Skip to main content

Cek Serial Number iPhone Mudah dan Praktis

Cek Serial Number iPhone Mudah dan Praktis

Cek Serial Number iPhone Mudah dan Praktis

iPhone telah menjelma menjadi ponsel yang paling diminati. Karena permintaan yang cukup tinggi, penjualan iPhone ilegal semakin marak sehingga pembeli harus meningkatkan kewaspadaan. Beruntung, cek Serial Number iPhone bisa menjadi salah satu cara untuk terhindar dari ponsel palsu.

Serial Number berbeda dengan IMEI. Serial Number merupakan kombinasi huruf dan angka yang biasanya terdiri dari 12 karakter. Meskipun berbeda, keduanya sering dicantumkan secara bersamaan. Dengan kata lain, cara mengecek nomor seri hampir sama dengan cara mengecek IMEI.

Cara Mengecek Serial Number iPhone

Nomor seri merupakan salah satu kunci penting untuk membedakan antara iPhone asli dan palsu. Selain itu, nomor seri juga dapat digunakan untuk memeriksa status garansi ponsel Anda serta meninjau kelayakan dukungan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor seri. Tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini akan mengulas secara lengkap mengenai cara cek nomor seri iPhone. Berikut daftarnya:

1. Melalui Kemasan iPhone

Seperti halnya IMEI, nomor seri perangkat biasanya juga tertera pada box kemasan. Jika Anda masih menyimpan kemasan secara utuh, maka cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Perhatikan label pada kemasan dan cari nomor beserta barcode dengan tulisan (S) Serial No.

Kelemahan dari cara yang satu ini adalah Anda mungkin tidak ingat tempat penyimpanan kemasan tersebut. Atau bisa jadi kondisi kemasan sudah tidak layak sehingga Anda tidak lagi bisa membaca label pada box tersebut.

2. Melalui Menu Settings

Serial Number iPhone juga dapat ditemukan melalui menu Settings atau pengaturan. Cara ini juga tergolong mudah karena dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Kelebihan dari pengecekan melalui menu Settings adalah Anda bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja.

Ikuti petunjuk berikut ini untuk cek serial number iPhone melalui pengaturan:

  • Buka menu Settings dari iPhone Anda.
  • Pilih General, lalu ketuk About this Phone.
  • Anda akan menemukan informasi mengenai perangkat tersebut. Scroll ke bawah untuk melihat nomor seri, IMEI, atau ICCID.

Jika Anda ingin menyalin nomor seri tersebut, sentuh dan tahan serial number yang ingin disalin. Pilih salin kemudian tempelkan di tempat yang Anda inginkan. Setelah berhasil mengecek serial number, Anda juga bisa cek aktivasi iPhone.

3. Di Bagian Dalam Ponsel

Jika Anda tidak keberatan untuk membongkar perangkat, nomor seri juga bisa Anda temukan di slot kartu SIM. Di tempat tersebut, tercantum nomor IMEI, MEID beserta serial number dari perangkat. Kelemahan dari cara ini adalah Anda harus membongkar ponsel, termasuk baterai dan kartu SIM.

4. Melalui iTunes dan Finder

iTunes dan Finder tidak hanya digunakan untuk cek iPhone IMEI tetapi juga serial number. Ketika membuka iTunes atau Finder, informasi mengenai perangkat akan tertera di layar sehingga Anda bisa memeriksa serial number dari ponsel tersebut.

Berikut ini cara yang harus Anda lakukan:

  • Sambungkan iPhone ke komputer.
  • Jika menggunakan MacOS Caatalina 10.15 atau yang lebih baru, Anda bisa menggunakan Finder. Namun jika menggunakan MacOS Mojave atau versi lama, pakai iTunes.
  • Setelah aplikasi berjalan, temukan perangkat Anda. Pastikan untuk membuka tab General pada Finder atau Summary pada iTunes.
  • Klik nomor telepon yang terletak di bawah nama atau model perangkat untuk melihat nomor seri dan IMEI.

Cara cek Serial Number iPhone ternyata sangat mudah. Ada beragam metode yang bisa Anda lakukan, mulai dari mengecek box kemasan hingga melalui iTunes atau Finder. Pilih cara yang menurut Anda paling mudah dan pastikan keaslian perangkat iPhone. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!