Skip to main content

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet dan Tahan Lama
Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet dan Tahan Lama

Tidak diragukan lagi jika iPhone dikenal memiliki baterai yang kurang tahan lama. Wajar apabila pengguna ponsel keluaran Apple ini senantiasa mencari cara menghemat baterai iPhone. Jika Anda termasuk yang kerap mengeluhkan baterai iPhone cepat habis, temukan jawabannya di sini.

Di Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut ini Anda akan menemukan sederet tips jitu untuk membuat baterai iPhone lebih awet dan tahan lama. Terutama jika Anda menggunakan iPhone tipe lama yang cenderung boros baterai, topik berikut ini sayang untuk dilewatkan.

TOC / Daftar Isi

10 Tips Menghemat Baterai iPhone

Anda mungkin sering mendengar berbagai mitos mengenai cara agar baterai iPhone tidak cepat habis, seperti menutup aplikasi yang tidak digunakan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nyatanya tidak semua cara tersebut efektif untuk menghemat daya.

Back to Content ↑

Berikut ini sederet tips agar baterai iPhone Anda lebih awet dan tahan lama.

1. Gunakan Dark Mode

Dark Mode terbukti mampu mengurangi penggunaan daya, terutama bagi perangkat iPhone yang dilengkapi dengan layar OLED. Apalagi jika dipadukan dengan aplikasi yang sudah menggunakan mode gelap, pastinya baterai Anda menjadi lebih hemat.

Sayangnya mode gelap baru hadir di iOS 13. Jadi apabila iPhone Anda masih menggunakan versi lama, lakukan cara lain untuk mengurangi konsumsi baterai seperti meredupkan layar ketika berada di dalam ruangan.

Back to Content ↑

2. Jangan Menutup Aplikasi

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa salah satu cara untuk menghemat baterai ponsel adalah dengan menutup aplikasi ketika tidak digunakan. Faktanya, menutup dan membuka kembali aplikasi justru akan membuat baterai lebih cepat terkuras.

Pasalnya ketika Anda menutup aplikasi dan membukanya kembali, RAM akan bekerja lebih keras dari awal. Tentu saja aktivitas ini menghabiskan lebih banyak daya. Tips ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh Apple.

Back to Content ↑

3. Atur Aplikasi Boros Baterai

Ada beberapa aplikasi yang menguras daya baterai lebih cepat dari aplikasi lainnya. Untuk mengetahui konsumsi daya masing-masing aplikasi, Anda bisa melihat daftarnya di menu Battery Usage. Buka Settings kemudian pilih General, lalu pilih opsi Battery.

Anda akan menemukan semua aplikasi yang terinstal di iPhone beserta konsumsi baterai. Pilih aplikasi yang jarang digunakan namun menghabiskan banyak daya. Jika memungkinkan, ganti dengan aplikasi serupa yang lebih ramah baterai.

Back to Content ↑

4. Gunakan Fitur Low Power Mode

Jika persentase baterai lemah namun Anda belum bisa mengisi daya, manfaatkan fitur Low Power Mode untuk memperpanjang daya tahan baterai. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi aktivitas serta tingkat kecerahan layar sehingga konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

Kendati demikian, fitur ini akan mempengaruhi kinerja fitur lain seperti fetch email dan Backgroun App refresh. Jika Anda tidak bermasalah dengan hal tersebut, Low Power Mode bisa jadi solusi tepat untuk menghemat baterai saat dibutuhkan.

Back to Content ↑

5. Matikan Notifikasi

Secara default, aplikasi yang berjalan di background tetap akan menampilkan notifikasi meskipun layar terkunci. Ketika notifikasi muncul, layar iPhone akan menyala sehingga Anda bisa melihat notifikasi tersebut. Terang saja hal ini bisa menguras baterai.

Untuk menghemat daya, atur sedemikian rupa sehingga hanya aplikasi penting saja yang dapat mengirimkan notifikasi, seperti chat atau sosial media yang sering Anda gunakan. Atur notifikasi melalui menu Settings, kemudian pilih Notification. Pilih aplikasi untuk mematikan notifikasi.

Back to Content ↑

6. Atur Waktu Auto-Lock

Cara menghemat baterai iPhone yang selanjutnya adalah dengan mengatur waktu auto lock. Auto lock sendiri merupakan waktu yang dibutuhkan oleh perangkat untuk mengunci layar secara otomatis. Sebelum terkunci, smartphone berada dalam kondisi standby sehingga berpotensi menguras baterai.

