Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Apakah Perbedaan iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro?

Apakah Perbedaan iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro?
Perbedaan iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro

Apakah Perbedaan iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro?

Sejak perilisan perdananya yang sudah hampir satu dekade, iPad kini sudah terdiri empat type dan hadir dalam lima varian ukuran yang berbeda. Empat type tersebut adalah, iPad original yang sudah mencapai generasi keenam, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro yang katanya akan menggantikan fungsi laptop. Lalu Apa perbedaan iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro tersebut. Simak ulasannya berikut ini:

TOC / Daftar Isi
BACA JUGA:

Perbedaan Dari Segi Pengertian

1. iPad

Pada tahun 2010 model pertama iPad telah muncul, selama sudah delapan tahun berselang generasi keenam iPad dirilis sebagai type terendah dari segi harga maupun segi spesifikasinya. Bagaimana tidak ketika iPad lain sudah dibekali dengan chipset A12 Bionic, tablet yang satu ini masih menggunakan A10 Fusion dan bahkan memiliki kapasitas RAM yang hanya 2GB saja.

Meskipun begitu iPad masih hadir dengan performa yang tidak mengecewakan penggemarnya, baik untuk browsing, bermain game, maupun membuka aplikasi yang lainnya. Tidak kalah menarik dari type lainnya iPad ini ternyata sudah dibekali dukungan penggunaan Apple Pencil generasi pertama.

Back to Content ↑

2. iPad Mini

iPad mini adalah versi iPad yang berukuran kecil, ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Meskipun berukuran mini, namun bukan dengan harga yang mini juga, sejak iPad Mini 2 yang spesifikasinya hampir mirip dengan iPad Air. Dengan model terbaru dengan type iPad Mini 4 yang hadir terupdate dengan fitur dan teknologi terbaru yang canggih, meskipun dimensinya yang lebih kecil sekitar 7.9.

Hadir dengan teknologi seperti layar Retina Display, Touch ID, hingga processor yang sudah terbaru juga tersemat di iPad Mini model terbarunya. Anda bisa menjalankan aplikasi maupun game dengan kelas berat tanpa ada masalah. Dengan ukuran yang pas digenggaman tangan, model ini sangat nyaman untuk dibawa kemanapun terutama untuk bermain game.

Model iPad Mini sangat cocok buat Anda yang bergaya simple dan mobile. Anda bisa membaca berbagai artikel informasi dan bermain game dimanapun Anda berada, karena hadir dengan bentuk yang kecil dan ringan sehingga tidak banyak memakan banyak tempat. Jadi jika disimpan dalam tas tidak terlihat tebal dan mengganjal karena dengan bentuk yang proporsional nyaman di genggaman saat dibawa kemana saja.

Back to Content ↑

3. iPad Air

Model iPad Air ini adalah penerus dan juga sekaligus versi terbaru dari generasi terdahulu yaitu iPad versi original. Pada type iPad Air banyak sekali membawa perubahan dari pada versi yang terdahulunya. Perbedaan paling menonjol adalah pada dimensi dan desain layarnya yang lebih lebar dibandingkan dengan iPad original, serta adanya tambahan dukungan resolusi retina Display. Jadi type iPad Air jauh lebih mewah dan keren.

Perubahan pada desain juga mempengaruhi berat dari iPad Air sendiri. Beratnya jauh lebih ringan daripada type iPad generasi terdahulunya. iPad Air jauh lebih nyaman pada saat satu genggaman tangan dan sangat jauh berbeda dari versi dulunya yang tebal dan sangat berat.

Type iPad Air juga dilengkapi dengan teknologi terbarunya mulai dari processor, touch ID, dan sebagainya. Versi pendatang barunya yaitu iPad Air 2, sangat cocok buat Anda yang ingin mempunyai tablet berukuran normal. Ukuran model iPad Air ini sekitar 9.7 yang hadir dengan performa dan kualitas yang tidak bisa diragukan lagi.

Back to Content ↑

4. iPad Pro

Model iPad yang hadir dengan versi terbaru yang memiliki banyak berbagai macam keunggulan. Keunggulan yang sangat menarik adalah dengan adanya dukungan Smart Connector dan Apple Pencil, sangat cocok dengan harganya yang mahal. Di Indonesia sendiri pengguna iPad Pro masih terlalu banyak. Tetapi bagi para penggemar iPad produk dari Apple pasti sudah banyak yang membelinya.

