Skip to main content

Cara Mengembalikan Data iPhone yang Hilang

Cara Mengembalikan Data iPhone yang Hilang
Cara Mengembalikan Data iPhone yang Hilang

Cara Mengembalikan Data iPhone yang Hilang

Kehilangan file atau data merupakan sebuah mimpi buruk bagi setiap orang. Apalagi jika data tersebut penting. Supaya tidak kebingungan ketika mengalami hal ini di masa mendatang, sebaiknya pelajari cara mengembalikan data iPhone yang hilang.

iPhone sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan sistem backup data yang cukup baik. Sehingga tidak sulit untuk mengembalikan apabila ada data yang hilang. Namun hal ini tetap membingungkan untuk pengguna yang masih belum mengerti caranya.

TOC / Daftar Isi

4 Cara Mengembalikan Data iPhone yang Hilang

Pengguna memiliki beberapa opsi yang bisa dipilih ketika ingin restore data yang sudah terhapus atau hilang. Pilihannya antara lain menggunakan iCloud, iTunes, serta aplikasi lain dari pihak ketiga. Untuk mengetahui step by stepnya, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Finder atau iTunes

Metode pertama yang bisa digunakan untuk mengembalikan data iPhone yang hilang adalah menggunakan Finder atau iTunes. Fungsi kedua aplikasi ini sebenarnya sama, hanya jenis aplikasinya saja yang berbeda.

Aplikasi Finder hanya ada di MacOS (Macbook dan iMac) Catalina versi 10.15 dan yang lebih baru dari itu. Sementara untuk sistem Mac OS dengan versi lebih lama, digunakanlah iTunes. iTunes ini juga bisa diinstall dan diakses pada sistem operasi Windows.

Jadi, untuk mengembalikan file hilang dari iPhone menggunakan Finder atau iTunes, Anda memerlukan satu unit komputer atau laptop dan kabel USB untuk menghubungkannya dengan iPhone. Berikut ini tutorial selengkapnya.

  1. Install aplikasi yang dibutuhkan terlebih dahulu, dalam hal ini Finder atau iTunes.
  2. Jika sudah diinstall, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, hubungkan iPhone ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB yang telah disediakan. Untuk kelancaran proses ini, sebaiknya pakai kabel original yang masih berfungsi dengan baik.
  4. Pengguna mungkin akan diminta untuk memasukkan passcode dan mengonfirmasi bahwa perangkat komputer tersebut bisa dipercaya.
  5. iTunes atau Finder akan langsung memindai perangkat yang dihubungkan ke komputer.
  6. Klik nama perangkat Anda begitu terdeteksi di Finder atau iTunes.
  7. Detail perangkat iPhone Anda akan ditampilkan bersama beberapa menu. Di sini klik pada tombol Restore Backup.
  8. Di halaman berikutnya akan muncul daftar backup yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya. Perhatikan tanggal dari setiap backup tersebut.
  9. Selanjutnya pilih salah satu backup. Pastikan Anda memilih backup yang tepat. Pastikan bahwa di dalam backup tersebut ada file yang Anda cari.
  10. Masukkan password kemudian klik pada tombol Restore.
  11. Tunggu sampai proses pemulihan file selesai.
  12. Setelahnya, Anda dapat meng-eject iPhone dari komputer dan melakukan proses restart.

Back to Content ↑

2. iCloud

Jika tidak punya komputer untuk memulihkan cadangan seperti di atas, gunakanlah metode pemulihan iCloud. Metode ini bisa dilakukan secara langsung dari iPhone pengguna. Namun perlu dipahami bahwa cara ini mengharuskan Anda untuk melakukan reset terlebih dahulu.

Setelah proses reset selesai, barulah proses pemulihan cadangan dari iCloud bisa dilakukan. Cara ini memang lebih merepotkan dan risiko kehilangan datanya juga cenderung lebih besar. Pemulihan menggunakan iCloud ini lebih disarankan untuk iPhone baru dan belum pernah dipakai sebelumnya.

Jika Anda yakin untuk menggunakan metode pemulihan iCloud, ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini.

