Skip to main content

Perbedaan iPhone 6, 6s dan 6s Plus: Pilih Mana?

Perbedaan iPhone 6, 6s dan 6s Plus: Pilih Mana?

Perbedaan iPhone 6, 6s dan 6s Plus: Pilih Mana?

Dari sekian banyak produk Apple yang diluncurkan di pasaran, iPhone 6, 6s dan 6 Plus memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Pasalnya ketiga seri ponsel ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan produk iPhone lainnya. Lantas apakah perbedaan iPhone 6, 6s dan 6 Plus?

Tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini akan mengulas secara lengkap dan padat mengenai perbedaan antara ketiga ponsel keluaran Apple tersebut. Bagi Anda yang penasaran, jangan sampai kelewatan pembahasan berikut ini.

1. Perbedaan iPhone 6, 6s dan 6 Plus

Sekilas mungkin sulit untuk menemukan perbedaan antara iPhone 6, 6s dan 6 Plus. Namun jika diamati lebih dekat, ketiganya cukup berbeda dari berbagai aspek seperti dimensi body, ukuran layar, hingga beberapa sektor lainnya.

1.1. Dimensi Body

Meskipun iPhone 6, 6s dan 6 Plus mempunyai desain yang terlihat serupa, terutama seri 6 dan 6s, ketiganya mempunyai dimensi yang berbeda. Jika seri 6 dan 6s hanya berbeda ketebalan sekitar 0.01 inch, seri 6 Plus hadir dengan body yang lebih tinggi, lebar dan tebal.

Dalam hal bobot, iPhone 6 dan 6s tidak terpaut terlalu jauh yaitu hanya sekitar 14 gram saja. Sedangkan seri 6 Plus yang mempunyai dimensi body lebih besar hadir dengan bobot yang jauh lebih berat yaitu sekitar 172 gram. Berarti ada selisih 29 gram dengan seri 6s dan 43 gram dengan seri 6.

1.2. Ukuran Layar

Salah satu perbedaan yang cukup menonjol terletak pada ukuran layar. Jika iPhone 6 dan 6s dibekali dengan layar berukuran 4.7 inch, iPhone 6 Plus yang mempunyai body bongsor mengusung layar berukuran lebih lebar yaitu 5.5 inch.

Terdapat perbedaan pula dalam hal resolusi layar. Seri 6 dan 6s mengusung layar dengan resolusi 750 x 1334 piksel sedangkan seri 6 Plus harus bangga karena memiliki layar dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Kendati berbeda ukuran, ketiganya menggunakan tipe layar yang sama yaitu IPS LCD.

Masih terkait dengan layar, iPhone seri 6s telah dilengkapi dengan fitur 3D Touch sedangkan seri iPhone 6 dan 6 Plus tidak memiliki fitur tersebut. Kedua seri ini hanya menawarkan oleophobic coating dan ion-strengthened glass yang juga bisa ditemukan di seri 6s.

1.3. Dapur Pacu

Perbedaan iPhone 6 6s dan 6 Plus juga terlihat dari dapur pacu yang diusung masing-masing seri. iPhone 6 dan 6 Plus sama-sama masih menggunakan iOS 8 yang bisa diupgrade hingga iOS 12.4.6 sedangkan iPhone 6s sudah memakai iOS 9 yang bisa ditingkatkan hingga iOS 14.4.

Dalam hal chipset, seri 6 dan 6 Plus juga menggunakan chipset yang sama yaitu Apple 8. Sementara iPhone 6s sudah mengusung chip Apple A9 yang mampu menghadirkan performa tangguh dan lancar, apalagi untuk keperluan standar seperti streaming dan bermain sosial media.

Beralih ke processor, lagi-lagi seri 6s lebih unggul dibandingkan dua saudaranya yaitu seri 6 dan 6 Plus. Jika iPhone 6s sudah menggunakan processor dual-core berkecepatan 1.84 GHz, kedua saudaranya masih mengusung CPU dual-core berkecepatan 1.4 GHz.

1.4. Kamera

Lain halnya dengan perbandingan iPhone 6s vs 6s Plus yang tidak memiliki perbedaan di sektor kamera, terdapat perbedaan pada iPhone seri 6, 6s, dan 6 Plus. Seri 6 dan 6 Plus masih mengusung lensa utama berukuran 8 MP sedangkan iPhone 6s sudah menggunakan lensa utama 12 MP.

Tidak hanya itu, perbedaan juga terletak pada kamera depan. Jika iPhone 6s dibekali dengan lensa depan berukuran 5 MP yang cukup tangguh, iPhone 6 dan 6 Plus harus puas dengan lensa berukuran 1.2 MP saja. Meskipun terbilang rendah, ketiganya cukup bisa diandalkan untuk berswafoto.

1.5. Kapasitas Baterai

iPhone 6 dan 6 Plus menggunakan baterai tanam Lithium Polymer namun dengan kapasitas berbeda. Jika seri 6 masih mengusung kapasitas 1810mAh dengan waktu bicara 14 jam, iPhone 6 Plus sudah dibekali dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 2915 mAH untuk waktu bicara 24 jam.

Sedangkan Apple memilih untuk menanam baterai Lithium Ion pada seri 6s dengan kapasitas yang tidak terlalu besar yaitu 1715 mAH saja. Baterai ini mampu memberikan hingga 14 jam waktu bicara dan 50 jam saat digunakan untuk memutar musik.

2. Kesimpulan

Baik iPhone 6, 6s maupun 6 Plus termasuk ke dalam deretan ponsel terbaik yang pernah dirilis oleh Apple. Ketiga seri tersebut pernah menjadi primadona di kalangan pengguna iPhone, terlepas dari berbagai kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing produk.

Setelah mengulas perbedaan iPhone 6 6s dan 6 Plus, manakah yang terbaik? Semua tergantung pada kebutuhan dan keuangan Anda. Jika menginginkan iPhone dengan harga terjangkau, seri 6 bisa menjadi pilihan tepat. Namun untuk fitur yang lebih baik, iPhone 6s layak untuk dipertimbangkan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!