Untuk para desainer dan ataupun para profesional iPad Pro ini lebih cocok untuk mereka, karena didukung dengan teknologi terbaru yang membuat kinerja yang sangat tinggi, apalagi dengan adanya Apple Pencil yang memudahkan bagi para desainer untuk menuangkan ide menggambarnya. Dengan ukuran yang sangat besar iPad Pro ini, sangat cocok untuk Anda pengguna tablet berlayar yang melegakan dan tidak efisien jika dibawa kemana-mana, apalagi diletakkan pada tas kecil.

Back to Content ↑

Perbedaan iPad, iPad Mini, iPad Air, iPad Pro Dari Segi Spesifikasi

1. iPad (2018)

  • Layar: IPS LCD 9,7 inch; dan 1536 x 2048 piksel (264ppi)
  • Chipset: Apple A10 Fusion
  • Memory: 32GB/128GB dan Ram 2GB
  • Kamera: belakang 8 MP dan depan 1,2 MP
  • Kapasitas Baterai: 8.827 mAh
  • Konektor: Lightning

Back to Content ↑

2. iPad Mini (2019)

  • Layar: IPS LCD 7,9 inch; 1536 x 2048 piksel (324 ppi)
  • Chipset: Apple A12 Bionic
  • Memory: 64GB/256GB dan RAM 3GB
  • Kamera: belakang 8 MP dan depan 7 MP
  • Baterai: 5.124 mAh
  • Konektor: Lightning

Back to Content ↑

3. iPad Air (2019)

  • Layar: IPS LCD 10,5 inch, 1668 x 2224 piksel (265ppi)
  • Chipset: Apple A12 Bionic
  • Memory: 64GB/256GB, RAM 3GB
  • Kamera: belakang 8 MP dan depan 7 MP
  • Kapasitas Baterai: 7.340 mAh
  • Konektor: Smart Connector, Lightning

Back to Content ↑

4. iPad Pro 11 inch (2018)

  • Layar: IPS LCD 11 Inch, 1668 x 2388 piksel (265ppi)
  • Chipset: Apple A12X Bionic
  • Memory: 64GB/256GB/512GB, dan RAM 4 atau 1TB, RAM 6GB
  • Kamera: belakang 12 MP dan depan 7 MP
  • Baterai: 7.812 mAh
  • Konektor: Smart Connector, USB-C

Back to Content ↑

3 Tips Memilih iPad Tepat Guna

1. Sesuaikan Ukuran Layar

Salah satu pertimbangan yang paling penting adalah memilih ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Jika Anda ingin sekedar membaca e-book atau bermain game maka pilih layar yang berukuran sedang saja, jika ingin sebagai pengganti laptop pilihlah yang berukuran terbesar. Dengan adanya empat type iPad dari produk Apple tersebut, yang hadir dengan beragam ukuran layar. Pilihan layar terkecil adalah iPad Mini yang berukuran 7,9 inch dan iPad 12,9 inch adalah ukuran yang paling terbesar.

Back to Content ↑

2. Pilihlah Processor Yang Memadai Kebutuhan

Hampir semua Produk iPad yang baru di pasaran saat ini sudah dibekali chipset A12 Bionic. Sedangkan yang iPad yang masih menggunakan chipset A10 Fusion adalah hanyalah iPad versi 2018 yang merupakan generasi keenam dari original iPad. Meskipun begitu performanya tidak bisa diragukan dan masih bisa diandalkan sampai saat ini.

Back to Content ↑

3. Aksesoris Tambahan Yang Anda Butuhkan

Terdapat dua aksesoris yang sangat menarik dan juga penting, yaitu Apple Pencil dan Smart Keyboard, yang bisa menyempurnakan pemakaian iPad Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, jika Anda membutuhkan untuk desain gambar maupun mencatat sesuatu yang penting, Apple Pencil adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda ingin iPad Anda berfungsi sebagai laptop, Anda bisa menggunakan Smart Keyboard.

Yang sudah didukung Apple Pencil generasi kedua hanyalah iPad Pro, yang pensilnya dapat ditempel pada sisi tablet dengan magnet dan otomatis akan mengisi daya secara nirkabel. Sedangkan type baru iPad lainnya juga dibekali penggunaan Apple Pencil dari generasi pertama, yang masih menggunakan konektor lightning untuk pengisian daya. Sedangkan pada iPad Air dan iPad Pro yang sudah dibekali Smart Connector yang dapat disambung ke Smart Keyboard, yang digunakan untuk mengetik dan juga pelindung layar saat tidak digunakan.

Back to Content ↑

Itulah beberapa penjelasan perbedaan dari iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro yang mudah dikenali dan paling mendasar. Anda bisa memilih dari keempat type tersebut sesuai kebutuhan Anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menentukan mana yang akan Anda beli. Terima kasih!