Skip to main content

Cara Cek Touchscreen iPhone Bermasalah

Cara Cek Touchscreen iPhone Bermasalah

Cara Cek Touchscreen iPhone Bermasalah

Meskipun dibanderol dengan harga tinggi, bukan berarti iPhone bebas masalah. Beberapa pengguna mengeluhkan gangguan pada layar, seperti touchscreen tidak responsif atau kurang cerah. Jika Anda termasuk pengguna iPhone, penting untuk mempelajari cara cek touchscreen iPhone berikut ini.

Ternyata mengecek kondisi touchscreen pada iPhone tidaklah terlalu sulit. Sama halnya dengan Android, ada kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek layar. Selain itu, ada pula aplikasi yang berfungsi untuk memeriksa kualitas LCD. Simak tutorial iOS / iPhone OS lengkap di bawah ini!

TOC / Daftar Isi

Kapan Harus Mengecek Layar iPhone?

Layar sentuh atau touchscreen merupakan komponen vital bagi sebuah smartphone. Pasalnya hampir seluruh kendali pada perangkat dilakukan melalui sentuhan pada layar. Maka jika terjadi masalah pada layar touchscreen, iPhone tidak dapat berfungsi maksimal.

Ada beberapa masalah dan gangguan yang kerap dialami oleh layar touchscreen, termasuk pada iPhone. Masalah tersebut antara lain:

  • Layar tidak responsif
  • Tampilan kurang cerah atau buram
  • Warna tampilan tidak sesuai atau kurang tajam
  • Touchscreen eror dan beroperasi tanpa sentuhan

Jika menemukan salah satu atau beberapa tanda tersebut, Anda patut curiga. Bisa jadi layar touchscreen sedang mengalami masalah dan Anda tidak menyadarinya. Sebelum menjadi semakin parah, ada baiknya Anda melakukan pengecekan layar.

Back to Content ↑

3 Cara Mengecek Touchscreen iPhone

Mempelajari cara mengecek layar sentuh tidak kalah penting dengan mengetahui cara aktivasi iPhone. Pasalnya dengan cara ini Anda bisa mendeteksi masalah sejak dini.

Berikut ini beberapa metode yang bisa membantu memeriksa kondisi touchscreen pada iPhone:

Back to Content ↑

1. Kode Rahasia

Cara ini merupakan langkah paling mudah untuk mengetahui bagaimana kondisi touchscreen iPhone. Tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan kode *#*#2664#*#* pada menu dialer.

Ketika menekan kode terakhir, secara otomatis perangkat akan menampilkan pilihan untuk mengetes kualitas dan kondisi layar. Dengan serangkaian tes yang tersedia, Anda bisa memastikan seperti apa kondisi touchsreen tersebut.

Back to Content ↑

2. Menggunakan True Tone

Cara cek touchscreen iPhone yang selanjutnya adalah menggunakan True Tone. Bagi pengguna iPhone seri 8, cara ini cukup efektif untuk mengetahui adanya kerusakan pada layar. Selain itu, cara ini juga bisa dipakai untuk memastikan keaslian layar.

Berikut ini langkah untuk mengecek layar melalui True Tone:

  • Buka menu Settings pada iPhone.
  • Pilih menu Display & Brightness.
  • Scroll ke bawah untuk menemukan True Tone.

Apabila fitur ini tidak berfungsi atau bahkan tidak ditemukan, kemungkinan layar Anda mengalami kerusakan atau tidak asli. Kelemahan dari metode ini adalah True Tone hanya tersedia di iPhone seri 8 ke atas. Coba cek Serial Number iPhone untuk memastikan keaslian perangkat Anda.

Back to Content ↑

3. Menggunakan Touchscreen Test

Touchscreen Test merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengetes kondisi dan kualitas layar, terutama sensitivitas terhadap sentuhan. Aplikasi berbayar ini bisa Anda download dan instal melalui App Store.

Tidak hanya mengetes sensitivitas layar, aplikasi ini juga bisa mengetahui adanya kerusakan pada perangkat keras, terutama layar LCD. Tersedia berbagai pilihan menu untuk mengetes layar, seperti Multi Touch, Pinch, Draw Test, 3D Touch, dan masih banyak lagi.

Yang lebih menarik, aplikasi Touchscreen Test juga dapat menampilkan informasi detail mengenai perangkat Anda, mulai dari model, versi iOS, RAM, penyimpanan, layar, kamera, dan masih banyak lagi.

Back to Content ↑

Kini Anda telah mengetahui cara cek touchscreen iPhone. Apabila Anda menemukan adanya masalah pada layar, baik sensitivitas, respon, maupun tampilan warna, tidak ada salahnya mencoba cara di atas untuk mengidentifikasi masalah tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!