Skip to main content

Cara Memperbaiki iPhone Stuck iTunes dengan Cepat

Cara Memperbaiki iPhone Stuck iTunes dengan Cepat
Cara Memperbaiki iPhone Stuck iTunes dengan Cepat

Cara Memperbaiki iPhone Stuck iTunes dengan Cepat

Bagaimana jadinya jika iPhone Anda stuck di iTunes? Tidak perlu panik apalagi cemas berlebihan karena masalah ini bisa diatasi. Cara memperbaiki iPhone stuck iTunes juga tergolong sederhana, jadi bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi.

Sebelum membahas mengenai metode untuk mengatasi iPhone yang mandek di logo iTunes, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab munculnya masalah ini. Beruntung, Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

TOC / Daftar Isi

Penyebab iPhone Stuck di Logo iTunes

Mengapa iPhone bisa stuck di logo iTunes? Ada beberapa hal yang menyebabkan ponsel iPhone Anda tidak bisa beralih dari logo iTunes. Salah satu penyebab yang paling umum adalah perangkat iPhone yang tidak kompatibel dengan iOS. Hal ini biasa terjadi setelah Anda melakukan upgrade.

Selain itu, ponsel yang sudah di-jailbreak juga rawan mengalami stuck di logo iPhone. Pasalnya terdapat beberapa perubahan dari pengaturan yang sudah ditentukan oleh pabrik. Selain itu, hardware juga bisa menyebabkan iPhone stuck di logo iTunes.

Meskipun terlihat parah dan rumit, masalah ini bisa diatasi dengan beberapa metode. Sebelum melakukan beberapa metode di bawah ini, pastikan Anda telah melakukan backup agar data yang ada di iPhone tidak hilang.

Back to Content ↑

3 Cara Mudah Memperbaiki iPhone Stuck iTunes

Ada beberapa cara untuk mengatasi iPhone stuck di iTunes. Seperti halnya ketika iPhone stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes, hard reset dan recovery mode bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Back to Content ↑

1. Hard Reset

Apabila Anda mengalami hal ini, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah hard reset. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada iPhone, salah satunya adalah stuck di iTunes. Meskipun begitu, tidak ada yang menjamin bahwa cara ini pasti berhasil dan bebas resiko.

Cara memperbaiki iPhone stuck iTunes melalui hard reset sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menekan tombol volume down dan power secara bersamaan sekitar 7 sampai 10 detik. Perangkat akan melakukan reset secara otomatis. Tunggu hingga proses selesai.

Perhatikan apakah iPhone masih terjebak di logo iTunes. Jika masih mengalami masalah yang sama, coba langkah selanjutnya dengan melakukan mode recovery.

Back to Content ↑

2. Mode Recovery

Mode recovery juga terbilang efektif untuk memperbaiki iPhone yang tidak bisa masuk ke home screen. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul slider.
  • Sambungkan iPhone dengan komputer, kemudian lakukan hard reset hingga muncul Connect to iTunes.
  • Sekarang Anda berada di mode recovery. Hubungkan iPhone ke iTunes.
  • Anda akan melihat opsi Update atau Restore. Pilih Update.
  • iPhone akan melakukan troubleshoot untuk mengatasi masalah tanpa menghapus file.
  • Setelah berhasil update, pilih Restore.

Back to Content ↑

3. Mode DFU

Mode DFU digunakan untuk menghentikan proses booting. Cara ini cukup rumit, jadi perhatikan baik-baik langkah berikut ini:

  • Sambungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB.
  • Matikan iPhone, lalu tekan dan tahan tombol power selama 3 detik.
  • Selanjutnya tekan tombol home.
  • Masih sambil menekan dan menahan tombol home, lepaskan tombol power.
  • Apabila muncul logo iTunes, berarti mode DFU gagal. Ulangi lagi langkah diatas.
  • Jika berhasil, Anda akan melihat notifikasi di layar iTunes bahwa Anda berada di mode DFU.

Back to Content ↑

Terjebak di logo iTunes memang menyebalkan. Kendati demikian, bukan berarti masalah ini tidak bisa ditangani. Dengan tiga cara memperbaiki iPhone stuck iTunes diatas, diharapkan masalah ini dapat terselesaikan. Jika tidak berhasil, kemungkinan kondisi tersebut disebabkan oleh hardware iPhone. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!