Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Backup Data iPhone ke Android Tanpa Masalah

Cara Backup Data iPhone ke Android Tanpa Masalah
Cara Backup Data iPhone ke Android Tanpa Masalah

Cara Backup Data iPhone ke Android Tanpa Masalah

Backup data iPhone dapat dilakukan ke perangkat lain seperti komputer atau ponsel iPhone lainnya. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa data file tersebut juga dapat di back up ke Android. Cara backup data iPhone ke Android pun tidak sesulit yang dibayangkan.

Cara transfer data dari iPhone ke Android memang tidak semudah memindahkan data ke sesama iPhone atau komputer. Namun, bukan berarti hal ini tidak mungkin untuk dilakukan. Jangan lewatkan pembahasan berikut ini untuk mengetahui cara transfer dari ponsel iPhone ke Android tanpa ribet!

TOC / Daftar Isi

3 Cara Backup Data dari iPhone ke Android

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melakukan backup data dari iPhone ke Android. Meskipun tidak semudah mencadangkan ke sesama iPhone, tidak ada salahnya mencoba salah satu dari cara ini untuk mengamankan data.

Back to Content ↑

Berikut beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan.

1 Backup Data via Google Drive

Cara backup data iPhone yang pertama adalah melalui Google Drive. Media penyimpanan berbasis cloud ini mampu menyimpan berbagai jenis dokumen, seperti foto, musik, video, aplikasi, dan lain sebagainya.

Keuntungan dari Google Drive adalah data dapat diakses dari berbagai jenis perangkat, termasuk Android. Setelah data berhasil diunggah ke Google Drive, Anda bisa melakukan sign in dari Android dan mengakses data tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak tahapan-tahapan berikut ini:

  • Pastikan iPhone terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi.
  • Unduh aplikasi Google Drive melalui App Store. Jika sudah terpasang, buka aplikasi.
  • Masuk ke menu Settings, kemudian pilih Backup.
  • Aplikasi akan menampilkan seluruh data yang tersimpan di perangkat iPhone, termasuk kalender, foto, video, dan kontak. Pilih file yang ingin ditransfer.
  • Setelah menentukan data yang ingin dipindah, ketuk Start Backup. Proses upload akan dimulai.

Proses ini bisa memakan waktu antara beberapa menit hingga berjam-jam, tergantung besaran data dan kecepatan internet. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tetap tersambung dengan pengisi daya agar iPhone tidak mati di tengah proses upload.

Setelah proses upload selesai, lakukan langkah di bawah ini untuk mengakses data dari perangkat Android:

  • Buka aplikasi Google Drive di Android. Sign in dengan akun dan password gmail.
  • Google Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga data tetap dapat diakses melalui perangkat Android.

Cara backup data iPhone tanpa iTunes ini terbilang sederhana dan tidak memakan waktu lama, dengan catatan tidak ada kendala dengan koneksi internet. Meskipun demikian, cara ini memiliki kekurangan.

Ketika melakukan backup menggunakan Google Drive, data dari iMessage tidak dapat dipindah ke perangkat Android. Sebagai alternatif, Anda dapat menyalin iMessage secara manual ke email sebagai cadangan.

Back to Content ↑

2. Backup Data via Wondershare MobileTrans

Beberapa aplikasi pihak ketiga bisa diandalkan untuk membantu backup data dari iPhone ke Android, salah satunya adalah Wondershare MobileTrans. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan dalam transfer data.

Berikut ini cara backup data dari iPhone ke Android via Wondershare MobileTrans. Simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Download aplikasi Wondershare MobileTrans di laptop atau PC.
  • Buka aplikasi lalu pilih Phone to Phone Transfer.
  • Akan muncul jendela Open USB Debug, klik OK.
  • Sambungkan iPhone dan Android ke PC.
  • Setelah berhasil, akan muncul pilihan data yang akan ditransfer. Centang opsi Contacts untuk memindahkan data kontak. Lalu pilih Start Transfer. Lakukan hal yang sama untuk pesan teks, kalender, foto, musik, dan data file lainnya.

Selain transfer data dari iPhone ke Android, Wondershare MobileTrans juga dapat digunakan untuk backup data ponsel dan mengembalikan data yang sudah dibackup. Dengan aplikasi ini, pengguna iPhone bisa memindahkan data ke Android tanpa repot.

Back to Content ↑

3. Backup Data via Shareit

Shareit merupakan aplikasi terbuka yang bisa digunakan untuk backup data dari iPhone ke Android. Caranya juga sangat mudah, ikuti petunjuk berikut ini:

  • Unduh aplikasi Shareit di iOS dan Android. Setelah terpasang, buka aplikasi di kedua perangkat.
  • Pada iOS, pilih Send untuk mengirim data. Sedangkan pada Android, pilih Receive untuk menerima data.
  • Agar Android terhubung dengan iOS, jangan lupa pilih Connect to iOS/WP.
  • Selanjutnya, pilih file yang ingin di backup pada iPhone. Pilih file sejenis agar proses transfer lebih mudah, misalnya foto kemudian video, kemudian dokumen, dan seterusnya.
  • Setelah memilih data, ketuk OK.
  • Kemudian pilih Connect to hotspot now pada ponsel pengirim.
  • Pilih avatar yang sesuai dengan avatar penerima.
  • Proses transfer akan berlangsung. Tunggu hingga selesai.

Proses backup tergantung pada besaran data yang dikirim. Setelah pemindahan selesai, cek apakah data yang diinginkan sudah terkirim di ponsel Android. Jika mengirim foto dan video, maka data tersebut akan otomatis ditampilkan di galeri.

Back to Content ↑

Cara backup data iPhone ke Android tidak terlalu sulit, bukan? Pilih metode yang dianggap paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa ikuti langkah-langkah yang tertera agar proses backup dapat berjalan tanpa masalah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!