Skip to main content

Salep Bepanthen, Solusi Efektif Masalah Kulit Sensitif Bayi

Salep Bepanthen, Solusi Efektif Masalah Kulit Sensitif Bayi
Salep Bepanthen

Salep Bepanthen, Solusi Efektif Masalah Kulit Sensitif Bayi

Setiap orang tua pasti mendambakan buah hatinya tumbuh dengan sehat. Hal ini terutama pada buah hati yang masih bayi atau balita, dimana bayi atau balita sangat rentan terhadap berbagai permasalahan tumbuh kembang, mulai dari alergi makanan sampai masalah kulit sensitif.

Daya tahan tubuh bayi memang bisa dikatakan seperti suatu sistem pertahanan yang masih mengalami trial and error, khususnya masalah kulit. Terkait daya tahan tubuh yang masih belum sempurna, kulit bayi seringkali mengalami masalah.

Permasalahan pada kulit bayi yang biasanya terjadi contohnya adalah bruntusan, ruam popok, kulit kering, iritasi, dan permasalahan kulit lainnya.

Ada beberapa pencetus yang menyebabkan permasalahan pada kulit bayi, yang paling sering ditemukan adalah masalah bawaan seperti alergi pada popok yang kotor, alergi pada material popok tertentu, hingga alergi pada bahan irrritant tertentu.

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut, sangat disarankan untuk sering mengganti popok bayi apabila dirasa popok yang dipakai sudah terlalu lembab. Solusi lainnya adalah dengan menjaga kebersihan dan kalau perlu menggunakan salep khusus iritasi kulit bayi seperti Bepanthen.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Zambuk, Salep Serbaguna dan Praktis untuk Keluarga

Berkenalan dengan Bepanthen

Bepanthen merupakan produk salep dari Bayer khusus untuk masalah kulit pada bayi. Bepanthen merupakan produk salep berbahan dasar krim dengan kandungan formula efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit iritasi.

Indikasi umum dari Bepanthen adalah sebagai salah satu terapi tambahan untuk masalah kulit sensitif pada bayi seperti ruam popok, iritasi kulit karena terbakar matahari, alergi bahan irritant tertentu, kulit pecah-pecah, ulcer (boronjmk), luka ringan, peradangan, dan sebagainya.

Dengan kemasan produk dalam tube 20 gram, salep Bepanthen menggabungkan triple formula yang terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kulit sensitif bayi. Untuk komposisi detail berikut cara pakai salep Bepanthen akan dipaparkan dalam penjelasan berikut ini.

Back to Content ↑

1. Beswax Sebagai Salah Satu Komposisi Salep Bepanthen dan Manfaatnya

Salep Bepanthen memiliki komposisi bahan-bahan khusus yang sudah lama dikenal di bidang medis sebagai bahan-bahan efektif untuk mengatasi permasalahan pada kulit.

Bahan-bahan tersebut seperti lanolin, dekspanthenol (provitamin B5), panthenol, water, prunus amygdalus dulcis oil, paraffinum liquidum, petrolatum, lanolin alcohol, cetyl alcohol, stearyl alcohol, ozokerite, glyceryl oleate, dan beeswax.

Sebagai salah satu bahan penyusun komposisi salep Bepanthen, beeswax memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Beeswax merupakan lilin lebah yang biasanya diaplikasikan pada kulit sebagai pelembab. Selain sebagai pelembab kulit, ada beberapa manfaat lain beeswax:

Back to Content ↑

  • 1. Mengurangi peradangan kulit kronis

    Suatu penelitian pernah mengungkapkan bahwa beswax ditambah bahan campuran madu terbukti mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab masalah kulit.

  • Back to Content ↑

  • 2. Menghilangkan jerawat

    Bahan anti bakteri dan anti peradangan pada beeswax mampu mengurangi munculnya jerawat. Kandungan emolient mampu melembutkan kulit setelah jerawat kempes.

  • Back to Content ↑

  • 3. Melembutkan bibir yang kasar

    Kandungan pelembab alami beeswax membuatnya sering dioleskan pada bagian bibir yang kering.

  • Back to Content ↑

  • 4. Sebagai bahan relaksasi yang aman

    Lilin beeswax ketika dibakar bisa menjad bahan relaksasi natural yang aman bagi kesehatan ketika dihirup.

  • Back to Content ↑

Selain beeswax, ada juga provitamin B5 dan bahan-bahan pendukung lain yang sudah terbukti aman dan teruji klinis mampu memelihara kesehatan kulit bayi yang sering tertutup popok.

