Skip to main content

Ciri-ciri Baterai iPhone Rusak: Wajib Tahu!

Ciri-ciri Baterai iPhone Rusak: Wajib Tahu!
Ciri-ciri Baterai iPhone Rusak: Wajib Tahu!

Ciri-ciri Baterai iPhone Rusak: Wajib Tahu!

Setiap perangkat iPhone dibekali dengan baterai untuk mendukung performa maksimal. Seiring berjalannya waktu, kapasitas baterai akan berkurang dan tak jarang mengalami kerusakan. Kenali ciri-ciri baterai iPhone rusak agar Anda tahu kapan harus mengganti dengan baterai baru.

Sebelum rusak, biasanya baterai akan mengalami penurunan kualitas dan daya tahan. Alhasil baterai menjadi cepat habis meskipun baru saja dicharge. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai ciri-ciri baterai yang rusak, simak Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut ini.

TOC / Daftar Isi

5 Tanda-tanda Baterai iPhone Rusak

Baterai yang mengalami kerusakan biasanya akan menimbulkan beberapa gejala. Namun terkadang Anda tidak menyadari tanda-tanda tersebut sehingga kondisi baterai menjadi semakin parah. Berikut ini beberapa ciri baterai rusak yang wajib Anda ketahui.

Back to Content ↑

1. Baterai Cepat Habis

Baterai yang sudah rusak akan cepat habis meskipun digunakan dengan pemakaian wajar. Bahkan ketika Anda telah melakukan berbagai cara menghemat baterai iPhone, tetap saja baterai cepat habis. Mau tidak mau Anda harus mengecharge lebih sering dari biasanya.

Hal ini bisa jadi sangat mengganggu, apalagi jika Anda mempunyai segudang aktivitas di luar. Sebagai solusi praktis, Anda bisa membawa powerbank untuk mengisi daya selama beraktivitas di luar ruangan. Kendati demikian, ini bukanlah solusi yang tepat karena bisa memperparah kondisi baterai.

Back to Content ↑

2. iPhone Mati Mendadak

Anda patut curiga jika iPhone sering mati mendadak. Pasalnya hal ini bisa menjadi salah satu tanda baterai telah rusak. Apalagi jika Anda tidak bisa menyalakan kembali ponsel tersebut kecuali setelah menghubungkannya dengan pengisi daya.

Kondisi ini biasa disebabkan adanya arus yang tidak stabil. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kapasitas baterai yang sudah lemah sehingga baterai mendadak drop meskipun sebelumnya indikator menunjukkan persentase yang cukup banyak.

Ketika tersambung dengan pengisi daya, persentase baterai sering naik secara drastis. Kendati demikian, Anda tetap tidak bisa mencabut charger karena persentase baterai akan berkurang secara drastis pula sehingga membuat ponsel mati mendadak.

Back to Content ↑

3. Baterai Menggembung

Ciri-ciri yang satu ini cukup mudah dikenali. Ketika Anda melihat baterai iPhone mulai menggembung, hampir bisa dipastikan baterai telah rusak dan membutuhkan penggantian. Apabila dibiarkan, baterai bisa mempengaruhi perangkat lain seperti layar atau casing belakang yang ikut menggembung.

Tentu saja hal ini justru akan menimbulkan kerugian yang lebih besar. Misalnya jika layar ikut terdampak, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti perangkat keras tersebut. Belum lagi bahaya yang mungkin ditimbulkan jika Anda mengecharge baterai yang sudah menggembung.

Jika Anda menemukan ciri-ciri yang satu ini, segera lakukan penggantian. Memaksakan diri untuk tetap menggunakan baterai menggembung bisa membahayakan diri dan orang-orang di sekitar Anda.

Back to Content ↑

4. iPhone Hanya Menyala Ketika Dicharge

Ciri-ciri baterai iPhone rusak selanjutnya adalah iPhone hanya bisa menyala ketika disambungkan dengan pengisi daya. Dengan kata lain baterai sudah benar-benar bocor dan tidak lagi mampu menampung daya untuk menghidupkan iPhone.

Jika Anda menemukan iPhone dengan kondisi seperti ini, bisa dipastikan baterai telah mengalami kerusakan. Segera ganti dengan baterai baru agar tidak mempengaruhi performa iPhone secara keseluruhan.

Back to Content ↑

5. iPhone Cepat Panas

Anda merasa perangkat iPhone menjadi lebih cepat panas dari biasanya dan indikator baterai naik – turun secara cepat? Apakah bagian belakang ponsel menjadi panas meskipun sedang tidak digunakan? Ini juga menjadi salah satu tanda baterai iPhone sudah mengalami kerusakan.

Baterai yang panas mungkin disebabkan karena adanya masalah di dalam baterai tersebut. Sedangkan indikator yang naik dan turun dengan cepat kemungkinan disebabkan oleh arus yang tidak stabil. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang drop juga bisa menjadi salah satu alasannya.

Back to Content ↑

Apa yang Harus Dilakukan?

Apabila Anda menemukan beberapa tanda baterai iPhone rusak, Anda tidak mempunyai pilihan selain mengganti baterai tersebut. Apalagi jika Anda sudah menggunakan aplikasi cek baterai iPhone dan hasilnya menunjukkan kondisi yang tidak baik, maka Anda perlu segera melakukan penggantian.

Sayangnya mengganti baterai iPhone bukanlah perkara mudah karena seluruh perangkat iPhone dibekali dengan baterai tanam atau non removable. Jika ponsel Anda masih memiliki garansi, segera hubungi gerai resmi Apple untuk melakukan penggantian.

Bagaimana jika iPhone Anda sudah tidak dalam masa garansi? Anda bisa membawanya ke Apple Store untuk penggantian. Biaya perbaikan tergantung seri iPhone yang Anda miliki. Sayangnya Indonesia belum memiliki Apple Store sehingga cukup sulit untuk mengganti baterai.

Solusinya, Anda bisa menghubungi penyedia layanan pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan Apple. Penyedia layanan servis ini bersifat resmi, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan keaslian perangkat yang diberikan.

Back to Content ↑

Mengingat penggantian baterai iPhone yang cukup mahal dan rumit, ada baiknya jika Anda menjaga kondisi baterai dengan menggunakan ponsel secara wajar. Jangan lupa kenali ciri-ciri baterai iPhone rusak agar Anda bisa segera mengambil tindakan sebelum kondisinya semakin memburuk. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!