Skip to main content

Cek Aktivasi iPhone dengan Mudah

Cek Aktivasi iPhone dengan Mudah

Cek Aktivasi iPhone dengan Mudah

Ketika Anda hendak membeli iPhone baru maupun bekas, ada baiknya untuk mengecek lama pemakaian ponsel tersebut. Kabar baiknya, cek aktivasi iPhone bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Dengan metode tertentu, Anda bisa mengetahui kapan perangkat tersebut diaktifkan.

Selain mengecek aktivasi, terkadang Anda juga perlu mengecek nomor IMEI untuk memastikan apakah iPhone tersebut asli atau tidak. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda membeli ponsel bekas. Jangan lewatkan tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini.

1. Cara Aktivasi iPhone

Sebelum mengulas lebih jauh tentang cara mengecek aktivasi iPhone, terlebih dahulu ketahui cara aktivasi ponsel tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol power di bagian samping.
  • Pilih Atur secara Manual, lalu ikuti instruksi pada layar.

Pada sesi permulaan ini, Anda bisa menyesuaikan pengaturan ponsel sesuai keinginan. Setelah pengaturan selesai, artinya ponsel berhasil diaktivasi.

2. Cara Cek Aktivasi iPhone

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek aktivasi iPhone. Selain mengecek tanggal aktivasi melalui iTunes, Anda juga dapat mengetahui informasi terkait aktivasi melalui pengaturan. Mencari tahu info durasi layar pun bisa dipilih sebagai cara jitu untuk mengetahui aktivasi iPhone.

2.1. Melalui iTunes

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek tanggal aktivasi iPhone adalah melalui iTunes. Dengan menghubungkan ponsel ke komputer dan mengakses iTunes, Anda bisa melihat informasi detail terkait perangkat tersebut. Terdapat pula informasi terkait nomor seri ponsel.

2.2. Melalui Situs Web Apple

Cara selanjutnya adalah dengan mengakses situs website resmi Apple. Sebelum mengunjungi situs tersebut, terlebih dahulu buka menu About device untuk menemukan nomor seri perangkat. Setelah mendapatkan nomor tersebut, buka situs web Apple dan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs web Apple, kemudian buka halaman Periksa kelayakan untuk layanan dan dukungan.
  • Masukkan nomor seri pada kolom yang tersedia.
  • Masukkan kode verifikasi, lalu tekan lanjutkan.

Anda akan melihat jendela berisi informasi mengenai ponsel tersebut termasuk masa berlaku garansi. Untuk mengetahui masa aktivasi, kurangi 1 tahun pada tanggal yang tertera dan tambahkan dengan satu bulan.

2.3. Cek Durasi Layar

Mengecek durasi layar merupakan salah satu cara efektif untuk mengetahui perkiraan masa aktivasi iPhone. Dengan masuk ke menu pengaturan, Anda bisa memantau berbagai aktivitas ponsel, termasuk kapasitas perangkat dan durasi penggunaan ponsel, termasuk durasi layar.

3. Cara Cek IMEI iPhone

Selain cek aktivasi iPhone untuk mengetahui berapa lama ponsel telah diaktifkan, Anda juga perlu mengetahui cara cek IMEI pada perangkat iPhone. Tujuan mengecek nomor IMEI adalah untuk memastikan apakah ponsel tersebut berstatus resmi atau ilegal.

Apabila IMEI tidak terdaftar, bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut merupakan barang ilegal. Jika demikian, besar kemungkinan ponsel akan diblokir dari layanan seluler sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Untuk mengecek keabsahan nomor IMEI, terlebih dahulu temukan nomor tersebut dengan beberapa cara di bawah ini:

3.1. Cek Punggung Ponsel

Nomor IMEI biasanya tertera di boks kemasan ponsel pada bagian samping. Jika Anda kehilangan boks atau sedang tidak berada di rumah, cukup buka penutup belakang ponsel. Nomor IMEI biasanya tertera di bagian punggung iPhone, dekat dengan slot kartu SIM.

3.2. Melalui Pengaturan

Cara selanjutnya untuk mengecek nomor IMEI adalah melalui menu Pengaturan. iPhone dirancang secara khusus untuk menyimpan nomor IMEI pada menu pengaturan. Oleh karena itu, Anda bisa masuk ke menu pengaturan kemudian pilih opsi untuk mengetahui informasi detail tentang ponsel.

Ikuti langkah berikut ini untuk menemukan nomor IMEI melalui Pengaturan:

  • Buka Settings, lanjutkan dengan mengetuk opsi General.
  • Pilih About This iPhone.

Layar akan menampilkan informasi terkait ponsel Anda. Untuk menemukan nomor IMEI, lihat pada kolom dengan judul IMEI. Setelah menemukan nomor yang diinginkan, Anda juga bisa mempelajari cara backup data iPhone demi mengamankan konten di dalam ponsel.

3.3. Dengan Kode USSD

Seperti halnya Android, IMEI pada iPhone juga bisa dicek menggunakan kode USSD. Cara ini tergolong sangat mudah karena Anda hanya perlu menekan kode tertentu dan nomor IMEI akan muncul pada layar. Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka dialer iPhone, kemudian tekan kode *#06#*.
  • Secara otomatis layar akan menampilkan nomor serial dan IMEI ponsel iPhone.

Setelah mengetahui nomor IMEI, kini saatnya mengecek apakah nomor tersebut terdaftar secara resmi atau merupakan barang ilegal. Kunjungi situs resmi Kemenperin dan masukkan nomor IMEI.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Akses situs imei.kemenperin.go.id.
  • Masukkan nomor IMEI yang tercantum pada perangkat di kolom yang tersedia.
  • Klik ikon kaca pembesar untuk mulai pencarian.
  • Lihat informasi yang muncul pada layar.

Apabila Anda menemukan notifikasi bahwa IMEI terdaftar di database Kemenperin, artinya iPhone terdaftar secara resmi. Jika tidak, bisa dipastikan ponsel Anda merupakan produk BM atau ilegal.

Cek aktivasi iPhone sangat penting untuk mengetahui sudah berapa lama ponsel tersebut diaktifkan. Dengan begitu Anda bisa mengetahui efektivitas penggunaan iPhone. Selain itu, mengecek nomor IMEI juga penting demi memastikan apakah ponsel Anda telah terdaftar di Kemenperin. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!