Skip to main content

iPhone SE vs iPhone 6s: Siapa Pemenangnya?

iPhone SE VS iPhone 6s: Siapa Pemenangnya?

iPhone SE vs iPhone 6s: Siapa Pemenangnya?

iPhone SE dan 6s merupakan dua seri iPhone yang pertama kali diluncurkan dalam waktu cukup berdekatan. Hanya berselang 6 bulan, konsumen disuguhi dua produk smartphone dengan performa yang mumpuni. Penasaran dengan perbandingan iPhone SE vs iPhone 6s?

Meskipun kini Apple baru saja merilis iPhone SE 2020, pada dasarnya seri SE dan 6s merupakan model lama. Kali ini tutorial iOS iPhone lengkap akan membahas perbandingan antara seri SE lama dan 6s. Jangan sampai terlewat!

1. Perbandingan iPhone SE vs iPhone 6s

1.1. Dimensi Body

iPhone SE mempunyai tinggi 4.87 inch dengan lebar 2.31 inch dan ketebalan 0.30 inch sedangkan seri 6s memiliki tinggi 5.44 inch dengan lebar 2.64 inch dan ketebalan 0.28 inch. Dengan dimensi tersebut, wajar jika seri SE terlihat sedikit lebih ramping daripada iPhone 6s.

Ukuran body tentunya mempengaruhi bobot ponsel tersebut. Jika iPhone SE yang ramping memiliki bobot 113 gram, seri 6s yang sedikit lebih besar mempunyai berat sekitar 143 gram. Meskipun lebih berat, ponsel tetap nyaman dalam genggaman.

Meskipun berbeda dalam hal dimensi, kedua seri memiliki persamaan dalam hal konstruksi. Keduanya menggunakan Gorilla Glass (depan) yang dipadukan dengan cover belakang serta frame berbahan aluminium. Dengan kombinasi tersebut, keduanya memiliki body yang tangguh.

1.2. Ukuran Layar

Dari sektor layar, baik iPhone SE maupun iPhone 6s mempunyai persamaan dan perbedaan. Keduanya sama-sama menggunakan layar tipe IPS LCD namun dengan ukuran dan resolusi yang berbeda.

iPhone SE menawarkan layar berukuran 4 inch dengan resolusi 640 x 1136 piksel. Sedangkan iPhone 6s sedikit lebih unggul karena menghadirkan layar berukuran 4.7 inch dengan resolusi 750 x 1334 piksel. Dengan layar yang lebih besar, Anda lebih puas saat menonton video atau melihat gambar.

iPhone 6s juga dibekali dengan oleophobic coating, 3D Touch serta ion-strengthened glass sebagai proteksi tambahan terhadap layar. Sayangnya fitur ini tidak tersedia di seri SE.

1.3. Sistem Operasi dan Dapur Pacu

Dapur pacu adalah salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan saat membandingkan iPhone SE vs iPhone 6s. iPhone SE sudah bekerja dengan sistem operasi iOS 9.3.2 sedangkan iPhone 6s masih menggunakan iOS 9 yang dapat ditingkatkan hingga iOS 14.4.

Dalam hal chipset dan CPU, keduanya memiliki kesamaan. Baik seri SE maupun 6s masih mengusung chipset Apple A9 dengan processor dual-core berkecepatan 1.84 GHz. Dengan spesifikasi dapur pacu tersebut, kedua ponsel ini mampu bekerja cukup baik untuk streaming atau pemakaian normal.

Selain persamaan dalam chipset dan CPU, iPhone SE dan 6s juga didukung oleh RAM serta kapasitas penyimpanan internal yang sama. Keduanya menggunakan RAM 2GB dengan pilihan memory internal berkisar antara 16GB hingga 128GB.

1.4. Spesifikasi Kamera

Jika perbedaan iPhone 6, 6s dan 6 plus terletak pada kamera depan dan belakang, iPhone SE dan 6s memiliki perbedaan hanya pada kamera depan saja. Berkaitan dengan kamera utama, keduanya sama-sama menggunakan lensa berukuran 12 MP dengan fitur HDR dan dual-LED flash.

Namun ketika beralih ke kamera depan, iPhone 6s terbukti lebih unggul karena menawarkan lensa berukuran 5 MP yang dilengkapi dengan fitur deteksi wajah, panorama, dan HDR. Sedangkan iPhone SE cukup dibekali dengan lensa berukuran 1.2 MP dengan fitur yang sama.

1.5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

Perbedaan juga terlihat pada kapasitas baterai. iPhone SE dibekali dengan baterai tanam Lithium Polymer berkapasitas 1624mAh sedangkan iPhone 6s mengusung baterai Lithium Ion berkapasitas 1715mAH.

Meskipun memiliki kapasitas yang berbeda, keduanya mempunyai daya tahan yang sama. Baik iPhone SE maupun 6s mampu bertahan hingga 240 jam dalam mode standby atau 14 jam dengan mode bicara. Untuk mendengarkan musik, baterai memiliki daya tahan hingga 50 jam.

1.6. Harga

Berbicara masalah harga, terdapat terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara seri SE dan 6s. Harga awal iPhone SE adalah sekitar 5,2 juta rupiah sedangkan iPhone 6s dibanderol dengan harga sekitar 3,9 juta rupiah.

Dengan harga tersebut, wajar jika iPhone SE dan 6s pernah menjadi salah satu primadona. Tersedia dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan seri lainnya, konsumen sudah bisa merasakan pengalaman menggunakan sistem operasi iOS.

2. Kesimpulan

Antara iPhone SE dan 6s, manakah yang lebih baik? Jawabannya tergantung dari kebutuhan dan preferensi Anda. Keduanya memiliki banyak kesamaan, seperti dalam hal dapur pacu, memory internal, hingga daya tahan baterai.

Namun kedua seri tersebut juga hadir dengan sejumlah perbedaan, misalnya saja dimensi body dan ukuran layar. Jika Anda menyukai smartphone dengan layar yang lebih lebar dan kamera depan dengan resolusi mumpuni, iPhone 6s bisa menjadi pilihan tepat.

Berdasarkan perbandingan antara iPhone SE vs iPhone 6s, manakah yang akan Anda pilih? Jangan lupa pertimbangkan budget yang Anda miliki. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!