Skip to main content

Aplikasi Cek Baterai iPhone Serbaguna

Aplikasi Cek Baterai iPhone Serbaguna
Aplikasi Cek Baterai iPhone Serbaguna

Aplikasi Cek Baterai iPhone Serbaguna

Mengecek kesehatan baterai iPhone sangat penting untuk menentukan apakah Anda membutuhkan baterai pengganti atau tidak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi baterai adalah menggunakan aplikasi cek baterai iPhone. Seperti apa aplikasi tersebut?

Meskipun tidak banyak pilihan yang tersedia, berbagai aplikasi monitoring baterai cukup bisa diandalkan untuk mengetahui gambaran mengenai kesehatan baterai. Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap kali ini akan membahas aplikasi yang bisa digunakan untuk pengecekan, jadi simak terus ulasannya.

TOC / Daftar Isi

3 Pilihan Aplikasi Cek Baterai iPhone

Setidaknya ada tiga aplikasi cek baterai yang bisa dimanfaatkan untuk memastikan kesehatan baterai iPhone, yaitu Battery Life, Battery HD+ dan Battery Testing. Aplikasi tersebut tergolong simpel dan tidak ribet, jadi Anda bisa melakukan pengecekan rutin terhadap baterai dengan mudah.

Back to Content ↑

1. Battery Life

Battery Life merupakan salah satu aplikasi yang paling populer di kalangan pengguna iPhone. Aplikasi cek kesehatan baterai ini mempunyai tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan. Belum lagi aplikasi ini hadir dengan kemampuan mumpuni untuk mengetahui kondisi terkini baterai iPhone.

Untuk menggunakan Battery Life, terlebih dulu download dan instal secara gratis melalui App Store. Setelah terpasang, aplikasi siap untuk memastikan apakah baterai iPhone Anda dalam keadaan sehat atau bermasalah.

Hanya dengan membuka aplikasi, Anda langsung bisa melihat informasi terkait wear level yaitu tingkat keusangan. Apabila tercantum pesan Perfect dengan 0% battery wear level, bisa dipastikan baterai dalam keadaan baik dengan kapasitas 100 persen.

Sayangnya aplikasi ini tidak cukup akurat untuk mengetahui kondisi baterai yang sudah tergolong aus. Tingkat wear level mungkin berubah-ubah sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Jika ini terjadi, maka Anda perlu mempelajari cara menghemat baterai iPhone agar kondisinya tidak semakin parah.

Back to Content ↑

2. Battery HD+

Anda mencari aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses kalibrasi baterai? Battery HD+ bisa jadi pilihan yang tepat. Selain dilengkapi dengan fitur monitoring baterai, aplikasi ini juga menghadirkan fitur Full Calibration untuk mengembalikan baterai ke kondisi semula.

Hanya dengan menekan tombol start, ponsel akan melakukan kalibrasi penuh. Jadi, Anda tidak perlu menunggu berjam-jam seperti halnya ketika melakukan kalibrasi manual. Menariknya, aplikasi ini juga menawarkan waktu perkiraan untuk setiap aktivitas, seperti browsing atau memutar video.

Jika Anda baru saja membeli iPhone bekas, tidak ada salahnya memasang aplikasi cek baterai iPhone ini. Lakukan tes kalibrasi untuk memastikan bahwa baterai masih dalam kondisi baik atau sudah membutuhkan pengggantian.

Back to Content ↑

3. Battery Testing

Battery Testing dirancang secara khusus untuk perangkat iOS. Menawarkan fitur pengetesan baterai iPhone, aplikasi ini mampu menjawab rasa penasaran Anda mengapa baterai cepat habis. Aplikasi juga bekerja secara efektif dengan mengidentifikasi runtime untuk mengetahui adanya masalah.

Cara menggunakan Battery Testing tergolong cukup mudah. Hanya dengan sekali pencet, Anda bisa memulai pengetesan untuk mengetahui kondisi baterai. Di akhir tes, Anda bisa melihat skor rata-rata yang menunjukkan kondisi baterai iPhone.

Selain fitur pengecekan, tersedia berbagai fitur menarik lainnya seperti tabel penggunaan baterai, informasi detail mengenai baterai, hingga informasi terkait penggunaan CPU. Anda juga bisa mengetahui perkiraan daya tahan baterai berdasarkan data.

Back to Content ↑

4 Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros

Aplikasi cek baterai memang berguna untuk mengetahui kondisi baterai. Namun setelah Anda menemukan bahwa kondisinya tidak terlalu baik, penting untuk mengetahui cara mengatasi baterai iPhone cepat habis. Terlebih lagi jika Anda belum memiliki rencana untuk membeli baterai baru.

Back to Content ↑

Berikut ini tips mengatasi baterai iPhone yang boros:

1. Ganti Jaringan

Jika selama ini Anda menggunakan jaringan 4G LTE, tidak ada salahnya untuk beralih ke 3G atau bahkan 2G demi ketahanan baterai yang lebih lama. Meskipun hal ini akan berpengaruh pada kecepatan akses internet, Anda bisa memiliki waktu lebih lama sebelum pengisian daya berikutnya.

Back to Content ↑

2. Menonaktifkan Auto Brightness

iPhone dilengkapi dengan fitur Auto Brightness untuk mengatur kecerahan secara otomatis. Nonaktifkan fitur ini dan atur level kecerahan seminimal mungkin demi mengurangi konsumsi baterai pada layar. Cara ini cukup efektif dan tidak berpengaruh pada performa ponsel Anda.

Back to Content ↑

3. Uninstall Aplikasi Boros Baterai

Cek apakah Anda memiliki aplikasi yang membutuhkan banyak daya. Jika terdapat aplikasi yang jarang digunakan tapi mengonsumsi daya cukup besar, tidak perlu ragu untuk uninstall aplikasi tersebut. Atau Anda juga bisa mencari aplikasi alternatif yang tidak membutuhkan daya terlalu besar.

Back to Content ↑

4. Gunakan Modus Low Power

Modus Low Power berfungsi untuk mengurangi konsumsi baterai. Mengaktifkan Low Power Mode cukup bermanfaat untuk memperpanjang daya tahan baterai sebelum pengisian daya berikutnya. Fitur ini cocok digunakan ketika Anda sedang bepergian dan lupa membawa charger

Back to Content ↑

Singkatnya, ada berbagai pilihan aplikasi cek baterai iPhone yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi baterai. Meskipun aplikasi tersebut tidak memberikan hasil yang 100 persen akurat, setidaknya Anda mempunyai gambaran mengenai kesehatan baterai tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!