasi Dr. Fone.
  4. Klik menu Transfer Whatsapp yang ada di bagian halaman utama.
  5. Hubungkan kedua perangkat, yaitu Android dan iPhone menggunakan USB ke laptop atau PC dan Dr. Fone akan mendeteksi secara otomatis.
  6. Pastikan bahwa source adalah Android dan destination adalah iPhone. Jika masih terbalik, klik icon Flip.
  7. Sekarang klik tombol Transfer.
  8. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Back to Content ↑

Mudah bukan, cara memindahkan chat Whatsapp dari Android ke iPhone? Sekarang Anda sudah bisa menggunakan Whatsapp di iOS seperti biasa. Jangan lupa untuk membaca pembahasan cara mengembalikan data iPhone yang hilang untuk antisipasi jika Anda mengalami hal tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!