Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 dan Kegunaannya

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 dan Kegunaannya
Ukuran kertas F4

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 dan Kegunaannya

Tentunya kertas menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi setiap orang, terutama bagi orang yang bekerja di perkantoran atau pelajar untuk mengerjakan tugas sekolah. Salah satu ukuran kertas yang banyak digunakan yaitu F4. Ukuran kertas F4 tentunya telah memiliki ukurannya sendiri yang telah standar ISO.

Ukuran kertas F4 memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan ukuran kertas A4 yang juga biasanya digunakan banyak orang. Kertas F4 sendiri memiliki banyak kegunaan, baik untuk keperluan sehari-hari maupun keperluan formal. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ukuran dari kertas F4.

TOC / Daftar Isi

Satuan Kertas Ukuran F4

Ukuran kertas F4 di seluruh dunia tentunya sudah sama karena telah memiliki standar ISO. Adapun untuk satuan yang sering digunakan pada ukuran kertas yaitu milimeter (mm), sedangkan untuk program Microsoft Word menggunakan satuan inci atau centimeter (cm).

Dibawah ini adalah perbandingan ukuran kertas ukuran F4 untuk berbagai satuan.

No. Satuan Ukuran Panjang Kertas Lebar Kertas
1. Inci 8.74 12.99
2. Centimeter (cm) 21.5 33
3. Millimeter (mm) 215 330

Back to Content ↑

Mengatur Ukuran Kertas F4

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap jenis ukuran kertas tentunya memiliki ukuran yang berbeda-beda juga. Jadi sebelum menggunakannya, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengatur ukuran kertasnya terlebih dahulu.

Ukuran kertas F4 sendiri sudah terdapat di salah satu pilihan pada Microsoft Word atau Microsoft Excel. Jika pada versi Word atau Excel Anda belum tersedia, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Back to Content ↑

1. Mengatur Ukuran Kertas F4 di Word

  • Langkah pertama yaitu dengan masuk ke Word.
  • Setelah masuk ke halaman utamanya, klik tab Page Layout lalu pilih opsi Size untuk melihat beberapa ukuran kertas.
  • Setelah itu Anda dapat memilih opsi “More Paper Size” yang terdapat di bagian paling bawah untuk mengatur ukuran kertas.
  • Jika sudah muncul jendela pop up, pilih tab Paper lalu pada kolom “Width” tuliskan 21.59 cm dan pada kolom “Height” tuliskan 33 cm.
  • Jika Anda menggunakan satuan inci, maka bisa menuliskan angka 8.5’ di kolom “Width” dan 13’ di kolom “Height”.
  • Setelah itu klik tombol OK dan selesai, Anda sudah menyelesaikan pengaturan kertas F4.

Back to Content ↑

2. Mengatur Ukuran Kertas F4 di Excel

  • Langkah pertama yaitu membuka program Excel di perangkat Anda.
  • Setelah itu pada halaman utamanya pilih tab “Page Layout” lalu pilih opsi “Size”.
  • Kemudian Anda bisa memilih opsi “Folio” yang merupakan nama lain dari ukuran kertas F4.
  • Kemudian Anda bisa mengatur posisi kertas, ingin portrait atau landscape.
  • Langkah terakhir yaitu klik tombol OK untuk menyelesaikan pengaturan.
  • Selesai, Anda sudah menyimpan pengaturan ukuran kertas tersebut.

Back to Content ↑

Kegunaan Kertas F4

Banyak kegunaan dari ukuran kertas F4 yang bisa Anda temui di keseharian, seperti dalam percetakan atau dalam membuat sebuah dokumen. Contoh kegunaan kertas F4 dalam kehidupan sehari-hari adalah mengerjakan laporan kerja atau dapat juga digunakan untuk membuat formulir.

Ukuran dari kertas F4 sendiri memiliki ukuran yang sama dengan kertas folio bergaris, hal ini lah yang membuat sebagian besar orang menyebut kertas F4 dengan nama kertas folio. Untuk kegiatan sekolah pun kertas F4 sering digunakan untuk membuat sebuah laporan praktikum atau mengerjakan soal ujian.

Back to Content ↑

Memilih Ukuran Kertas F4 Dengan Benar

Dalam memilih ukuran kertas F4, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu dengan melihat merek dari kertas tersebut. Tentunya kamu harus mengetahui merek kertas yang berkualitas tinggi.

Hal ini perlu dilakukan karena setiap merek memiliki kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan bahan yang digunakan, biaya produksi, dan pengiriman. Setelah itu Anda juga dapat memperhatikan gramasi atau yang lebih dikenal dengan GSM kertas.

Anda tentunya harus mengetahui gramasi yang dibutuhkan agar sesuai dengan kertas yang dipilih nantinya. Di pasaran sendiri banyak toko yang menjual kertas F4 dengan gramasi 70 GSM, 80 GSM, dan 60 GSM.

Back to Content ↑

Kertas F4 memiliki banyak kegunaan yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam kegiatan sehari-hari, seperti membuat sebuah laporan atau tugas. Ukuran kertas F4 yang cukup panjang pun tentunya memberikan ruang yang lebih luas dalam menulis. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!