2. Manfaat Salep Bepanthen

Ada beberapa manfaat pokok dari salep Bepanthen untuk mengatasi permasalahan ruam popok dan iritasi kulit. 3 fungsi utama dalam komposisi Bepanthen adalah:

Back to Content ↑

  • 1. Melindungi dari masalah akibat gesekan antara popok dan kulit bayi

    lanolin dalam bahan dasar salep berfungsi sebagai lapisan pori yang mampu melindungi kulit bayi akibat gesekan antara popok dan kulit.

  • Back to Content ↑

  • 2. Melembutkan kulit bayi

    Almond oil, paraffinum liquidum, serta lanolin menjadi bahan dasar yang ampuh untuk melembutkan kulit bayi.

  • Back to Content ↑

  • 3. Memelihara kulit bayi

    Provitamin B5 dengan nama lain dekspanthenol terbukti aman dan mampu memelihara kulit bayi dari ruam dan iritasi sepanjang hari.

  • Back to Content ↑

Selain manfaat pokok untuk permasalahan kulit bayi, ternyata ada juga manfaat lain salep Bepanthen untuk para ibu yang mengalami lecet puting akibat menyusui. Ujung puting yang lecet tentunya akan menimbulkan rasa sakit bagi ibu menyusui.

Pengaplikasian salep Bepanthen terbukti efektif mengatasi lecet puting tersebut. Cara pengaplikasiannya adalah:

  • Bersihkan terlebih dahulu puting yang lecet menggunakan handuk hangat, kemudian keringkan sampai benar-benar kering.
  • Oleskan tipis-tipis salep Bepanthen pada area puting yang lecet.
  • Sebaiknya jangan langsung menyusui setelah pengaplikasian salep.
  • Aplikasikan salep ketika bayi tidak menyusu dalam jangka waktu tertentu, misalnya ketika sedang tidur. Ketika hendak menyusui, bersihkan puting terlebih dahulu.

Back to Content ↑

3. Dosis dan Aturan Pakai Salep Bepanthen

Dosis dan cara pakai salep Bepanthen sebenarnya tidak terlalu spesifik langkah-langkahnya, hanya saja kebersihan adalah faktor utama yang harus selalu dijaga. Untuk masalah ruam popok pada bayi, berikut cara pengaplikasian salep Bepanthen:

  • Sebelum diaplikasian salep, sebaiknya area kulit bayi yang mengalami ruam dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian keringkan sampai kulit kering sepenuhnya.
  • Kemudian keluarkan sadikit salep dari tube (kurang lebih seujung jari) dan aplikasikan tipis-tipis namun merata pada area kulit bayi yang bermasalah, seperti pada bokong, lipatan paha, dan selangkangan. Jangan mengaplikasian salep terlalu tebal, secukupnya saja.
  • Salep Bepanthen sebaiknya diaplikasikan 2 kali sehari secara rutin sampai permasalahan iritasi kulit hilang sepenuhnya.
  • Kontraindikasi salep Bepanthen diantaranya ini tidak disarankan untuk pengaplikasian pada kulit dengan luka terbuka atau luka berdarah. Selain itu, salep Bepanthen juga tidak dianjurkan untuk mereka yang hipersensitif terhadap komposisi dasar salep.

Back to Content ↑

4. Aturan Penyimpanan

Meski terbukti efektif mengatasi masalah iritasi dan ruam popok pada bayi, penyimpanan yang keliru bisa mempengaruhi daya kerja salep. Hal ini penting untuk diperhatikan agar salep terhindar dari kontaminasi kotoran atau bakteri luar. Berikut adalah cara penyimpanan salep yang benar:

  • Ketika mengeluarkan salep dari tube, sebaiknya ujung tube tidak sampai mengenai kulit untuk menghindari kontaminasi bakteri dari luar pada salep
  • Setelah digunakan, segera tutup rapat-rapat kemasan tube salep dengan benar
  • Simpan salep di bawah suhu 25° Celcius
  • Cek expired date salep. Jangan gunakan salep yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa
  • Jauhkan salep dari jangkauan anak-anak

Back to Content ↑

Nah, sekarang para Bunda sudah tak perlu khawatir lagi apabila buah hati mengalami masalah pada kulit sensitifnya akibat pemakaian popok. Salep Bepanthen bisa dipilih untuk mengatasi segala masalah terkait ruam popok.

Salep Bepanthen juga sangat mudah diperoleh. Ini sudah tersedia di apotek dan toko obat terdekat di kota Anda. Salep Bepanthen juga dapat diperoleh secara online melalui situs Bepanthen.

Atau, bagi para Bunda yang juga ingin tahu lebih dalam tentang berbagai masalah terkait iritasi dan ruam popok sang buah hati, bisa kunjungi situs resmi Bepanthen klik https://www.bepanthen.co.id/. Demikian informasi seputar salep khusus iritasi kulit dan ruam popok bayi, Bepanthen. Terima Kasih dan Semoga bermanfaat!