Skip to main content

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Kartu SIM

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Kartu SIM

Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Kartu SIM

Kontak adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari smartphone. Fungsinya adalah untuk menyimpan nama serta nomor telepon teman-teman, keluarga, dan lain sebagainya. Karena fungsinya sangat penting, sebaiknya pahami cara memindahkan kontak iPhone ke kartu SIM.

Sebagian orang perlu melakukan pemindahan kontak karena beberapa hal. Misalnya saat berpindah perangkat dari iPhone ke Android. Sebagian pengguna juga lebih nyaman menyimpan kontak di kartu SIM sehingga merasa perlu untuk memindahkannya.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Kartu SIM

Fitur untuk impor dan ekspor kontak ada di semua sistem operasi smartphone, termasuk iOS yang dipakai di iPhone. Jika belum mengetahui caranya, simak penjelasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Back to Content ↑

1.1. Fitur Bawaan iPhone

Apple tidak melewatkan detail terkecil ketika mengembangkan sistem operasi iOS. Oleh karena itu, sistem operasi yang satu ini juga telah dilengkapi dengan fitur untuk memindahkan kontak dari iPhone ke SIM card. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama buka menu Settings terlebih dahulu dengan cara klik iconnya di halaman home.
  2. Scroll layar ke bawah dan temukan opsi Contacts.
  3. Klik pada opsi Contacts tersebut.
  4. Sekarang klik pada opsi Import SIM Contacts dan pilih SIM.
  5. Tunggu proses pemindahan data-data kontak ke kartu SIM sampai selesai. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Lama atau tidaknya durasi pemindahan bergantung pada banyaknya kontak yang dipindahkan.

Sayangnya, cara di atas hanya tersedia untuk iPhone versi lama yang masih belum menggunakan nano SIM. Opsi atau menu yang telah dijelaskan tidak dapat ditemukan pada iPhone generasi baru. Hal ini disebabkan oleh Apple yang memang merancang iOS dengan lebih modern.

Oleh karena itu, iOS hanya memiliki pilihan penyimpanan online untuk kontak. Penyimpanan lokal seperti di perangkat atau SIM sudah tidak tersedia lagi. Jangan terlalu khawatir karena Anda masih bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk memindahkan kontak dari iPhone ke kartu SIM.

Back to Content ↑

1.2. Easy Backup

Jenis aplikasi pertama yang bisa dipakai untuk memindahkan kontak dari iPhone ke kartu SIM adalah Easy Backup. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui App Store.

Tak hanya bisa dipakai untuk memindahkan kontak, Easy Backup juga sering dipakai dalam tutorial cara mengembalikan data iPhone yang hilang.

Easy Backup memungkinkan pengguna mengekspor kontak di iPhone dan menyimpannya menjadi sebuah file vcard. File tersebut nantinya bisa Anda pindahkan ke perangkat lain, misalnya smartphone Android. Setelah itu, kontak dapat dipindahkan ke SIM.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Easy Backup untuk memindahkan kontak.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload atau install aplikasi Easy Backup terlebih dahulu. Klik saja link berikut https://apps.apple.com/us/app/easy-backup/id545198169.
  2. Klik Get.
  3. Masukkan password atau ID jika diperlukan.
  4. Selanjutnya, proses download akan berjalan dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  5. Buka aplikasi Easy Backup.
  6. Lakukan pendaftaran atau registrasi akun menggunakan opsi yang tersedia, antara lain Google, Facebook, dan alamat email.
  7. Izinkan aplikasi Easy Backup untuk mengakses kontak di iPhone Anda.
  8. Sekarang klik pada tombol Tap to backup. File backup termasuk semua kontak akan disimpan pada cloud storage Easy Backup.
  9. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengekspor kontak. Caranya klik pada menu My Backup History.
  10. Pilih salah satu file kemudian pilih semua kontak yang ada di daftar.
  11. Klik tombol Export. Selanjutnya, pilih metode email. Easy Backup akan mengirimkan email kepada pengguna berisi file vcf.
  12. Download file vcf pada email yang dikirimkan kepada Anda.
  13. Salin file tersebut ke smartphone lain (Android) yang sudah terpasang kartu SIM.
  14. Buka menu kontak kemudian impor kontak dari file menuju ke SIM.

Back to Content ↑

1.3. My Contact Backup

Selain Easy Backup, di App Store juga terdapat satu aplikasi bernama My Contact Backup. Aplikasi ini lebih fokus untuk melakukan backup dan restore. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang fokus ke backup file iPhone secara keseluruhan.

Perhatikan Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut untuk mengetahui cara menggunakan My Contact Backup.

  1. Karena My Contact Backup bukan aplikasi default di iPhone, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu melalui App Store.
  2. Cari aplikasinya kemudian tekan Get. Masukkan password jika diperlukan kemudian tunggu sampai proses download dan install berhasil.
  3. Buka aplikasi My Contact Backup.
  4. Berikan akses kepada My Contact Backup untuk mendeteksi kontak di iPhone.
  5. Klik tombol Backup.
  6. Pilih sebagian atau seluruh kontak yang akan dipindah, klik Email.
  7. Masukkan alamat email Anda pada kolom To.
  8. Klik Send. File kontak akan dikirimkan ke email Anda secara langsung.
  9. Untuk menyalin kontak ke SIM, lakukan langkah yang sama dengan urutan 12-14 pada tutorial aplikasi Easy Backup.

Back to Content ↑

Sampai di sini, Anda tentu sudah memahami bagaimana cara memindahkan kontak iPhone ke kartu SIM dengan benar. Setelah ini, sebaiknya Anda juga mempelajari cara menghapus kontak di iPhone agar jumlah kontaknya tidak terlalu banyak. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!