Oleh karena itu, persingkat waktu auto lock untuk menghemat daya. Anda bisa memilih waktu yang paling singkat, yaitu 30 detik untuk penghematan secara optimal. Untuk mengatur auto lock, akses Settings kemudian pilih General, lalu pilih Auto-Lock. Tentukan waktu sesuai kebutuhan.

Back to Content ↑

7. Matikan Update Otomatis

Secara default, berbagai aplikasi iPhone akan melakukan pembaruan secara berkala. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan performa masing-masing aplikasi dengan fitur-fitur terbaru yang lebih baik dari versi sebelumnya. Sayangnya, update otomatis cenderung menghabiskan banyak daya.

Mematikan update otomatis bisa menjadi pilihan tepat untuk menghemat baterai iPhone. Jika memang diperlukan, pilih aplikasi tertentu saja untuk melakukan pembaruan secara otomatis. Setelah mematikan update otomatis, jangan lupa cari tahu cara backup data iPhone.

Back to Content ↑

8. Monitor Kondisi Baterai

Kondisi baterai sangat mempengaruhi waktu pemakaian. Pastikan baterai dalam kondisi baik dan sehat dengan melakukan pengecekan secara rutin. Caranya adalah melalui menu Settings, kemudian pilih Battery, lalu pilih Battery Health.

Apabila baterai dalam kondisi optimal, Anda akan melihat keterangan Maximum Capacity. Baterai dikatakan sehat jika mempunyai kapasitas maksimal di atas 80 persen. Anda juga dapat melakukan kalibrasi baterai untuk normalisasi kapasitas.

Back to Content ↑

9. Matikan Aplikasi Background

Mematikan aplikasi background juga terbukti efektif mengurangi konsumsi daya pada baterai iPhone. Pilih aplikasi yang berjalan di latar belakang namun dianggap kurang penting. Semakin sedikit aplikasi background, maka baterai akan lebih awet dan tidak cepat habis.

Untuk mematikan aplikasi yang berjalan di background, buka menu Settings lalu pilih General. Ketuk Background App Refresh, selanjutnya pilih aplikasi yang kurang penting. Pastikan aplikasi pesan singkat masih tetap aktif agar Anda tetap terhubung.

Back to Content ↑

10. Mematikan AirDrop

AirDrop merupakan salah satu fitur iPhone yang menggunakan koneksi Bluetooth. Fitur ini biasa digunakan untuk mengirim file antar perangkat iPhone. Sayangnya, membiarkan AirDrop tetap menyala ketika tidak digunakan menjadi salah satu penyebab baterai cepat habis.

Pastikan AirDrop hanya dinyalakan saat dibutuhkan. Ketika proses transfer selesai, segera matikan AirDrop agar tidak menguras daya baterai iPhone Anda. Saat sudah dimatikan, otomatis fitur ini tidak akan mengonsumsi lebih banyak daya.

Back to Content ↑

Aplikasi Penghemat Baterai, Apakah Efektif?

Pengguna iPhone yang tidak ingin repot melakukan ini dan itu untuk menghemat baterai biasanya memilih untuk mengunduh aplikasi penghemat baterai. Tersedia banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang mengklaim mampu mengoptimalkan performa baterai, bahkan menawarkan fitur fast charging.

Apakah aplikasi penghemat baterai tersebut efektif? Pada dasarnya aplikasi penghemat baterai bekerja dengan menekan kinerja smartphone, misalnya menonaktifkan aplikasi background hingga membatasi penggunaan paket data dan Wi-Fi. Dengan cara tersebut, baterai menjadi tahan lama.

Meskipun efektif, aplikasi ini berpotensi memunculkan masalah baru. Karena aplikasi penghemat baterai menonaktifkan aplikasi lain yang bekerja di background, termasuk aplikasi messaging, Anda mungkin akan ketinggalan pesan penting karena notifikasi tidak akan muncul.

Atau jika Anda termasuk pengguna smartphone yang super aktif, aplikasi ini justru tidak akan berdampak signifikan. Pasalnya Anda tetap menggunakan berbagai macam aplikasi sehingga daya baterai tetap akan terkuras.

Back to Content ↑

Setelah mengetahui cara menghemat baterai iPhone, Anda bisa memilih metode yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dengan menurunkan tingkat kecerahan atau menonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak penting, baterai iPhone Anda bisa lebih hemat dan tahan lama. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!