  1. Jika Anda menggunakan iPhone lama yang sudah pernah dipakai, lakukan reset terlebih dahulu. Caranya adalah dengan buka Settings, pilih General, lalu pilih Reset.
  2. Masukkan password jika diminta dan iPhone akan menghapus semua data. Restart.
  3. Jika menggunakan iPhone baru, Anda bisa langsung menghidupkan perangkat tersebut.
  4. Pengguna akan diminta untuk melakukan berbagai pengaturan awal.
  5. Setelah sampai ke bagian App & Data, klik pada opsi Restore from iCloud Backup.
  6. Anda akan diminta untuk login ke iCloud menggunakan Apple ID dan passwordnya.
  7. Di halaman berikutnya akan muncul list atau daftar backup yang ada di akun Anda. Perhatikan baik-baik ukuran serta tanggal pembuatan dari masing-masing backup.
  8. Pilih salah satu backup yang paling mendekati pencarian Anda.
  9. Anda akan diminta untuk memasukkan kembali Apple ID dan password. Namun langkah ini bisa dilewati dan Anda dapat melakukannya nanti.
  10. Selanjutnya proses restore akan langsung dilakukan. Prosesnya bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam bergantung pada ukuran data backupnya. Pastikan bahwa iPhone tersebut tidak terputus dari koneksi internet sampai proses restore selesai.

Back to Content ↑

3. iMyFone – iPhone Data Recovery

iPhone Data Recovery merupakan salah satu tools berbayar dari iMyFone yang dapat membantu pengguna iPhone mengembalikan datanya yang hilang. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu melakukan pembelian terlebih dahulu. Berikut ini harganya.

  • Pemakaian 1 bulan untuk 1 perangkat iOS: $39.95
  • Pemakaian 1 tahun untuk 1 perangkat iOS: $49.95
  • Pemakaian selamanya untuk 5 perangkat iOS: $69.95

Aplikasi ini cukup ringan dan bisa diinstall di Windows versi berapapun. Cara penggunaannya tidak begitu sulit, ikuti tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Install terlebih dahulu aplikasi iPhone Data Recovery.
  2. Setelah diinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Sambungkan juga perangkat iOS atau iPhone menggunakan kabel USB agar terdeteksi oleh komputer.
  4. Jika perangkat iPhone sudah terdeteksi, selanjutnya klik pada tombol Scan. Proses ini bertujuan untuk memindai keberadaan file-file yang sudah sempat terhapus atau hilang.
  5. Proses scan ini tidak berlangsung begitu lama. Meski prosesnya cepat, hasilnya tidak mengecewakan karena aplikasi ini bisa menemukan hampir semua file yang sudah sempat dihapus dari iPhone, baik secara sengaja maupun tidak.
  6. Pilih data-data yang akan dikembalikan dengan cara memberi tanda centang pada setiap file.
  7. Klik Recover.
  8. Data yang sudah dikembalikan tersebut akan langsung dikirimkan ke iPhone.

Back to Content ↑

4. Dr. Fone

Satu lagi aplikasi yang bisa dipakai untuk mengembalikan file hilang di iPhone adalah Dr. Fone. Cara menggunakannya juga tidak begitu sulit. Berikut ini tutorialnya.

a) Cadangan Komputer

Pilihan pertama adalah memulihkan data yang hilang dari cadangan komputer menggunakan Dr. Fone.

  1. Install Dr. Fone terlebih dahulu kemudian buka aplikasinya.
  2. Klik pada menu Data Recovery dan pilih Recover from iTunes Backup File.
  3. Aplikasi akan melakukan pemindaian dan menampilkan banyak file.
  4. Pilih beberapa file yang akan dikembalikan, kemudian klik pada Recover to Computer atau Recover to Device.
b) Cadangan iCloud

Jika tidak punya cadangan di komputer, pengguna dapat menggunakan cadangan iCloud. Langkah-langkahnya kurang lebih sama.

  1. Buka Dr. Fone kemudian pilih menu Data Recovery.
  2. Klik pada opsi Recover from iCloud Backup.
  3. Login ke iCloud menggunakan Apple ID dan password.
  4. Daftar backup akan langsung ditampilkan.
  5. Pilih salah satunya, kemudian seleksi file yang akan dikembalikan.
  6. Klik Recover to Device.

Back to Content ↑

Jika Anda mengalami kehilangan file penting atau tidak sengaja menghapusnya, praktekkan cara mengembalikan data iPhone yang hilang di atas. Untuk mengetahui lebih banyak tips serta seluk beluk iPhone, jangan lupa baca artikel Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!