Skip to main content

Cek iPhone IMEI Cepat dan Mudah

Cek iPhone IMEI Cepat dan Mudah

Cek iPhone IMEI Cepat dan Mudah

IMEI merupakan nomor identitas yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat smartphone. Setiap smartphone, termasuk iPhone yang beredar secara resmi pasti memiliki nomor IMEI. Jika Anda penasaran apakah iPhone Anda resmi atau tidak, pelajari cara cek iPhone IMEI berikut ini.

Nomor IMEI terdri dari 14 sampai 16 digit angka. Nomor tersebut dapat dilacak melalui situs resmi Kemenperin untuk menentukan apakah ponsel yang bersangkutan resmi atau tidak. Apabila hasil penelusuran menyatakan bahwa nomor tidak terdaftar, besar kemungkinan barang tersebut ilegal.

1. Cara Mengecek IMEI iPhone

Dalam tutorial iOS iPhone lengkap kali ini akan dibahas mengenai cara mudah untuk mengecek IMEI pada iPhone, mulai dari mengidentifikasi nomor hingga melakukan pengecekan melalui situs resmi milik pemerintah.

Nomor IMEI biasanya dapat ditemukan di boks atau punggung ponsel. Berikut ini beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan untuk menemukan nomor IMEI pada iPhone.

1.1. Box Pembelian

Setiap iPhone resmi pasti mempunyai box pembelian. Pada box tersebut tercantum berbagai informasi, salah satunya adalah nomor IMEI. Anda dapat mengecek nomor tersebut pada bagian belakang, samping, atau bawah box iPhone. Anda juga bisa cek garansi iPhone dengan cara ini.

1.2. Punggung iPhone

Selain tertera di box pembelian, nomor IMEI juga biasanya dapat ditemukan pada bagian punggung ponsel. Hanya dengan membuka casing bagian belakang, Anda akan melihat tempelan yang mencantumkan nomor IMEI. Sticker tersebut biasanya terletak dekat dengan slot kartu SIM.

1.3. Menu Pengaturan

Jika Anda tidak membawa kardus iPhone atau tidak mau direpotkan dengan membuka casing belakang, ada cara lain untuk cek iPhone IMEI yaitu melalui menu pengaturan. Cara ini cukup mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Berikut ini langkah untuk mengakses nomor IMEI melalui menu pengaturan:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Pilih General, kemudian ketuk opsi About This iPhone.
  • Layar akan menampilkan nomor IMEI yang Anda butuhkan.

Catat nomor tersebut jika diperlukan, jadi Anda bisa melakukan pengecekan dengan mudah. Setelah mendapatkan nomor IMEI, Anda bisa cek aktivasi iPhone.

1.4. Kode USSD

Cara terakhir untuk mengetahui nomor IMEI iPhone adalah dengan kode USSD. Dengan cara ini, Anda hanya perlu menekan kode *#06*# pada aplikasi dialer. Setelah selesai memasukkan nomor terakhir, secara otomatis layar akan menampilkan informasi mengenai nomor IMEI.

Apabila diperlukan, catat dan simpan nomor IMEI tersebut agar Anda bisa menggunakannya di lain waktu. Pastikan untuk memasukkan kode dengan benar.

2. Cara Cek IMEI iPhone di Situs Resmi Pemerintah

Setelah mendapatkan nomor IMEI, tiba saatnya untuk melakukan pengecekan di situs resmi yang disediakan oleh pemerintah, khususnya Kemenperin. Situs tersebut akan melacak nomor IMEI yang Anda masukkan dan menampilkan hasil penelusuran, apakah terdaftar atau tidak.

Ikuti langkah berikut ini:

  • Akses website https://imei.kemenperin.go.id.
  • Masukkan nomor IMEI iPhone pada kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol Search dengan icon kaca pembesar.
  • Tunggu beberapa saat dan website akan menampilkan hasil pelacakan.

Apabila Anda menemukan tulisan IMEI terdaftar, maka bisa dipastikan bahwa iPhone yang Anda miliki diedarkan secara resmi. Namun jika Anda melihat tulisan IMEI tidak terdaftar, ada indikasi perangkat iPhone Anda didistribusikan secara tidak resmi atau ilegal.

Menurut peraturan, ponsel dengan IMEI yang tidak terdaftar berpotensi diblokir dari layanan seluler. Dengan kata lain Anda tidak lagi dapat menggunakan ponsel tersebut. Setelah mengetahui cara cek iPhone IMEI, Anda bisa memastikan apakah ponsel yang digunakan berstatus resmi atau tidak. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!