Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

4 Cara Cek Garansi Xiaomi

4 Cara Cek Garansi Xiaomi
Xiaomi

4 Cara Cek Garansi Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu merk HP yang memiliki banyak pengguna di Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau namun tetap memberikan fitur yang tidak kalah canggih. Namun yang menjadi masalah adalah banyak produk Xiaomi tidak resmi yang juga di jual di Indonesia. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek garansi Xiaomi.

Dengan mengecek garansi Xiaomi, Anda dapat memastikan bahwa produk tersebut adalah barang yang resmi atau ilegal. Biasanya produk Xiaomi yang resmi adalah yang bergaransi TAM, yaitu distributor resmi Xiaomi yang ada di Indonesia. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa cara cek garansi Xiaomi yang bisa Anda lakukan.

TOC / Daftar Isi

4 Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi

1. Mengecek Bagian Kotak / Dus HP

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek garansi Xiaomi adalah dengan melihat di bagian kotak/dus HP nya. Produk resmi dari Xiaomi memiliki ciri-ciri logo TAM yang biasanya terletak di bagian depan dusbook.

Namun saat ini juga banyak kasus penipuan yang dusbook nya memiliki logo TAM namun produk di dalamnya adalah barang palsu atau bekas. Agar memastikan keasliannya, Anda bisa mencocokan nomor IMEI yang ada di dusbook dan di smartphone.

Sebenarnya terdapat beberapa distributor Xiaomi yang banyak dijumpai di Indonesia, seperti Bless dan Platinum. Namun kedua distributor tersebut bukan distributor resmi dari Xiaomi, jadi jika produk Anda diharuskan melakukan servis, maka prosesnya akan rumit dan cukup lama.

Back to Content ↑

2. Mengecek Nomor IMEI

Cara cek garansi Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengecek nomor IMEI di produk Xiaomi Anda. Saat ini sudah terdapat sistem online yang akan memudahkan Anda untuk dapat mengecek keaslian HP Xiaomi lengkap dengan garansi yang diberikannya.

Untuk mengecek nomor IMEI, Anda bisa mengunjungi situs IMEI Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/. Nantinya pada halaman utama situs tersebut akan tersedia sebuah kolom yang bisa Anda gunakan untuk mengecek nomor IMEI HP Xiaomi.

Nantinya jika HP Xiaomi Anda bergaransi resmi, maka informasi yang akan muncul adalah IMEI di HP Anda tersebut telah terdaftar di database Kemenperin. Namun jika tidak muncul, maka bisa jadi IMEI di HP tersebut adalah garansi tidak resmi.

Back to Content ↑

3. Mengecek Garansi Xiaomi Online

Pihak Xiaomi pun telah menyediakan layanan khusus yang bisa Anda gunakan untuk mengecek garansi HP Xiaomi. Anda dapat mengakses situs registrasi produk resmi Xiaomi di http://buy.mi.com/id/registration lalu memasukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia.

Jika nantinya muncul informasi negara pembelian adalah Indonesia, maka HP Anda sudah bergaransi resmi. Pada informasi yang muncul juga terdapat informasi waktu produksi dan waktu aktivasi

Waktu produksi dan waktu aktivasi tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai masa berlaku dari sebuah garansi. Pihak Xiaomi sendiri biasanya memberikan garansi selama 1 tahun di setiap produk HP yang dipasarkan secara resmi.

Back to Content ↑

4. Melihat Jenis Charger

Banyak orang yang tidak sadar bahwa untuk melihat garansi yang terdapat di HP Xiaomi juga bisa dengan cara melihat jenis charger yang terdapat di dalamnya.

Jika pada adapter yang diberikan di dalam kotak berbentuk pipih dan memiliki tiga kaki, maka kemungkinan HP Xiaomi tersebut garansi tidak resmi di Indonesia.

Namun jika charger yang diberikan adalah memiliki 2 kaki dan dapat langsung dicolokan ke sumber listrik, maka kemungkinan HP Xiaomi tersebut bergaransi resmi.

