Skip to main content

Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone dengan Mudah

Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone dengan Mudah
Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone dengan Mudah

Cara Mengatasi Baterai Bocor iPhone dengan Mudah

Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, performa dan kapasitas baterai iPhone akan berkurang. Bahkan tidak sedikit iPhone yang mengalami kebocoran baterai sehingga cepat habis. Bagaimana cara mengatasi baterai bocor iPhone?

Mengganti baterai adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Tapi mengingat harga baterai yang cukup mahal, mungkin Anda butuh sedikit waktu untuk mendapatkan dana tersebut. Selama menunggu, tidak ada salahnya mencoba tips dan trik berikut ini.

TOC / Daftar Isi

5 Tips Mengatasi Baterai Bocor pada iPhone

Tutorial iOS / iPhone OS lengkap kali ini akan membahas mengenai tips mengatasi masalah baterai bocor pada iPhone. Sebelum Anda mendatangi pusat servis untuk mengganti baterai, silahkan lakukan hal-hal berikut ini untuk mengurangi masalah baterai ngedrop pada iPhone.

Back to Content ↑

1. Matikan iPhone

Ketika mengalami baterai ngedrop atau cepat habis, cobalah untuk mematikan iPhone semalaman. Cara ini terdengar sederhana tapi berguna untuk mengistirahatkan sel-sel baterai. Setelah melakukan trik ini, diharapkan performa baterai sedikit membaik.

Sebelum mematikan ponsel semalaman, pastikan baterai tidak dalam kondisi kosong atau lemah. Bahkan ketika iPhone dimatikan, bisa saja baterai tetap berkurang. Oleh karena itu, hindari mematikan ponsel semalaman dalam kondisi baterai lemah.

Back to Content ↑

2. Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat berarti Anda mematikan seluruh koneksi pada perangkat iPhone, termasuk AirDrop, jaringan seluler, dan internet. Dalam kondisi baterai normal, ini merupakan salah satu cara menghemat baterai iPhone yang efektif untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

Dalam hal baterai ngedrop, bahkan mode pesawat sekalipun tidak akan memberikan perubahan signifikan. Namun jika setelah mengaktifkan mode pesawat iPhone bisa bertahan lebih dari 5 jam, berarti kondisi baterai Anda belum terlalu buruk dan belum perlu mendapat penggantian.

Back to Content ↑

3. Matikan GPS

Seperti yang Anda ketahui, GPS merupakan salah satu fitur yang cukup menguras baterai. Seiring Anda berpindah tempat, perangkat juga akan memperbarui lokasi Anda sehingga membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mematikan GPS apalagi jika tidak diperlukan. Dengan cara ini, diharapkan baterai yang sudah ngedrop bisa bertahan sedikit lebih lama sehingga Anda tidak perlu selalu terhubung dengan charger.

Back to Content ↑

4. Hapus Aplikasi Boros Baterai

Cara mengatasi baterai bocor iPhone selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi boros baterai. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa aplikasi yang cukup menguras baterai, seperti game atau aplikasi yang menggunakan RAM cukup besar.

Untuk mengetahui apakah Anda mempunyai aplikasi boros baterai di iPhone, lakukan pengecekan melalui opsi Battery yang bisa ditemukan di menu Settings. Semakin besar daya yang digunakan, maka posisinya akan berada di urutan atas. Hapus aplikasi jika tidak terlalu penting.

Back to Content ↑

5. Kalibrasi Baterai

Anda mungkin ragu untuk membawa iPhone ke pusat servis. Sebelum mengambil keputusan tersebut, ada baiknya untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah indikator baterai masih berfungsi baik atau tidak.

Proses kalibrasi baterai memang cukup memakan banyak waktu. Anda harus mengosongkan baterai kemudian mengisinya hingga penuh. Kosongkan lagi dan isi hingga penuh. Ulangi hingga tiga kali agar software bisa membaca persentase baterai dengan baik.

Back to Content ↑

Mengganti Baterai iPhone

Apabila Anda menemukan ciri-ciri baterai iPhone rusak seperti baterai cepat habis dan menggembung atau ponsel sering mati mendadak, ada baiknya untuk segera mengganti baterai. Selain untuk alasan keamanan, penggantian baterai juga bisa menghindarkan iPhone dari kerusakan.

Tidak seperti Android yang dibekali dengan baterai removable, seluruh perangkat iPhone memiliki baterai tanam atau non removable. Penggunaan tipe baterai seperti ini tentu saja cukup menyulitkan dalam proses penggantian baterai.

Satu-satunya cara untuk mengganti baterai adalah dengan mengunjungi pusat service iPhone. Teknisi yang mahir dan berpengalaman akan mengganti baterai yang sudah rusak dengan baterai baru sehingga performa ponsel bisa kembali seperti semula.

Back to Content ↑

3 Tips Menjaga Agar Baterai iPhone Awet

Setelah melakukan penggantian dengan baterai baru, pastikan Anda merawat baterai tersebut dengan baik agar tidak mudah drop dan rusak.

Back to Content ↑

Berikut ini beberapa tips menjaga agar baterai iPhone lebih awet dan tahan lama.

1. Nonaktifkan Perangkat Saat Charging

Tetap mengaktifkan iPhone atau bahkan menggunakannya saat sedang mengisi daya adalah kebiasaan yang kurang baik. Tanpa disadari hal ini justru bisa menurunkan kapasitas baterai.

Back to Content ↑

2. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa mempengaruhi daya tahan baterai. Agar baterai tidak cepat rusak, hindari meletakkan ponsel di tempat bersuhu ekstrem.

Back to Content ↑

3. Charge Sebelum 0%

Tidak perlu menunggu hingga persentase indikator baterai menunjukkan angka 0 atau iPhone mati dengan sendirinya. Selalu isi daya ketika indikator baterai berada di bawah 30 atau 20 persen.

Back to Content ↑

Cara mengatasi baterai bocor iPhone yang paling efektif adalah dengan menggantinya dengan baterai baru. Tapi jika Anda belum memiliki budget, lakukan tips di atas agar baterai bisa bertahan lebih lama. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!