Skip to main content

Cara Menghapus Kontak di iPhone

Cara Menghapus Kontak di iPhone

Cara Menghapus Kontak di iPhone

Terkadang pengguna iPhone perlu menghapus beberapa kontak karena nomor sudah tidak aktif atau tidak perlu lagi menyimpan nomor tersebut. Apakah Anda sudah mengetahui cara menghapus kontak di iPhone? Jika belum, sebaiknya baca artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Menghapus kontak bukanlah pekerjaan yang sulit. Ada beberapa alternatif metode yang bisa dipilih oleh pengguna iPhone, yaitu menggunakan fitur kontak, penyimpanan cloud Apple (iCloud) dan aplikasi tambahan.

TOC / Daftar Isi

1. Tiga Cara Menghapus Kontak di iPhone

1.1. Hapus Melalui Contacts

Layaknya smartphone pada umumnya, iPhone juga dilengkapi dengan menu Contacts. Di dalamnya, pengguna dapat menyimpan nomor dan mengelolanya. Aplikasi ini juga sebenarnya sudah menyediakan opsi untuk menghapus kontak.

Namun banyak pengguna iPhone yang merasa kebingungan karena menu tersebut hanya muncul ketika pengguna masuk ke edit section. Ketika baru memilih atau menyeleksi kontak, opsi hapus tidak tersedia. Agar tidak bingung, sebaiknya simak tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Contacts terlebih dahulu. Caranya adalah dengan klik iconnya di halaman home.
  2. Saat terbuka, halaman Contacts akan menampilkan daftar nama yang sudah disimpan oleh pengguna.
  3. Cari nama kontak yang ingin Anda hapus.
  4. Klik nama kontak tersebut untuk menampilkan detailnya.
  5. Di halaman berikutnya akan tampil nama beserta nomornya serta beberapa opsi yang dapat dipilih.
  6. Karena disini pengguna akan menghapus kontak, maka klik menu Edit yang terletak di bagian kanan atas halaman detail kontak tersebut.
  7. Di halaman edit, pengguna dapat mengubah nama, nomor, dan detail lainnya. Namun bukan itu yang akan dilakukan melainkan menghapus kontak. Jadi, menu yang harus diklik adalah Delete Contact yang ada di bagian paling bawah halaman edit.
  8. iPhone akan mengkonfirmasi kepada pengguna tentang penghapusan kontak tersebut. Jika sudah yakin, pilih opsi Yes.

Setelah Anda mengkonfirmasi hapus kontak, nama dan nomor tersebut tidak lagi ada di kontak iPhone Anda karena sudah terhapus. Dengan begitu, kontak orang tersebut juga akan hilang dari daftar kontak di aplikasi Whatsapp.

Cara di atas memang cocok jika pengguna hanya ingin menghapus satu kontak. Sayangnya, cara di atas kurang efektif untuk menghapus kontak dalam jumlah banyak. Jadi, pengguna disarankan untuk memakai alternatif lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

Back to Content ↑

1.2. Hapus Kontak di iCloud

iPhone termasuk salah satu smartphone berteknologi tinggi. Hal ini bisa dilihat dari fitur-fiturnya yang modern dan canggih. iOS di iPhone lebih memilih penyimpanan kontak di cloud ketimbang penyimpanan lokal. Maka digunakanlah iCloud untuk menyimpan seluruh data tersebut.

Alasannya cukup masuk akal, yaitu memudahkan pengguna untuk mengakses kontak serta memudahkan ketika akan memindahkan kontak dari satu device ke device lain

Karena kontak disimpan di cloud storage, dalam hal ini iCloud, pengguna bisa menghapus kontak dari penyimpanan tersebut. Cara yang satu ini lebih efektif untuk menghapus semua kontak sekaligus. Bagaimana caranya? Simak penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pastikan iPhone dalam kondisi stand by kemudian buka menu Settings.
  2. Di halaman Settings paling atas terdapat nama pengguna perangkat tersebut. Klik di bagian nama.
  3. Selanjutnya akan muncul lagi beberapa menu. Di sini pilih opsi iCloud.
  4. Sekarang pengguna bisa melihat aplikasi-aplikasi yang menggunakan iCloud, termasuk Contacts.
  5. Jika sebelumnya toggle pada Contacts masih aktif atau berwarna hijau, klik untuk menonaktifkannya.
  6. Di layar akan muncul dua opsi yaitu Keep on My Phone dan Delete from My Phone.
  7. Pilih opsi kedua yaitu Delete from My Phone.
  8. Sekarang seluruh kontak yang sempat tersimpan di menu Contacts akan terhapus.

Cara di atas ini hanya bisa diterapkan oleh pengguna yang memang berniat menghapus seluruh kontak di smartphonenya. Ketika toggle pada Contacts dimatikan, artinya kontak di dalam HP tersebut sudah terputus dari iCloud.

Kemudian ada dua pilihan yaitu Keep on My Phone dan Delete from My Phone. Jika memilih yang pertama, kontak memang sudah tidak terhubung dengan iCloud namun kontaknya masih tertahan di iPhone.

Sementara opsi kedua yaitu Delete from My Phone untuk menghapus semua kontak tanpa sisa.

Back to Content ↑

1.3. Aplikasi Groups

Metode terakhir yang bisa diandalkan untuk menghapus kontak di iPhone adalah menggunakan aplikasi Groups. Aplikasi yang satu ini memang didesain untuk menghapus beberapa kontak sekaligus. Berikut ini Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap untuk menggunakan Groups.

  1. Buka App Store terlebih dahulu kemudian cari “Groups”.
  2. Klik Get untuk mendownload dan install.
  3. Jika sudah selesai install, sekarang waktunya untuk membuka aplikasi Groups.
  4. Pilih beberapa kontak sekaligus yang akan dihapus.
  5. Jika sudah terpilih, klik Choose Action dan pilih opsi Delete Contacts.
  6. Akan muncul konfirmasi, di sini pilih saja Remove from my iPhone.

Back to Content ↑

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa cara menghapus kontak di iPhone tidak sulit sama sekali. Namun perlu dipahami bahwa Anda harus memilih tools yang tepat sesuai kebutuhan. Jangan lewatkan pula pembahasan mengenai cara backup data iPhone di artikel yang lainnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!