Back to Content ↑

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Setelah mengetahui cara cek garansi HP Xiaomi, sebelum membelinya Anda pun juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari HP Xiaomi. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat yakin dalam membeli sebuah produk HP Xiaomi.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari beberapa produk HP Xiaomi, khususnya yang dipasarkan di Indonesia.

Back to Content ↑

1. Kelebihan Xiaomi

  • 1.1. Harganya yang Terjangkau

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan HP Xiaomi adalah terletak pada harga produknya yang terjangkau bagi berbagai kalangan di Indonesia.

    Bahkan dapat dikatakan Xiaomi memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan merk lainnya dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

    Tentunya dengan spesifikasi yang mirip namun harga yang lebih murah, sebagian besar orang lebih memilih Xiaomi untuk dijadikan sebagai perangkat utamanya.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Memiliki Komunitas yang Kuat

    Dengan banyaknya pengguna Xiaomi, tentunya juga membuat komunitas Xiaomi menjadi lebih kuat. Komunitas ini pun juga dijadikan sebagai salah satu strategi marketing Xiaomi dalam memasarkan berbagai macam produknya.

    Bahkan ketika melakukan peluncuran produk terbaru dari Xiaomi, pihak Xiaomi sendiri pun turut mengundang Mi Fans untuk hadir meramaikan peluncuran produk terbaru tersebut. Di dalam komunitas tersebut pun Anda dapat berdiskusi dengan pengguna Xiaomi lainnya.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. Desain yang elegan

    Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh produk HP keluaran Xiaomi adalah desainnya yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Xiaomi sendiri memiliki ciri khas sendiri pada desain body yang dimilikinya dan tidak mencoba untuk mengikuti beberapa desain HP lainnya.

    Dengan desain yang unik, tentunya HP Xiaomi memiliki ciri khas tersendiri dan lebih mudah dikenali hanya dari bentuk desainnya saja.

  • Back to Content ↑

2. Kekurangan Xiaomi

  • 2.1. Masalah pada Hardware dan Software

    Kekurangan yang paling sering ditemui di banyak produk HP Xiaomi adalah sering terjadinya masalah pada hardware dan software yang dimilikinya. Walaupun dapat dikatakan masalah yang cukup kecil, namun jika dibiarkan akan menjadi cukup fatal.

    Contohnya adalah sering terjadinya overheat jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Overheat tentunya tidak baik untuk kesehatan baterai dan juga akan berpengaruh kepada kinerja dari HP Tersebut.

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Terlalu Banyak Memiliki Distributor

    Walaupun hanya memiliki satu distributor resmi di Indonesia, namun bagi orang awam tentunya akan kesulitan jika ingin mencari HP Xiaomi dengan distributor resmi karena terlalu banyak distributor yang dimilikinya.

    Hal ini bisa jadi disebabkan karena banyaknya peminat HP Xiaomi di Indonesia dan akhirnya mengakibatkan banyak distributor yang tidak resmi juga ikut mencoba menjual HP Xiaomi dengan harga yang lebih murah dibandingkan garansi resminya.

  • Back to Content ↑

  • 2.3. Harga Jual Rendah

    Harga jualnya yang rendah menjadi salah satu kekurangan utama HP Xiaomi dibandingkan beberapa HP lainnya. Walaupun bergaransi resmi, HP Xiaomi bekas bisa turun sebesar 30-60%, cukup rendah jika dibandingkan dengan beberapa HP lainnya.

    Hal ini pun tidak terlepas dari build quality dari kebanyakan HP Xiaomi yang kurang solid dan mudah rusak. Walaupun memiliki desain yang cukup modern, namun tidak bisa dipungkiri body dari Xiaomi cepat rusak dan mengakibatkan harga jualnya sangat jatuh.

  • Back to Content ↑

Setelah mengetahui cara cek garansi HP Xiaomi, tentunya Anda sudah akan lebih paham apa saja yang harus dilakukan sebelum membeli produk HP Xiaomi yang resmi.

Ditambah lagi dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya, tentunya Anda bisa memiliki beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli HP Xiaomi. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!