Skip to main content

iPhone 6s vs 6s Plus: Mana Lebih Baik?

iPhone 6s vs 6s Plus: Mana Lebih Baik?

iPhone 6s vs 6s Plus: Mana Lebih Baik?

Di penghujung tahun 2015, penggemar iPhone sempat dihebohkan dengan peluncuran iPhone 6s dan iPhone 6s Plus secara bersamaan. Kedua ponsel tersebut sukses menyedot perhatian banyak masyarakat dan tidak sedikit pula yang berusaha membuat perbandingan iPhone 6s vs 6s Plus.

Hal ini terbilang wajar karena iPhone 6s dan iPhone 6s mempunyai desain yang sangat mirip. Tidak hanya itu, spesifikasi yang dihadirkan juga hampir serupa. Tidak mengherankan jika banyak yang kebingungan dalam membedakan dua tipe smartphone tersebut.

1. Perbandingan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini akan membahas tentang persamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh iPhone 6s dan 6s Plus berdasarkan beberapa aspek seperti desain, dapur pacu, kamera, dan lain-lain. Dengan perbandingan tersebut, Anda bisa mengetahui tipe manakah yang lebih baik.

1.1. Body

Sekilas body iPhone 6s dan 6s Plus terlihat sama. Tapi ketika diperhatikan dengan seksama, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. iPhone 6s mempunyai dimensi body yang lebih kecil dengan ukuran 5.44 x 2.64 x 0.28 inch dan berat 143 gram.

Sementara itu, iPhone 6s Plus dibalut dengan body yang lebih lebar dengan dimensi 6.23 x 3.07 x 0.29 inch dan berat 192 gram. Perbedaan ini cukup menonjol dan mempengaruhi kenyamanan dalam genggaman.

Kendati memiliki ukuran yang berbeda, keduanya didesain dengan Gorilla Glass yang memastikan layar depan aman dari goresan. Kedua smartphone tersebut juga mempunyai cover belakang serta bingkai berbahan aluminium sehingga lebih kuat dan kokoh.

Untuk pilihan warna, iPhone 6s dan 6s Plus hadir dengan berbagai warna menarik seperti Space Gray, Rose Gold, Silver dan Gold.

1.2. Layar

iPhone 6s dan 6s Plus menggunakan tipe layar IPS LCD yang dilengkapi dengan lapisan oleophobic serta dibekali fitur 3D Touch. Karena mempunyai dimensi yang berbeda, tentu saja keduanya memiliki perbedaan dalam hal ukuran layar.

iPhone 6s yang memiliki dimensi lebih kecil dibekali dengan layar berukuran 4.7 inch dengan resolusi 750 x 133x piksel. Sedangkan 6s Plus yang berbody lebar menyuguhkan layar berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

1.3. Dapur Pacu

Baik iPhone 6s maupun 6s Plus mempunyai kesamaan dalam hal dapur pacu. Keduanya menggunakan sistem operasi iOS 9 yang bisa diupgrade hingga iOS 14.4. Kedua smartphone ini juga sudah dibekali dengan chipset Apple A9 serta CPU dual-core berkecepatan 1.84 GHz dan GPU six-core graphics.

Kesamaan juga ditemukan pula dalam hal memori iPhone 6s vs 6s Plus. Produk keluaran Apple ini menggunakan RAM 2G dengan pilihan kapasitas penyimpanan internal mulai dari 16GB hingga 128GB. Keduanya juga tidak memiliki slot kartu memori.

1.4. Kamera

Tidak seperti iPhone 7 vs iPhone 7 Plus camera yang memiliki sejumlah perbedaan, iPhone 6s dan 6s Plus mempunyai kesamaan dalam hal kamera. Lensa 12 MP ditanamkan pada bagian belakang body dan dibekali dengan bukaan f/2.2 serta lebar lensa 29mm.

Rear camera juga dilengkapi dengan fitur dua LED flash serta HDR untuk menghasilkan gambar berkualitas. Untuk kemampuan merekam video, keduanya memiliki dukungan resolusi hingga 4K dengan kecepatan 30fps.

Smartphone ini juga menghadirkan kamera depan yang dibekali dengan fitur deteksi wajah, HDR, serta panorama. Kamera ini mampu merekam video hingga 720p dengan kecepatan 30 frame per second.

1.5. Baterai

Untuk mendukung performa yang optimal, iPhone 6s dan 6s Plus menggunakan baterai Li-Ion dengan kapasitas berbeda. Baterai iPhone 6s mampu bertahan hingga 14 jam (talk time) dengan kapasitas 1715 mAh sedangkan iPhone 6s Plus yang berkapasitas 2750 mAh dapat bertahan hingga 24 jam.

1.6. Harga

Perbedaan harga antara iPhone 6 dan 6s Plus tidaklah signifikan. Harga awal iPhone 6s adalah sekitar 3.9 juta sedangkan iPhone 6s Plus dibanderol dengan harga 4 jutaan. Harga mungkin bervariasi tergantung toko.

Produk ini tergolong model lama dan sudah disusul dengan kedatangan berbagai model baru. Keduanya juga sudah discontinue yang berarti sudah tidak diproduksi lagi. Oleh karena itu, produk yang beredar saat ini merupakan barang bekas dan dibanderol dengan harga lebih murah.

2. iPhone 6s vs 6s Plus, Mana Lebih Baik?

Diluncurkan dalam waktu bersamaan, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus mempunyai banyak sekali kesamaan. Mulai dari spesifikasi dapur pacu hingga kamera, tidak heran jika keduanya sempat membuat penggemar iPhone kebingungan dalam menentukan pilihan.

Meskipun begitu, iPhone 6s dan 6s Plus juga mempunyai sejumlah perbedaan. Dalam hal dimensi body dan kapasitas baterai, iPhone 6s Plus sedikit lebih unggul dibandingkan dengan saudaranya, iPhone 6s. Kedua tipe smartphone ini juga dibanderol dengan harga berbeda.

Berdasarkan iPhone 6s vs 6s Plus, manakah yang lebih baik? Jika Anda membutuhkan ponsel dengan layar yang lebar dan baterai berkapasitas cukup besar, iPhone 6s Plus bisa menjadi pilihan tepat. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!